5 Pengobatan Luka Diabetes Alternatif. No 5 Paling Ditakuti

Pengobatan luka diabetes alternatif maupun herbal seringkali menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam mengatasi masalah luka. Informasi pengobatan luka biasanya tersebar dari mulut ke mulut berdasarkan cerita dari saudara, kerabat, teman ataupun keluarga.

Namun anda tetap perlu waspada. Beberapa pengobatan luka diabetes alternatif tak kesemuanya bisa menjadi pilihan dan langsung anda coba pada luka yang anda alami.

Anda perlu mengkonsultasikan kepada dokter ataupun perawat khusus luka seputar keamanan dalam pengobatan luka alternatif.

1. Terapi Infra Red

Berikut kami akan mengulas 5 macam pengobatan luka alternatif yang dapat menjadi solusi didalam penyembuhan luka anda. 

Terapi infra merah umum digunakan di Indonesia oleh perawat khusus luka. Pengobatan luka tambahan dengan metode ini umumnya menggunakan infra red dengan panjang gelombang 0,7-1,5 μm. 

Terapi infra merah pada luka dapat berperan didalam berbagai tahapan penyembuhan luka. Pada tahap inflamasi atau peradangan, infra merah dapat meningkatkan hormon sitokin dan faktor pertumbuhan seperti IL-1a dan IL-8. 

Pada tahap proliferasi, radiasi infra merah dapat memicu faktor-faktor penyembuhan, pembentukan pembuluh darah, dan nutrisi pada sel. Pada tahap akhir, infra red berperan dalam mengecilkan ukuran luka dan mempercepat kematangan sel-sel kulit.

Baca Juga: Spesialis Luka Diabetes di Jabodetabek

2. Terapi Ozon 

Pengobatan luka diabetes alternatif selanjutnya yaitu menggunakan ozon. Ozon merupakan gas tidak berwarna yang terdiri dari 3 atom oksigen yang disebut O3. Ozon dapat Anda rasakan sebagai udara segar yang biasanya muncul setelah hujan.

Penggunaan terapi ozon untuk pengobatan luka diabetes dimana dapat memberikan efek terapi yang lebih baik jika dibandingkan dengan pemberian antibiotik saja. Efek ini diduga terkait kemampuan terapi ozon dalam membantu mengalirkan  oksigen ke jaringan tubuh yang mengalami luka. 

3. Oksigen Hiperbarik

Terapi oksigen hiperbarik merupakan terapi dimana tubuh dapat diselimuti oksigen sampai 100%. Kadar oksigen yang bertambah atau meningkat dalam darah sangat dibutuhkan untuk proses pemulihan dan penyembuhan luka, termasuk pada luka diabetes.

4.Negative Wound Pressure Therapy (NPWT) 

Pengobatan luka diabetes alternatif ini sering juga dikenal dengan istilah terapi tekanan negatif. Penggunaan NPWT dilakukan dengan cara memberikan tekanan negatif lokal di permukaan luka. 

Permukaan luka akan tertutup oleh air tight film yang terhubung dengan suction tube (terhubung dengan control unit) yang mempunyai tekanan negatif terhadap permukaan luka dengan tekanan 50-175 mmHg. Biasanya yang sering digunakan adalah 125 mmHg. 

Mekanisme NPWT dalam proses penyembuhan ulkus kaki diabetik adalah mempertahankan lingkungan luka tetap lembab (moist), membuang cairan dan material infeksi, menurunkan kolonisasi bakteri, meningkatkan pertumbuhan sel yang lebih cepat, meningkatkan aliran darah lokal serta menurunkan jumlah bakteri pada luka. 

Baca Juga: 12 Salep Luka Diabetes di Apotek yang Aman

5. Terapi Maggot/Belatung 

Terapi menggunakan belatung atau maggot bisa dijadikan alternatif untuk penyembuhan luka diabetes. Namun, sayangnya di Indonesia saat ini belum kami temukan penerapannya. 

Pengobatan luka dengan dengan jaringan mati dapat menggunakan maggot/belatung khusus yang telah di sterilkan. Maggot akan mengangkat jaringan mati dan memiliki enzim alami untuk mengatasi infeksi sekitar. Mungkin bagi anda Menjijikan, namun ini penggunaan maggot ini merupakan cara modern untuk penyembuhan luka.

Penggunaan Belatung (Maggot Therapy) menggunakan larva belatung (Green Bottle Fly/ Lucilia sericata) sudah lama digunakan untuk perawatan luka.

Pada tahun 2004, US Food Drug Administration (FDA) mulai memberikan ijin penggunaan larva belatung ini untuk digunakan pada luka diabetes, luka nekrotik, gangeren, ulkus vena, ulkus kaki neuropatik, ataupun luka pasca bedah non penyembuhan.

Pesan Layanan Perawatan Luka ke Rumah


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *