10 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Orang Tua Sakit

Adalah hal yang sangat tidak mudah bagi siapapun untuk belajar dan menerima bahwa ada orang tua  sakit. Pada saat muda, mereka berjuang keras dengan segala daya dan upaya agar anaknya bisa mendapatkan tempat tinggal, pangan, sandang dan pendidikan yang layak. Hingga tidak jarang dari orang tua kita yang tidak mempedulikan rasa lelah serta sakit yang mereka terima.

Namun pada saat tua, disaat orang tua sudah tidak lagi berdaya dan bisa sesehat sebelumnya, banyak diantara anaknya yang malah mengabaikannya. Alih-alih merawat dan tinggal serumah dengan orang tua.

Mengingat Perjuangan Orang Tua

Hal yang perlu dilakukan saat orang tua sakit

Mengingat perjungan orang tua

Tentunya kita tidak ingin menjadi anak yang durhaka pada orang tua dengan menelantarkan orang tua kita. Seperti apapun dia kita harus tetap merawat mereka di kala tua. Ingatlah diri kita ketika kecil dahulu diasuh dan ditimang oleh orang tua kita. Dibesarkan, dididik dan dibiayai oleh mereka. Dan sekarang giliran kita untuk menjaga mereka. Maka disini penulis akan mengulas mengenai 10 hal yang harus dilakukan saat orang tua sakit.

Baca juga: 20 Cara Mengobati Luka Diabetes Aman dan Benar Secara Medis

Pahami Penyakit dan Cari Informasi

Langkah awal yang harus dilakukan ketika orang tua sakit adalah dengan memastikan keadaan dan penyakitnya. Anda dapat bertanya tentang penyakitnya, tingkat keparahannya, sudah berobat atau belum. Sehingga dengan begitu Anda dapat memberikan saran untuk orangtua kita mengenai langkah seperti apa yang harus dia lakukan. Saran itu bisa berupa tentang obat atau dokter yang tepat.

Tetap Berkomunikasi

Berkomunikasi dan menanyakan kabar saat orang tua sakit

Orang tua sakit tidak memiliki banyak aktivitas untuk dilakukan. Bisa jadi ini dapat membuat mereka bosan dan mati gaya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengajak mereka mengobrol untuk mengurangi kebosanan mereka. Tapi Anda juga perlu memperhatikan waktu ya, jangan terus menerus mengajak ngobrol sampai orangtua kita lupa istirahat.

Beri Perhatian Kepada Orangtua

Menanyakan kebutuhan mereka adalah salah satu bentuk perhatian yang dapat Anda lakukan. Ketika orangtua kita yang sedang sakit, dengan menanyakan kebutuhan mereka, akan dapat membuat hati orangtua kita senang, karena merasa diperhatikan.

Baca Juga: 15 Latihan Fisioterapi Pasca Stroke yang Harus Anda Coba di Rumah

Beri Dukungan dan Motivasi

Orang yang sakit akan cenderung lebih sensitif. Jadi perlu diperhatikan kata-kata yang akan Anda kemukakan pada orangtua kita yang sakit agar kalimat yang terucap tidak akan menyakiti hatinya dan membuat semangatnya menurun. Berikan cerita inspiratif dan memotivasi untuk membantu proses penyembuhan dengan cepat saat orang tua sakit.

Masaklah Makanan yang Mudah di Konsumsi

Memasak makanan kesukaan saat orang tua sakit

Bila memungkinkan, masaklah atau belikan makanan kesukaan orang tua saat beliau sakit. Jangan memasak makanan yang sukar dikunyah atau pun keras untuk orang tua kita. Berikan mereka nasi yang agak lembut, serta lauk yang mudah dikunyah. Dan sesuai dengan makanan yang tidak dipantang untuk penyakit tersebut.

Pahami Ketakutan Orangtua

Jika orangtua menderita sakit yang cukup parah, maka ada usaha ekstra keras yang harus Anda lakukan. Memahami bahwa orangtua akan merasa mereka menjadi sumber masalah karena penyakit yang dideritanya. Mungkin bagi orang lain, sebuah penyakit bukanlah suatu hal yang perlu ditakuti, namun ini berbeda dengan penderita. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghargai ketakutan orangtua akan penyakitnya dan selalu beri dukungan setiap saat. Anda bisa mengatakan bahwa ini akan segera terlewati.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes

Merawatnya dengan Penuh Kasih Sayang dan Kesabaran

Ada banyak permasalahan lain yang dihadapi sang anak sehingga saat tertentu kelelahan dan kesabaran berada dititik terendah. Maka jika itu terjadi ingatlah tentang jasa orang tua dalam kehidupan kita sebagai seorang anak. Mengingat kembali pada masa terbaik dengan orang tua bisa menjadi obat mujarab untuk kembali semangat merawat orang tua sakit.

Jangan Menyalahkan

Jangan menyalahkan orang tua saat sakit

Tidak sedikit orang yang menyalahkan orangtua yang sedang sakit. Namun perlu diketahui bahwa hal ini akan dapat membuat orang tua tidak lebih baik. Dengan menyalahkan orang tua yang sakit dapat membuat mental mereka semakin turun sehingga proses penyembuhan akan berjalan semakin lambat. Alih-alih menyalahkan, Anda dapat memberi nasehat kepada pasangan Anda secara lemah lembut agar dia bisa mendengarkan dengan baik tanpa sakit hati.

Baca Juga: 9 Informasi Penyakit Stroke: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Menjadi Perawat Pribadi

Mengingatkan orangtua untuk selalu makan dan minum obat secara teratur adalah salah satu tugas penting anak sebagai perawat pribadi. Dengan selalu memberi perhatian dan mengingatkan orangtua, akan memberi dampak positif pada mood mereka. Perhatian akan menimbulkan energi positif yang dapat memunculkan kebahagiaan dan mempercepat proses penyembuhan orang tua. Terlebih jika perhatian itu muncul dari orang yang sangat dicintainya, yaitu Anda.

Kuat dan Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Fit

Merawat orang tua sakit bukan berati kita melupakan kondisi fisik diri kita. Kita harus kuat dan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit supaya tidak ikut ambruk. Dengan menjaga asupan makan, waktu istirahat dan keadaan pikiran kita.

Top Informasi:

8 Fakta Rehabilitasi dan Perawatan Pasca Stroke yang Wajib Diketahui

Layanan Homecare 24 Jam: Sehat dan Sembuh di Rumah

RUMAH Spesialis luka diabetes: Pusat Perawatan Luka Diabetes

One thought on “10 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Orang Tua Sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *