Perawatan Luka Modern: 7 Informasi Lengkap dan Terbaru

Perawatan luka modern sangat diperlukan khusunya pada luka kronik seperti luka diabetes, luka kanker, dekubitus dll berbeda dengan perawatan luka akut seperti pada kecelakaan. Pada perawatan luka kronik, diperlukan beberapa hal yang menjadi perhatian seperti pemeriksaan luka berkelanjutan, persiapan dasar  luka, sterilisasi alat, motivasi pasien, informasi kesehatan, serta perbaikan aktivitas sehari-hari pada pasien. Perawatan luka modern dapat menjadi alternatif untuk perawatan pada luka kronik.

Perawatan luka modern dengan balutan

Gambaran luka dengan perawatan modern

Baca Juga : Pesan Balutan Luka Modern Lengkap dan Murah

Perawatan Luka Modern menerapkan metode 3M dimana merupakan akronim dari tahapan mencuci luka, membuang jaringan mati, dan memilih balutan yang tepat agar proses penyembuhan luka lebih optimal. Selain itu perawatan luka modern menggunakan balutan modern dimana perawatan lebih hemat dan tahan lebih lama.

1. Mencuci  Luka

Tahap pertama dari perawatan luka modern adalah pencucian luka. Pencucian luka saat ini berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Mulai dari  cairan yang digunakan ataupun metode pencucian luka. Beberapa cairan yang sering digunakan yaitu Normal saline, povidine iodine, hydrogen peroxide, chlorine ataupun commercial wound cleanser seperti feraclyrum 1%, rebusan air daun jambu biji dll.

Perawatan luka modern mencuci luka

Cairan pencuci luka salah satunya Hydrogen Peroksida

Penentuan jenis cairan untuk pencucian luka disesuaikan dengan kondisi luka apakah terinfeksi atau tidak? Kondisi eksudat, keberadaan benda asing pada luka, perlunya perlindungan primer pada luka, dan kondisi dasar luka merah segar atau ada masalah dari sisi vaskularisasi pada luka tersebut. Berbeda dengan perawatan luka konvensional, perawatan luka modern lebih memungkinkan penyesuaian kondisi luka dengan cairan pencuci luka yang akan digunakan.

Baca Juga : 5 Hal Penting dalam Perawatan Luka Diabetes

Mencuci luka hingga pada bagian tepi luka dan sekitar luka sangat penting dilakukan untuk meilhat luka sesungguhnya ataupun kemungkinan adanya luka baru. Setelah pencucian luka selesai, akan dilaksanakan pemeriksaan lanjut menganai kondisi terkini luka.

2. Membuang Jaringan Mati

Tahapan selanjutnya dalam perawatan luka modern yaitu membuang jaringan mati pada luka dikenal dengan debridemag. Metode pengankatan jaringan mati ini terdapat bermacam-macam metode seperti Chemical debridement, Mechanical debridement, Autolysis, surgical debridement, dan Conservative Sharp Wound Debridement (CSWD).

Perawatan luka modern mengangkat jaringan mati

Pengangkatan jaringan mati untuk mempercepat penyembuhan luka

Penggunaan metode debridemag ini disesuaikan dengan kondisi luka pasien serta penjelasan tentang manfaat dan kerugian masing-masing metode kepada keluarga pasien. Dalam perawatan luka modern, debridemag dilakukan berbagai cara. Bahkan cara sederhana yang dapat menggunakan balutan khusus untuk mengangkat jaringan mati.

Baca Juga: Cara mengobati luka sendiri dengan aman

3. Memilih Balutan yang Tepat.

Tahapan terpenting dalam perawatan luka modern yaitu pemilihan balutan luka. Pemilihan balutan yang tepat dapan menunjang optimalisasi penyembuhan luka. Pemilihan balutan luka disesuaikan dengan kondisi luka. Balutan yang baik tentunya dapat mendukung autolisis pengangkatan jaringan mati, mempertahankan kelembapan, melindungi area sekitar luka dan tepi luka, mencegah infeksi, dan mendukung granulasi serta pertumbuhan jaringan epitel.

Perawatan luka modern balutan

Contoh balutan luka modern

 

4. Perawatan Luka Modern Vs Konvensional

Perawatan luka konvensional merupakan perawatan standar yang dapat sederhana dilakukan di rumah. Bahan perawatan yang digunakan seperti kassa, larutan NACL 0,9%, plester dll. Perawatan luka menggunakan metode konvensional ini dapat digunakan pada luka yang tidak berbahaya sepeti cidera ringan. Perawatan ini bertujuan untuk menyerap cairan, mengentikan perdarahan, melindungi area luka, mencegah infeksi, dan mengeringkan luka.

perawatan luka modern vs konvensional

Balutan luka konvensional

Penggunaan balutan konvensional diterapkan pada luka-luka cidera kecil secara langsung. Namun jika anda ragu, anda dapat menghubungi tenaga kesehatan profesional untuk menjelaskan secara detail dan mendemonstrasikan cara perawatan luka dengan metode ini.

Baca Juga : Perawatan luka diabetes benar dan aman

5. Aplikasi dan Penggunaan 

Perawatan dengan metode modern merupakan perawatan dimana proses perawatan menekankan pada kelembabapan luka sebagai lingkungan yang efektif untuk proses penyembuhan. Dalam menjaga kelembapan luka ini, digunakan bahan tambahan dalam perawatan seperti foam dressing, hidrogel, alginate, ataupun hidrokoloid dimana disesuaikan dengan penampakan luka.

Perawatan luka modern dan tujuan diberikannya perawatan

Penerapan perawatan luka modern

Tujuan dari metode perawatan luka modern untuk menjaga temperatur luka agar tetap lembab, meningkatkan aliran oksigen pada luka, membersihkan infeksi pada area luka, mengangkat jaringan mati, dan memudahkan penggantian balutan.

6. Penelitian Terkait

Sebuah penelitian review dimana  membandingkan antara perawatan luka konvensional dengan perawatan luka modern khusunya pada 5.690 luka (Luka ulkus kaki, luka diabetes dan luka tekan) pada tahap pertama dan 22.492 luka di tahap kedua didapatkan bahwa durasi rata-rata kesakitan pada  perawatan luka konvensional selama 12,4 bulan sedangkan pada perawatan luka modern 10,4 bulan. Durasi perawatan rata-rata dihabiskan pada perawatan luka konvensional selama 113 hari, sedangkan pada perawatan luka modern hanya 109 hari (K Hayer et al, 2012).

7. Prinsip Perawatan 

Perawatan luka modern tidak hanya sebatas penggunaan bahan tambahan dalam perawatan luka, namun terdapat beberapa tindakan penting lainnya.

Debridement

Debridement atau mengangkat jaringan mati pada luka merupakan aspek penting dalam perawatan luka modern dimana mengangkat penghambat  proses penyembuhan dapat melalui 4 cara yaitu menggunakan kassa dan NACL 0,9% untuk menyerap cairan, menggunakan enzim-enzim tubuh untuk melakukan pelepasan jaringan tubuh secara mendiri, memberikan enzim tambahan dari luar tubuh ataupun menggunakan cara biologis (maggot) untuk membersihkan jaringan mati.

Baca juga : Pentingnya Salep Luka Diabetes sebagai Obat dan Cara Mendapatkan

Pengendalian Bakteri

Prinsip selanjutnya adalah pengendalian bakteri. Pengendalian bakteri pada perawatan luka modern dapat menggunakan bahan antiseptik, antibiotik, ataupun balutan dengan anti mikroba (Hydrofobik dressing atau Silver Dressing).

penerapan perawatan luka modern pada luka

Aplikasi perawatan luka modern

Penyerapan Cairan (Eksudat)

Pemakaian balutan dengan daya serap tinggi pada perawatan luka modern (mechanical vaccum) dapat mengendalikan cairan merembes pada luka. Contoh balutannya seperti absorbent dressing, hidrofibre alginate ataupun foam.

Baca Juga : RUMAH Spesialis luka diabetes : Perawatan luka kapan dan dimana saja

Pesan Perawatan Modern

Perlengkapan perawatan luka yang modern ini modern dapat anda pesan dimanapun berada. Perawatan luka modern ini dapat diberikan pada luka diabetes, kanker, luka bakar, kecelakaan dll. Dengan perawatan luka modern, luka 30% lebih cepat sembuh, nyaman, dan lebih hemat karena perawatan luka modern memungkinkan perawatan dilaksanakan 3-4 hari sekali.

Katalog Dressing : Toko Balutan Luka Modern di Indonesia

27 thoughts on “Perawatan Luka Modern: 7 Informasi Lengkap dan Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *