Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Mitos pertolongan luka bakar

Pernahkah anda mengalami luka bakar? Seperti terkena knalpot, minyak atau air panas ataupun terkena strika yang menyala panas? Tujuan pertolongan pertama pada luka bakar ialah menghentikan proses terbakarnya jaringan dengan cara mendinginkan daerah yang terbakar, mengurangi nyeri dan menutup daerah yang terbakar. Menghentikan proses terbakar dilakukan dengan melepaskan baju yang dipakai penderita, berguling atau ditutup dengan selimut atau kain lembab.

Related image

Tingkatan Luka Bakar

Umumnya luka bakar yang dialami seseorang dapat dikategorikan berdasarkan tingkat keparahannya, antara lain:

  1. Luka bakar derajat pertama atau minor hanya meliputi kulit bagian terluar dan dianggap tidak serius. Rasa sakit, bengkak, dan kemerahan adalah gejala-gejala yang bisa muncul. Contoh luka bakar derajat pertama ini adalah luka bakar akibat sengatan sinar matahari secara langsung.
  2. Luka bakar derajat kedua bersifat lebih serius dengan gejala-gejala berupa rasa sakit, bengkak, melepuh, dan terdapat noda putih atau merah pada kulit.
  3. Luka bakar derajat ketiga adalah jenis luka yang paling serius karena merusak seluruh lapisan kulit dan lemak, bahkan bisa jadi hingga ke otot dan tulang. Penderita luka bakar jenis ini dapat mengalami keracunan karbon monoksida dan mungkin juga bahan lain, sesak napas, serta kulit yang terbakar hangus.

Image result for burn wound

Pada sebagian besar orang biasanya kalau terjadi luka bakar, mereka akan langsung mengolesi dengan pasta gigi, mentega, minyak atau kecap. Cara ini tentu saja sangat tidak diperbolehkan. Kecap dan minyak akan menutup pori-pori kulit sehingga kulit yang terbakar akan sulit untuk dibersihkan. Selain menyumbat pori-pori kulit pasta gigi yang dirasa dingin justru merupakan bahan kimia yang tidak baik untuk luka bakar. Saat terjadi luka bakar dan langsung diolesi dengan pasta gigi justru akan menambah derajat luka bakar. Luka bakar yang tadinya hanya di permukaan kulit justru akan semakin mendalam.

Cara pertolongan luka bakar

Berikut langkah langkah menangani luka bakar di rumah untuk derajat yang ringan:

  1. Basuh bagian yang terkena benda panas ataupun tersiram air mendidih dengan air yang mengalir (air keran) kurang lebih 10 sampai 20 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri  yang timbul dan untuk mencegah panas tidak sampai membakar kulit lebih kedalam lagi.
  2. Jangan gunakan air es, karena justru akan merusak jaringan.
  3. Jangan pecahkan kulit yang melepuh dan berisi cairan.
  4. Pakai pakaian yang minim jika luka berada di bagian tubuh tangan ataupun kaki, usahakan luka tidak tergesek oleh pakaian, untuk mengurangi nyeri.
  5. Gunakan salep yang dapat di jual bebas pada apotik untuk luka bakar ringan.

 

Referensi :

Shah A. Epidemiology and profile of pediatric burns in a large referral center. Clinical Pediatrics. 50(5):391-5

Drago DA. Kitchen scald and thermal burns in children five years and younger. Pediatrics. 2005;115:10-16

Hurdspith J. First aid and treatment of minor burns. BMJ. 2009;1487-9.

One thought on “Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *