Waspada !!! 7 Tanda Infeksi Luka Operasi yang Perlu Anda Tahu

Satu minggu setelah tindakan operasi hal yang sangat perlu anda waspadai adalah infeksi luka operasi. Perlu anda perhatikan adanya rembesan pada luka, kondisi balutan ataupun perubahan suhu tubuh.

Kejadian Infeksi Pasca Operasi

Kejadian infeksi luka operasi

Perlu anda ketahui bahwa 1% – 3% infeksi luka operasi dapat terjadi khususnya dalam rentang waktu 7 hari hingga 1 bulan pertama setelah tindakan operasi dilaksanakan. Infeksi dapat berupa adanya cairan seperti nanah, nyeri, hangat di sekitar luka dan dapat disertai demam.

Baca Juga: Waspada Luka Infeksi, Bisa Jadi Amputasi. Obati Sekarang Juga

Penyebab Infeksi Terjadi

Infeksi pada luka operasi dapat disebabkan oleh adanya kuman atau bakteri. Terdapat 3 Jenis bakteri yang umumnya menyebabkan infeksi luka operasi seperti Staphylococcus, Streptococcus, dan Pseudomonas. Bakteri ini masuk dengan berbagai cara seperti penggunaan alat yang tidak steril, tidak cuci tangan sebelum perawatan, ataupun pada saat penggantian balutan yang tidak tepat.

Derajat Terjadinya Luka Infeksi

Derajat terjadinya infeksi luka operasi

Luka infeksi setelah operasi terdapat 3 tingkatan keparahan meliputi:

Superficial. Infeksi memungkinkan terjadi pada sekitar luka saja. Dapat ditemukan adanya sedikit cairan atau nanah pada luka derajat ini.

Deep Infection. Infeksi telah menginvasi hingga ke area otot ataupun jaringan. Kemungkinan pada jenis infeksi ini luka dapat terbuka kembali.

Organ/Space Infection. Pada tahap ini, rembesan cairan ataupun nanah dapat ditemukan. Kumpulan nanah/cairan (abses) dapat ditemukan di bawah jaringan atau otot.

Baca Juga: Cara mengobati luka sendiri dengan aman

Tanda dan Gejala Infeksi

Tanda dan gejala infeksi luka operasi

Terasa Panas 

Infeksi luka operasi memungkinkan adanya rasa panas pada luka atau jahitan saat tersentuh. Hal ini terjadi karena tubuh mengirimkan sel darah putih dll untuk melawan adanya infeksi.

Bengkak di sekitar luka

Luka operasi dapat terasa mengeras akibat peradangan dibawah kulit.

Kemerahan

Bekas operasi tampak kemerahan khususnya pada area sayatan.Kemerahan adalah hal yang wajar, namun kemerahan yang terus menerus dan meluas di sekitar luka sangat penting untuk diwaspadai.

Rembesan pada Luka

Adanya rembesan menandakan luka infeksi

Rembesan pada luka dapat berupa cairan atau nanah yang keluar dari jahitan. Cairan nanah yang keluar dapat berwarna hijau, kuning, ataupun bening. Bila hal ini terjadi, kemungkinan luka akan terbuka kembali. Segera rujuk.

Nyeri

Nyeri pada luka operasi wajar terjadi. Namun setelah beberapa hari nyeri semakin meningkat waspada akan infeksi. Apalagi setelah anda mengkonsumsi pereda nyeri setelah beberapa hari namun, nyeri tetap meningkat.

Demam

Saat infeksi menyebar, respon sistemik tubuh melalui demam diaktifkan. Anda dapat merasa demam, sakit kepala, ataupun dehidrasi. Suhu tubuh berkisar 36-37 derajat umumnya wajar. Namun waspada bila suhu anda melebihi 38 derajat atau lebih setelah beberapa hari dilaksanakan operasi.

Terasa Lemas

Badan terasa lemas, letih ataupun kekurangan energi akibat peyebaran infeksi. Pada umumnya keletihan ini dapat terjadi. Namun, bila infeksi luka operasi terjadi keletihan ini semakin meningkat setiap hari. Berbeda dengan seseorang yang tidak mengalami infeksi, kebugaran akan meningkat setiap harinya.

Baca Juga: 10 Hak Konsumen Homecare Perawat yang WAJIB Anda Tahu

Resiko Terjadinya Infeksi

Anda beresiko untuk mengalami infeksi luka operasi apabila anda mengidap diabetes yang tak terkontrol, gangguan kekebalan, perokok, obesitas ataupun operasi dilaksanakan melebihi 2 jam.

Mencegah Infeksi Terjadi

Cegah infeksi luka operasi

Bila ingin terhindar dari infeksi luka operasi sebaiknya anda mulai untuk mengontrol gula darah anda, berhenti merokok, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Serta penting untuk menjaga kebersihan dan peralatan untuk merawat luka agar tetap steril. Segera hubungi paramedis bila jahitan luka anda terbuka, mengeluarkan nanah ataupun merembes.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes

Mengobati Luka Infeksi

Dokter akan meresepkan antibiotik untuk anda konsumsi. Serta dikolaborasikan dengan perawat luka untuk perawatan. Perawatan luka yang tepat dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi infeksi pada luka. Kebersihan juga mencegah infeksi terjadi kembali seperti mencuci tangan sebelum dan setelah tindakan perawatan.

 

Sumber:

Whitelock, Jennifer. 2017. Signs and Symptoms of an Infection After Surgery.  Verywell Health

Surgical Wound Infection. 2018. US: MedlinePlus

Surgical Site Infection. 2018. US: Jhons Hopkins Medicine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *