12 Salep Luka Diabetes di Apotik dan Cara Mendapatkan - Caredise

12 Salep Luka Diabetes di Apotik dan Cara Mendapatkan

Salep luka diabetes merupakan faktor penting dalam pengobatan luka diabetes. Salep yang tepat dapat memacu kesembuhan luka lebih cepat, sebaliknya salep sembarangan ataupun herbal tanpa rekomendasi medis dapat memperlambat bahkan memperburuk kondisi luka. Berikut salep luka diabetes yang dapat anda jadikan sebagai obat luka serta cara memperolehnya.

Star Ag/Silver Hidrogel

Star Ag/Silver merupakan salah satu salep terbaik untuk luka diabetes. Dengan kandungan silver, Star Ag dapat mengatasi infeksi akibat bakteri, virus ataupun jamur. Selain itu, kandungan hidrogel dapat menghancurkan dan mengankat jaringan mati untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Cara mendapatkan

Anda dapat melakukan pemesanan online atau berkunjung ke apotek yang terdekat dari wilayah dimana anda berada. Namun, kemungkinan salep ini langka dan tersedia di apotek khusus.

Baca Juga: Star Ag 50 Gram Salep Luka Infeksi/Nekrosis

Intrasite Gel 

Intrasite gel merupakan salep luka dimana berbentuk gel yang dapat mengangkat jaringan mati, menjaga kelembapan luka, hingga menghancurkan jaringan keras yang tak kunjung menghilang pada luka.

Cara Mendapatkan

Intrasite gel ini lumayan sulit untuk dicari di apotek terdekat. Namun, anda juga dapat melakukan pemesanan salep via online.

Baca Juga: Intrasite Gel Hidrogel 15 Gram

Iodosorb 

Obat luka ini memiliki kandungan Cadexomer Iodine. Dimana dapat nerperan dalam menghancurkan jaringan mati pada luka, melembabkan kondisi luka, serta berperan sebagai antiseptik untuk mengatasi infeksi pada luka.

Cara mendapatkan 

Iodosorb dapat ditemukan di beberapa apotek khusus. Namun bila anda kesulitan untuk mendapatkan, anda dapat melakukan pemesanan via online.

Baca Juga: Iodosorb Powder 3gram

Gentamicin

Salep Gentamicin merupakan antibiotik golongan aminoglikosida yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan terutama oleh bakteri gram negatif. Gentamicin dapat digunakan sebagai salep luka diabetes untuk kondisi grade1 seperti lecet, tergaruk, ataupun melepuh. Jangan gunakan obat ini bila anda alergi akan gentamicin, bayi premature ataupun bayi baru lahir.

Baca Juga : 20 Cara Mengobati Luka Diabetes Aman dan Benar Secara Medis

Cara mendapatkan

Salep ini dapat anda dapatkan di apotik terdekat dengan anda dan relatif mudah untuk didapatkan. Untuk ketepatan penggunaan, kami sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk penggunaan salep ini.

Oxoferin

Oxoferin merupakan salep luka diabetes yang termasuk golongan atiseptik dan desinfekstan kulit. Obat luka ini dapat digunakan untuk membersikhan luka serta mampu merangsang dan mempercepat penyembuhan luka. Oxoferin dapat pada ulkus diabetik, gangren, ataupun sebatas iritasi. Oxoferin termasuk obat keras, dimana penggunaannya harus berkonsultasi pada dokter ataupun apotik.

Cara mendapatkan

Untuk mendapatkannya, anda dapat menemukan di apotik terdekat.Oxoferin mudah untuk ditemukan. Namun untuk penggunannya, memerlukan resep ataupun konsultasi dengan dokter dan apoteker yang ada.

Baca Juga : Informasi Lengkap Perawatan Luka dan Jenis Balutan Luka Modern

Salep Betadine

Salep ini termasuk dalam golongan antiseptik. Dapat digunakan sebagai salep luka diabetes pada kondisi sesudah operasi, mencegah timbulnya infeksi pada luka, infeksi kulit, ataupun luka bernanah. Salep ini dapat digunakan seteleah luka dibersihkan. Oleskan langsung pada luka sesuai dengan kebutuhan. Ingat, cuci tangan anda dengan sabun atau antiseptik sebelum mengoleskan atau melakukan perawatan

Cara mendapatkan

Salep betadin 20 gram dapat anda dapatkan langsung di apotik terdekat. Penggunaan betadin salep dapat anda konsultasikan dengan apotik ataupun dokter mengenai cara penggunaan yang lebih tepat.

Ialuset Cream

Ialuset krim mengandung Hyaluronic acid 0.2%, silver sulfadiazine 1%. Kandungan dalam ialuste dapat mengatasi ataupun mencegah infeksi ataupun kemampuan untuk mengancurkan jaringan mati yang sudah tidak berfungsi pada luka. Dapat digunakan untuk kondisi infeksi, nekrosis, ataupun banyak jaringan mati (slough). Bersihkan luka anda terlebih dahulu dengan NaCl 0,9% kemudian oleskan ialuset secukupnya dan ditutup luka dengan kassa.

Cara mendapatkan

Ialuset memang banyak digunakan sebagai salep luka diabetes.Namun untuk mendapatkannya, agak sulit ditemukan di apotik secara umum. Anda dapat membeli melalui pemesanan online Via Bukalapak, Tokopedia, ataupun toko online lainnya.

Baca Juga : Perawatan Luka Diabetes Benar dan Aman Secara Medis

Metcovazin

Metcovazin merupakan salep luka diabetes yang sangat umum digunakan oleh praktisi luka di Indonesia. Terdapat 3 macam produk dengan kegunaan berbeda.

Metcovazin Reguler (tersedia dengan ukuran 50 gram, 25 gram, 10 gram)

Merupakan jenis salep kulit, topikal terapi, yang memiliki berbahan dasar: Zinc, Vaselin, Chitosan. Metcovazin Reguler sangat efektif di gunakan untuk membantu proses penyembuhan luka nikrotik & semua jenis luka. Memberikan suasana moist atau lembab serta mendukung terjadinya autolysis. Menghindari trauma ketika buka balutan. Untuk luka dengan kondisi warna dasar luka: hitam, kuning, hijau, merah.

Metcovazin Gold (tersedia dengan ukuran 25 gram, 10 gram)

Merupakan jenis salep kulit, topikal terapi yang berbahan dasar: Zinc, Cadexomer Iodine, Vaselin. Metcovazin Gold sangat efektif di gunakan untuk membantu proses penyembuhan luka nikrotik, infeksi, serta berbau (odor) dengan kondisi warna dasar luka; hitam-kuning-hijau (slough)

Metcovazin Red (tersedia dengan ukuran 25 gram, 10 gram)

Merupakan jenis salep kulit, topikal terapi yang berbahan dasar: Zinc, Vaselin, Hyaluronic Acid. Metcovazin Red sangat efektif di gunakan untuk membantu proses penyembuhan luka ketika granulasi, epitelisasi, dengan kondisi warna dasar luka; merah, pink.

Cara mendapatkan

Metcovazin cukup langka dan sulit didapatkan di apotik. Metcovazin dapat anda pesan lebih mudah melalui marketplace ataupun via online. Penggunaan lebih lengkapnya, anda dapat berkonsultasi pada spesialis perawatan luka.

Baca Juga : Bagaimana cara mengobati luka diabetes agar cepat kering dan aman secara medis

DuoDerm Gel

DuoDerm hydroactive gel adl hidrogel kental yg bebas bahan pengawet berfungsi utk melembutkan bekas luka atau melunakkan jaringan mati merangsang granulasi jaringan

Cara mendapatkan:

Duoderm gel dapat anda coba cari di apotek terdekat. Apotek tertentu dapat dijumpai untuk pembelian Duoderm gel ini. 

Prontosan Gel

Berikutnya adalah prontosal gel. Salep ini dapat dijadaikan obat untuk luka diabetes. Prontosal berbentuk gel dengan kemasan bervariatif, namun umumnya 350 Ml. Prontosan gel dapat digunakan untuk menjaga kelembapan luka, mencegah biofilm, mencegah infeksi, ataupun dekontaminasi luka dari mikroorganisme berbahaya. Prontosan dapat digunakan setelah membersihkan luka, kemudian luka dapat dibalut dengan kassa steril untuk program perawatan

Cara mendapatkannya
Beberapa apotik menyediakan prontosan gel. Namun, pemesanan online di situs marketplace juga dapat anda jadikan alternatif untuk pemesanan. Harga prontosan relatif mahal bila dibandingkan dengan salep luka ataupun obat yang lain. Namun khasiatnya juga sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Urgotul Ag/Silver

Bentuknya hampir mirip dengan Sofratulle. Namun obat luka diabetes ini memiliki kandungan silver dimana dapat mengatasi infeksi luka akibat adanya gangguan dari bakteri, jamur ataupun virus. Pemakaian yang simpel, membuat balutan ini banyak diminati penderita luka.

Cara mendapatkan

Urgotul Ag/Silver masih jarang untuk ditemukan di Apotek. Bila anda memungkinkan, dapat melakukan pemesanan via online. 

Baca Juga: Urgotul Ag/Silver 10×10 Cm

Sofratulle

Sofratulle merupakan obat luka diabetes yang identik dengan bentuknya menyerupai jaring-jaring. Produk ini mengandung antibiotika Framisetin Sulfat BP 1% dalam basis lano-parafin yang dapat digunakan untuk mangatasi infeksi ataupun pencegahan pada luka. Sofratulle termasuk obat yang keras sehingga penggunaannya harus menggunakan resep dokter

Cara mendapatkannya

Sofratulle dapat anda dapatkan dengan dan banyak dijual di apotik. Penggunaannya kami sarankan agar berkonsultasi dengan pihak apotik ataupun dokter mengingat penggunaannya berbeda antar individu

Baca Juga : Cara mengobati luka sendiri dengan aman

Kebutuhan perawatan luka diabetes

Kami menganjurkan pada anda agar penggunaan salep luka diabetes ataupun obat luka diatas digunakan pada grade1/luka ringan ataupun kondisi luka dalam penyembuhan normal (berwarna kemerahan/granulasi). Bila luka anda mengalami infeksi luas, banyak jaringan mati, kehitaman, gangren, nekrosis ataupun terus menyebar, segera rujuk ataupun hubungi spesialis luka terdekat.

Informasi Tambahan

RUMAH Spesialis luka diabetes : Perawatan luka kapan dan dimana saja

Klinik luka diabetes dan kanker panggilan ke rumah (Homecare)

7 Alasan penting memilih RUMAH Perawatan Luka Diabetes

2 thoughts on “12 Salep Luka Diabetes di Apotik dan Cara Mendapatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please wait...

Penawaran Spesial untuk Anda

Dapatkan informasi terkini perawatan aman di rumah, promo, diskon seputar layanan Homecare setiap saat dengan berlangganan informasi. Gratis