15 Langkah Senam Kaki Diabetes & Gambar Untuk Cegah Amputasi

Senam Kaki Diabetes dapat menjadi cara untuk mencegah terjadinya luka pada diabetes. Diabetes Meilitus  kini menjadi salah satu penyakit terbanyak di dunia. Penderita diabetes setiap harinya bertambah, salah satu penyebab terjadinya penambahan penderita diabetes mellitus idkarena gaya hidup modern dengan pilahan menu makanan dan cara hidup yang kurang sehat, sehingga menjadikan penderita diabetes mellitus semakin bertambah.

Baca Juga: Spa Kaki Diabetes : Cegah Amputasi Sejak Dini

Sekilas Komplikasi Diabetes

Stop amputsi dengan senam kaki diabetes

Salah satu komplikasi penyakit diabetes melitus yang sering dijumpai adalah kaki diabetik (diabetic foot), yang dapat bermanifestasikan sebagai ulkus, infeksi dan gangren dan artropati Charcot. Ada dua tindakan dalam prinsip dasar pengelolaan diabetic foot yaitu tindakan pencegahan dan tindakan rehabilitasi. Tindakan rehabilitasi meliputi program terpadu yaitu evaluasi tukak, pengendalian kondisi metabolik, debridemen luka, biakan kuman, antibiotika tepat guna, tindakan bedah rehabilitatif dan rehabilitasi medik. Tindakan pencegahan meliputi edukasi perawatan kaki, sepatu diabetes dan senam kaki diabetes.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes

Manfaat Senam Kaki

Senam kaki diabetes merupakan latihan yang dilakukan bagi penderita DM atau bukan penderita untuk mencegah terjadinya luka dan membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki. Gerakan-gerakan senam kaki ini dapat memperlancar peredaran darah di kaki, memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat otot kaki dan mempermudah gerakansendi kaki. Dengan demikian diharapkan kaki penderita diabetes dapat terawat baik dan dapat meningkatkan kualitas hidup penderita dengan senam kaki diabetes tersebut

Tujuan dari Kegiatan Ini

  1. Meningkatkan kekuatan otot pergelangan kaki dan kaki.
  2. Meningkatkan aliran darah ke kaki
  3. Memelihara lingkup gerak sendiri
  4. Memperbaiki pola gerak saat berjalan

Tahapan Senam Kaki

1.  Langkah pertama senam kaki diabetes yaitu pasien duduk tegak diatas bangku dengan kaki menyentuh lantai.

2. Dengan tumit yang diletakkan dilantai, jari-jari kedua belah kaki diluruskan keatas lalu dibengkokkan kembali kebawah seperti cakar ayam sebanyak 10 kali.

3. Dengan meletakkan tumit salah satu kaki dilantai, angkat telapak kaki ke atas. Kemudian sebaliknya pada kaki yang lainnya, jari-jari kaki diletakkan di lantai dan tumit kaki diangkatkan ke atas. Gerakan ini dilakukan secara bersamaan pada kaki kanan dan kiri bergantian dan diulangi sebanyak 10 kali.

4. Tumit kaki diletakkan di lantai. Kemudian bagian ujung jari kaki diangkat ke atas dan buat gerakan memutar pada pergelangan kaki sebanyak 10 kali.

5. Jari-jari kaki diletakkan dilantai. Kemudian tumit diangkat dan buat gerakan memutar dengan pergerakkan pada pergelangan kaki sebanyak 10 kali.

6. Kemudian angkat salah satu lutut kaki, dan luruskan. Lalu gerakan jari-jari kaki kedepan kemudian turunkan kembali secara bergantian kekiri dan ke kanan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

Baca Juga: Hidup Nyaman dengan Diabetes: 12 Cara Terbaik Merawat Luka Diabetes

7. Selanjutnya luruskan salah satu kaki diatas lantai kemudian angkat kaki tersebut dan gerakkan ujung jari-jari kaki kearah wajah lalu turunkan kembali kelantai.

8. Angkat kedua kaki lalu luruskan. Ulangi sama seperti pada langkah ke-8, namun gunakan kedua kaki kanan dan kiri secara bersamaan. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali.

9. Angkat kedua kaki dan luruskan,pertahankan posisi tersebut. Kemudian gerakan pergelangan kaki kedepan dan kebelakang.

10. Selanjutnya luruskan salah satu kaki dan angkat, lalu putar kaki pada pergelangan kaki, lakukan gerakan seperti menulis di udara dengan kaki dari angka 0 hingga 10 lakukan secara bergantian.

11. Letakkan selembar koran dilantai. Kemudian bentuk kertas koran tersebut menjadi seperti bola dengan kedua belah kaki. Lalu buka kembali bola tersebut menjadi lembaran seperti semula menggunakan kedua belah kaki. Gerakan ini dilakukan hanya sekali saja.

Baca Juga: Perawatan Luka Gangren, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

12. Kemudian robek koran menjadi 2 bagian, lalu pisahkan kedua bagian koran tersebut.

13. Sebagian koran di sobek-sobek menjadi kecil-kecil dengan kedua kaki.

14. Kemudian pindahkan kumpulan sobekan-sobekan tersebut dengan kedua kaki lalu letakkan sobekkan kertas pada bagian kertas yang utuh tadi.

15. Lalu bungkus semua sobekan-sobekan tadi dengan kedua kaki kanan dan kiri menjadi bentuk bola.

Baca Juga: 8 Jenis Stres Emosional Penderita Diabetes. Wajib Diketahui !

Sehat dengan Senam Kaki

Sehat dengan Senam Kaki Diabetes

Senam kaki  diabetes sangat efektif untuk penurunan kadar gula darah serta melancarkan peredaran darah. Namun, perlu juga diperhatikan kondisi kaki saat melakukan senam kaki. Tidak perlu melakukan seluruh kegiatan apabila kondisi kaki tidak memungkinkan untuk melakukan gerakan. Cukup melakukan gerakan yang memang dianggap anda mampu untuk lakukan.

Top Artikel:

20 Cara Mengobati Luka Diabetes Aman dan Benar Secara Medis

Waspada : 7 Jenis Luka Diabetes Meilitus dan Masalah Kaki yang sering terjadi

Luka diabetes basah dan Luka diabetes kering. Ini penjelasannya

4 thoughts on “15 Langkah Senam Kaki Diabetes & Gambar Untuk Cegah Amputasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *