Cara Merawat Luka Aman Tidak Bikin Perih - Caredise

Cara Merawat Luka Aman Tidak Bikin Perih

Salah satu hal yang cukup mengganggu dari luka adalah rasa perih. terutama ketika membersihkan dan merawat luka. Meski luka yang timbul terlihat kecil dan sepele, namun tetap dapat menimbulkan rasa perih yang bisa mengganggu gerakan dan aktivitas Ketika terjadi luka. Itu sebabnya, penting untuk memahami cara merawat luka tanpa menimbulkan rasa perih .

Baca juga Akibat Lecet, Anak Ini Infeksi Luka Sampai Mengalami Kebocoran Jantung

Ternyata merawat luka tidaklah sembarangan, ada teknik yang harus diperhatikan saat membersihkannya. Berikut kami ulas terkait merawat luka yang tepat dan Aman tidak bikin perih.

Langkah-langkah merawat luka:

  1. Cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air bersih mengalir.
  2. Bersihkan luka menggunakan kassa dari luar luka baru ke dalam luka. Lakukan dengan pelan-pelan agar tidak perih sampai luka terlihat bersih. Bila ada, gunakan sarung tangan medis supaya lebih aman dan tidak terjadi penyebaran kuman.
  3. Jika luka sudah bersih berikan cairan antiseptik sesuai dengan PH tubuh supaya tidak terjadi kerusakan pada kulit yang sehat.
  4. Berikan salep/obat khusus luka. Disesuaikan dengan warna luka untuk proses pemyembuhan yang optimal.
  5. Tutup luka menggunakan balutan yang sesuai dengan kondisi luka. Ingatlah untuk membalut luka hanya setelah luka tersebut dibersihkan. Selalu ganti pembalut luka atau perban tersebut setiap sehari sekali. Perhatikan apabila muncul tanda-tanda infeksi, seperti keluar nanah atau Anda mengalami demam. Anda harus segera menghubungi dokter.
  6. Jika sudah selesai, cuci tangan kembali.

Bagaimana jika luka sangat besar terasa perih, dalam, dan kotor?

Luka yang sangat kotor, dalam, dan besar biasanya membutuhkan evaluasi dokter sebelum dibersihkan secara menyeluruh, termasuk mungkin membutuhkan jahitan. Selain itu, biasanya luka yang dalam dan besar membutuhkan obat antibiotik.

Namun, pada intinya, jika Anda merasa khawatir dengan luka Anda, sebaiknya segera kunjungi layanan kesehatan terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please wait...

Penawaran Spesial untuk Anda

Dapatkan informasi terkini perawatan aman di rumah, promo, diskon seputar layanan Homecare setiap saat dengan berlangganan informasi. Gratis