9 FAKTA PENTING Perawatan luka diabetes pasca operasi

Bila anda dilakukan tindakan operasi akibat luka diabetes, banyak pertanyaan akan muncul seperti perawatan luka diabetes pasca operasi seperti apa yang akan dilaksanakan? Ataupun tahapan-tahapan selanjutnya setelah tindakan operasi luka diabetes dilaksanakan. Berikut beberapa hal penting yang akan menjawab pertanyaan anda setelah operasi dilaksanakan.

1. Takut dan cemas

Takut ataupun kecemasan memang natural dapat terjadi. Namun ingat, anda tidak sendiri, pasca operasi anda dapat berkonsultasi, mendapat informasi ataupun menanyakan langsung pada petugas mengenai keluhan apa yang anda alami agar anda menjadi lebih tenang. Selanjutnya kami akan ulas sekilas mengenai perawatan luka diabetes pasca operasi hingga anda pulang.

Baca Juga : Perawatan Luka Modern

2. Saat di Rumah sakit

Setelah tindakan operasi, umumnya  anda akan dipindahkan  ke ruang pemulihan (recovery room). Kondisi anda akan dimonitor setelah operasi seperti tekanan darah, nadi, dan pernafasan. Setelah tanda vital tersebut normal, anda akan dibawa menuju ruangan perawatan. Di ruang perawatan, anda akan mendapat perawatan luka diabetes pasca amputasi meliputi pemberian obat untuk mengurangi nyeri, penggantian balutan luka, fisioterapi, aktifitas fisik, dan informasi mengenai penggunaan kaki palsu bila memungkinkan.

3. Hari pertama di rumah

Selang beberapa hari, rumah sakit akan memulangkan anda  kerumah bila kondisi membaik dan progress penyembuhan luka juga dalam kondisi yang baik. Untuk memaksimalkan perawatan, ikuti instruksi dan pesan dokter seperti bagaimana anda mandi, beraktivitas, olahraga, serta perawatan pada luka diabetes pasca operasi.

Baca Juga : Cara mengobati luka sendiri dengan aman

4. Bila nyeri terjadi

Bila anda merasa nyeri, jangan menggunakan obat sembarangan tanpa resep atau saran dari dokter. Anda hanya boleh mengkonsumsi obat pereda nyeri berdasarkan instruksi dari dokter. Bila ada kondisi sekitar luka kemerahan, bangkak, perdarahan tidak berhenti, atau nyeri yang kian hebat, segera hubungi paramedis atau rujuk kembali ke rumah sakit yang menangani anda.

5. Rehabilitasi

Bebrapa pasien setelah pulang dari rumah sakit belum bisa bangkit saat pulang dari rumah. Beberapa mengalami masalah kesehatan lain setelah operasi luka diabetes. Rehabilitasi menjadi sangat penting dimana tim perawatan akan berfokus pada perawatan luka, membangun kekuatan otot, latihan untuk menggunakan kaki palsu, ataupun mengajari anda bagaimana anda merawat kaki palsu bila memungkinkan. Selain itu, rehabilitasi juga dapat bertujuan untuk mengatasi masalah psikis seperti depresi, marah, menolak keadaan ataupun keinginan untuk bunuh diri. Ceritakan pada orang terdekat atau paramedparamedicai perasaan anda setelah operasi dilaksanakan.

Baca Juga : Apakah Luka Diabetes Bisa Sembuh? 60%-80% Bisa Sembuh

6. Perawatan Luka

Masalah yang sangat krusial setelah operasi dilaksanakan dan anda pulang ke rumah adalah bagaimana perawatan luka diabetes pasca operasi dilaksanakan. Kami sangat menekankan pada anda untuk tidak menggunakan obat luka diabetes atau salep luka diabetes sembarangan. Jangan terkecoh dengan slogan luka cepat mengering ataupun menutup. Kami banyak menemukan kasus dimana pasien setelah operasi diabetes luka tidak menutup, jahitan terbuka, infeksi, merembes dan kehitaman akibat sembarangan mengoleskan ataupun memberikan obat tabur pada luka.

7. Hal yang diperhatikan

Lakukanlah perawatan luka yang dianjurkan oleh petugas di rumah sakit, menjaga peralatan untuk mengganti balutan tetap steril, tidak terkena air, mengganti bila kotor dan ganti balutan 2-3 hari sekali. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan setelah tindakan. Bila anda ragu, anda dapat berkonsultasi pada spesialis luka ataupun mendatangkan untuk memandu secara langsung perawatan luka di rumah anda.

Baca Juga : Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

8. Lapor atau rujuk segera

Segera lapor atau rujuk bila anda menemukan dalam beberapa waktu luka tidak menutup, merembes, demam, ataupun luka tampak berwarna kuning-hijau setelah beberapa hari pada paramedis ataupun perawat luka. Pastikan juga kondisi luka jahitan pasca operasi tetap rapat. Jangan sampai luka operasi terinfeksi ataupun anda menyentuhnya langsung, sebab akan menjadi sumber infeksi untuk masuk pada luka anda.

9. Konsultasi dan pesan perawatan luka

Semoga sedikit share mengenai perawatan luka diabetes pasca operasi ini dapat membantu anda. Bila ragu, segera menghubungi perawat luka caredise melalui telepon 0813-8286-9088. Caredise menyediakan layanan perawatan luka di rumah (homecare) untuk luka diabetes, kanker, pasca operasi, luka dekubitus, luka kecelakaan dan luka yang lainnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya dan Sidoarjo.

Top Artikel :

Pusat Homecare Perawatan Luka Jakarta

Perawatan Luka Lembab (Moist), Modern, dan Terkini

Rumah Luka Diabetes dan Kanker Digital (Homecare)

Informasi Lengkap Perawatan Luka dan Jenis Balutan Luka Modern

4 thoughts on “9 FAKTA PENTING Perawatan luka diabetes pasca operasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *