6 Bahan Alami Mudah di Dapat untuk Mengobati Luka Bakar Ringan

Kita sering mengalami  dan perlu mengobati luka bakar ringan. Misalnya, terkena tetesan lilin, terciprat air panas atau minyak panas. Alhasil, kulit tampak melepuh dan meninggalkan luka bekas lecet pada kulit. Untuk menghindari luka bakar membekas di kulit, Anda bisa melakukan pertolongan pertama untuk mengurangi rasa nyeri atau panas akibat terbakar.

Lalu hal tepat apa yang harus dilakukan ketika mengalami luka bakar ringan? Pengobatan apa untuk mengurangi dampak dari luka bakar ringan ? mari kita simak ulasannya.

Jangan Lakukan Hal Ini

Pada sebagian besar orang untuk mengobati luka bakar ringan, mereka akan langsung mengolesi dengan pasta gigi, mentega, minyak atau kecap. Cara ini tentu saja sangat tidak diperbolehkan. Kecap dan minyak akan menutup pori-pori kulit sehingga kulit yang terbakar akan sulit untuk dibersihkan. Selain menyumbat pori-pori kulit pasta gigi yang dirasa dingin justru merupakan bahan kimia yang tidak baik untuk luka bakar. Saat terjadi luka bakar dan langsung diolesi dengan pasta gigi justru akan menambah derajat luka bakar. Luka bakar yang tadinya hanya di permukaan kulit justru akan semakin mendalam.

Penanganan Utama

Berikut langkah utama mengobati luka bakar di rumah untuk derajat yang ringan:

  1. Basuh bagian yang terkena benda panas ataupun tersiram air mendidih dengan air yang mengalir (air keran) kurang lebih 10 sampai 20 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri  yang timbul dan untuk mencegah panas tidak sampai membakar kulit lebih kedalam lagi.
  2. Jangan gunakan air es, karena justru akan merusak jaringan.
  3. Jangan pecahkan kulit yang melepuh dan berisi cairan.
  4. Pakai pakaian yang minim jika luka berada di bagian tubuh tangan ataupun kaki, usahakan luka tidak tergesek oleh pakaian, untuk mengurangi nyeri.
  5. Gunakan salep yang dapat di jual bebas pada apotik untuk luka bakar ringan.

Selain penanganan utama, agar luka anda lekas sembuh beberapa metode berikut dapat anda coba untuk mengobati luka bakar ringan. Namun, pastikan bahan-bahan yang anda gunakan dalam keadaan bersih ya.

Letakkan Tangan di Bawah Air Mengalir

Hasil gambar untuk mencuci luka bakar dengan air keran

Mencuci luka dengan air mengalir

Saat baru terkena cipratan air panas atau minyak panas segera letakan luka di bawah air yang mengalir seperti air keran. Air yang mengalir akan menghentikan luka bakar menyebar hingga kedalam kulit.

Air juga bisa menenangkan syaraf di bawah kulit yang kaget karena mendadak terkontak langsung dengan air panas atau minyak panas.  Aliri luka di bawah air selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Jangan menggunakan air es atau air dingin. Karena dapat memperparah iritasi luka.

Pemberian Mentimun

Mentimun seringkali digunakan sebagai masker untuk kecantikan kulit dan wajah. Selain melembabkan kulit, mentimun ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati bekas luka bakar pada kulit. Berikut adalah cara mengobati bekas luka bakar dengan mentimun:

  1. Pilihlah mentimun yang masih benar-benar segar, lalu cuci sampai bersih.
  2. Blender mentimun tadi hingga halus berserta kulit-kulitnya.
  3. Setelah selesai mandi oleskan ke bagian bekas luka secara merata.
  4. Diamkan sampai mentimun benar-benar kering.
  5. Akhiri dengan membilas memakai air dingin sampai bersih.

Baca Juga : Cara mengobati luka sendiri dengan aman

Gunakan Madu

Gambar terkait

Madu Obat Alami untuk luka bakar

Madu merupakan obat alami yang cukup ampuh untuk berbagai jenis penyakit. Termasuk diantaranya mengobati dan menghilangkan bekas luka bakar. Hal ini dikarenakan madu dapat mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Berikut adalah cara mengobati bekas luka bakar dengan madu:

  1. Sediakan madu alami secukupnya saja.
  2. Bersihkan area luka, lalu oleskan madu tadi secara merata.
  3. Diamkan sampai benar-benar meresap dan kering.
  4. Bilas dengan memakai air dingin sampai bersih.

Lidah Buaya/ Gel Aloevera

Hasil gambar untuk Lidah buaya dan gel aloevera

Lidah Buaya dan Gel Aloevera

Apabila di rumah anda memiliki gel aloevera atau tumbukan lidah buaya bisa juga digunakan untuk menyembuhkan  dan mengobati luka bakar ringan. Tanaman herbal ini dapat membantu melembabkan kulit, mencegah peradangan pada kulit dan mempercepat regenerasi sel. Berikut adalah cara mengobati bekas luka bakar dengan lidah buaya:

  1. Siapkan tanaman lidah buaya yang masih segar, lalu ambil gel di dalamnya.
  2. Setiap selesai mandi oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian bekas luka.
  3. Diamkan kurang lebih selama 1 jam sampai meresap, setelah itu bilas dengan air dingin.

Baca Juga  : Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

Pemakaian Minyak Zaitun

Hasil gambar untuk minyak zaitun

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun atau Olive Oil memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit, termasuk salah satunya dapat menghilangkan bekas luka bakar. Berikut adalah cara mengobati bekas luka bakar dengan minyak zaitun:

  1. Siapkan minyak zaitun secukupnya.
  2. Setiap selesai mandi oleskan minyak zaitun secara merata ke bagian bekas luka. Lalu diamkan sejenak selama 1 – 2 jam agar meresap.
  3. Jika sudah benar-benar meresap bilas dengan air dingin sampai bersih.

Penggunaan Tomat

Hasil gambar untuk tomat

Tomat untuk mengobati luka bakar

Namun ternyata selain sebagai bahan masakan, manfaat buah Tomat juga bisa dirasakan untuk kesehatan salah satunya mengobati luka bakar. Tomat memiliki kandungan zat aktif yang cukup banyak seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Lycopene, Kalium, fosfor, kalsium. Dari kandungan zat aktif tersebut Lycopene merupakan yang tertinggi kandungannya di dalam Tomat. Lycopene dalam Tomat merupakan pigmen alami yang menyebabkan Tomat berwarna merah.

Berdasarkan beberapa penelitian, Lycopene ternyata mampu melindungi kulit yang terbakar dan penuaan kulit yang diakibatkan oleh sinar Ultraviolet (UV). Seorang Profesor dari Newcastle University, Mark Birch-Machin, menyajikan suatu penelitian tentang hal tersebut.

Jika ingin mengobati Luka Bakar menggunakan Tomat silahkan ikuti langkah – langkah berikut.

  •     Ambil beberapa buah Tomat kemudian diiris tipis melintang,
  •     Letakkan atau oleskan pada bagian luka yang sudah memerah
  •     Tahan hinggan air sari tomat mengering
  •     Lakukan setiap tiga kali sehari. Pagi dan sore hari setelah mandi, dan malam hari sebelum tidur.

Semoga informasi ini bermanfaat. Ingat, Sebaik apapun obat yang Anda gunakan jika dalam merawat luka jika tidak benar maka akan membuat luka sulit untuk dikeringkan.

 

Informasi lainnya: 

Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

Homecare Perawatan Luka: Lekas Sembuh, Hemat & Modern

Homecare Perawatan Luka Jakarta: PUSAT RUJUKAN LUKA NO#1

One thought on “6 Bahan Alami Mudah di Dapat untuk Mengobati Luka Bakar Ringan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *