Obat luka diabetes aman agar luka cepat sembuh

Penjelasan Lengkap Obat Luka Diabetes Aman utuk Anda

Mencari obat luka diabetes yang aman bisa saja anda dapatkan dari internet. Namun perlu juga anda pilah bahwa informasi mengenai obat luka diabetes di internet tak jarang juga menyesatkan.

Baca Juga : Salep Luka diabetes dan Obat serta cara mendapatkan

Beberapa kali kami dapati pasien sudah datang dengan komplikasi luka semakin parah akibat pemberian obat sembarangan, obat tabur, atau obat tanpa resep dari dokter yang asal dioleskan pada luka. Sangat berbahaya dan bisa berujung fatal seperti amputasi.

Obat luka diabetes jangan asal. Gunakan obat luka diabetes alami

STOP : Jangan gunakan obat sembarangan

Selanjutnya kami akan jabarkan informasi tak sebatas obat luka diabetes saja. kami akan membahas fakta mengenai penyembuhan luka, hal-hal yang mempengaruhi penyembuhan luka, cara perawatan, obat luka diabetes berdasar jenis luka dan lain-lain. Obat luka diabetes alami yang kami maksud dalam artikel ini adalah proses perawatan yang tepat secara alami mengikuti penyembuhan luka yang juga alami.

Baca Juga : 9 Cara Mengobati Luka Diabetes Tanpa Amputasi 

Luka Diabetes Sulit Sembuh

Sebelum memasuki obat luka diabetes, penting anda ketahui mengapa luka diabetes ini terjadi dan sulit untuk sembuh. Luka diabetes terjadi akibat kerusakan syaraf dan pembuluh darah sehingga bagian tubuh seperti kaki, tangan, dll tidak dapat merasakan rangsangan dengan baik, tidak merasakan adanya luka, serta lama penyembuhan.

“Luka diabetes ini menyerang lebih dari 50% penderita diabetes. Gejala umum yang terjadi adalah rasa kebas (baal) serta kelemahan pada kaki dan tangan. Semakin cepat diketahui, semakin mudah nantinya penyembuhan serta obat luka diabetes yang digunakan mudah didapatkan.

Baca Juga: Perawatan Luka Modern

Apakah Luka Saya Termasuk Luka Diabetes?

Umumnya penderita luka diabetes tidak merasakan rangsangan nyeri dengan baik. Ingat ! selalu waspada apabila anda mendapati luka yang tak kunjung sembuh, berbau, bernanah dan tidak terasa. Segera lakukan pemeriksaan gula darah untuk memastikan apakah anda mengalami penyakit diabetes ini atau tidak.

Alasan mengapa perlu obat luka diabetes yang tepat

Pembuluh darah penderita luka diabetes

Catatan lainnya adalah mengenai obat luka diabetes. Perawatan dan obat luka diabetes apapun akan sulit memicu penyembuhan apabila gula darah tidak terkontrol/stabil. Penting untunk menjaga ke stabilan gula darah selama pelaksanaan pengobatan luka diabetes ini berlangsung.

Baca Juga : Pesan Perawatan Luka ke rumah 

Faktor yang Mempengaruhi Kesembuhan

Luka secara alaminya akan sembuh. Namun ada beberapa faktor penting selain obat luka diabetes yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka. diantaranya :

Faktor Lokal

Faktor lokal merupakan faktor yang dapat mendukung penyembuhan luka atau bahkan menghambat penyembuhan luka. Adapun faktor lokal yang tersebut diantaranya:

Kelembapan luka

Kondisi luka yang lembab, tidak terlalu basah ataupun kering dapat mendukung penyembuhan luka. Luka yang terlalu kering dapat menyebabkan luka membentuk jaringan ikat yang mengeras, membentuk jaringan mati.

Sementara luka yang terlalu basah justru menyebabkan sel sehat yang seharusnya tumbuh menjadi terbuang ataupun rusak.

Obat luka diabetes alami dan aman secara medis

Obat luka diabetes alami : Dengan perawatan luka yang alami

Pengobatan Luka

Obat luka diabetes yang tepat dapat mempercepat penyembuhan luka, sebaliknya obat luka diabetes sembarangan justru menghambat penyembuhan luka. Penting bagi anda memilih informasi mengenai obat luka diabetes yang tepat agar tidak terkecoh produk-produk yang tidak jelas, tidak berizin ataupun malah anda membeli obat sembarangan tanpa konsultasi.

Temperatur Luka

Proses pembentukan sel untuk penyembuhan luka dapat optimal pada temperatur yang stabil (37 C) Hal tersebut dilakukan  agar dapat meningkatkan proses pembelahan sel sebesar 108% pada luka. Oleh sebab itu, penggantian balutan dan pencucian luka dianjurkan pada kondisi hangat.

Tekanan dan Gesekan

Tekanan dan gesekan balutan penting untuk diperhatikan. Gesekan dan tekanan yang terlalu kencang pada luka seringkali menyebabkan sumbatan dan kerusakan pembuluh darah yang sangat tipis. Selain itu tekanan yang terlalu kencang dapat menyebabkan hambatan aliran darah yang akan berujung pada kematian jaringan.

Tekanan sebagai obat luka diabetes baik

Tekanan pada luka dengan balutan yang baik

Benda Asing

Adanya benda asing pada luka dapat menghalangi proses pertumbuhan jaringan baru, atau dapat pula menyebabkan komplikasi infeksi. Benda asing yang biasanya ditemukan pada luka seperti jaringan mati, sisa jahitan, kotoran, rambut, sisa kassa, kapas, serta adanya bakteri. Benda asing tersebut harus segera disingkirkan agar luka segera menutup.

Luka di balut

Mengapa luka dibalut? Sekecil apapun luka anda wajib untuk dibalut. Tujuannya agar tidak terjadi infeksi, terkontaminasi benda asing dan menjaga kelembapan agar penyembuhan luka lebih cepat .

Faktor Internal

Faktor umum merupakan faktor dalam tubuh penderita sendiri diluar dari obat luka diabetes dan perawatan yang dilaksanakan.

Usia

Lanjut usia pastinya mengalami penurunan fungsi tubuh termasuk diantaranya kemampuan sel tubuh untuk melakukan penyembuhan luka. Akibatnya pada lansia luka penyembuhannya lebih lambat. Selain itu kondisi luka yang kering, keriput, dan tipis lebih sering mengalami luka karena gesekan dan tekanan.

Obat luka diabetes juga perlu didampingi dengan obat penyakit diabetes itu sendiri

Luka dipengaruhi penyakit internal

Penyakit Penyerta

Penyakit Diabetes itu sendiri. Pasalnya penyakit tersebut memperberat kerja sel dalam memperbaiki luka sehingga penting adanya obat luka diabetes, kolaborasi pengobatan dan perawatan lengkap. Pada diabetes meilitus, kadar gula darah yang tinggi melambatkan aliran darah menuju sel. Penting sekali selain obat luka diabetes, pengobatan penyakit diabetes ini harus berjalan beriringan.

Peredaran Darah

Fungsi peredaran darah dan pembuluh darah yang baik mampu mengantarkan oksigen dan nutrisi hingga sel yang paling ujung. Sumbatan pada pembuluh darah arteri dapat menurunkan oksigen, nutrisi ke sel yang mendukung penyembuhan luka.

Nutrisi

Asupan nutrisi penting sekali untuk penyembuhan luka. Sebaliknya, nutrisi yang buruk dapat menghambat penyembuhan luka yang dapat berujung menjadi infeksi.

Nutrisi yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, A, B Kompleks, D, K, E, zink, besi, magnesium dan air.

Nutrisi yang baik mempengaruhi penyembuhan luka

Penyembuhan dipengaruhi oleh nutrisi

Kegemukan

Kegemukan atau obesitas menghambat penyembuhan luka, khususnya luka dengan tipe primer (adanya jahitan). Pada kegemukan, timbunan lemak tidak memiliki banyak pembuluh darah. Sebaliknya lemak berlebihan dapat mempengaruhi aliran darah ke sel.

Status Psikologis

Kecemasan, stres, dan depresi dapat menurunkan kerja sistem imun tubuh sehingga penyembuhan luka terhambat.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi khusunya pada kanker tidak hanya merusak sel kanker saja, namun dapat merusak sel-sel disekitarnya. Efek yang dapat dijumpai sperti kulit rentan, kemerahan, ataupun panas pada sekitar luka.

Jenis Luka Diabetes dan Pengobatannya

Luka diabetes dapat disesuaikan kategorinya berdasarkan warna luka. Begitupula pemberian obat luka diabetes, sebaiknya disesuaikan dengan kategori luka yang saat ini dialami.

Obat luka diabetes yang aman perlu disesuaikan dengan warna luka

Warna luka : Penting disesuaikan dengan obat luka diabetes

Warna Merah

Menurut referensi dari Hanbook of Primary Care Procedure, warna merah dapat diartikan bahwa kondisi luka dalam proses penyembuhan yang normal. Luka sedang membentuk jaringan baru/granulasi pada kondisi yang tepat. Obat luka diabetes pada kondisi ini dapat berupa tahapan perawatan seperti  menjaga kebersihan luka, menjaga kelembapan luka dan mencuci dengan cairan infus (NaCl 0,9%). Gunakan verban atau balutan sederhana.

Warna Kuning

Warna kuning atau kehijauan pada luka dapat menandakan cairan dan terkumpulnya bakteri/mikroorganisme pada luka. Luka yang mayoritas berwarna kuning ini sering disebut

luka bernanah, kondisi luka ini adalah luka yang terkontaminasi dan juga berupa jaringan mati. Obat luka diabetes pada tahapan ini berupa tahapan perawatan yaitu pengangkatan jaringan mati, evakuasi atau pengeluaran cairan mati, dan memilih balutan luka yang dapat menyerap cairan.

Warna Luka Hitam

Warna ini yang sangat perlu anda waspadai. Luka berwarna kehitaman adalah pertanda luka mengalami kematian jaringan (Nekrosis). Luka nekrosis kehitaman ini terjadi akibat supplai darah dan oksigen terhambat menuju luka, akibatnya mengalami kematian jaringan. Obat luka diabetes dan perawatan pada tahap ini adalah pengangkatan jaringan mati dengan segera pada luka, jika tidak maka akan memicu terjadinya infeksi ataupun menghambat penyembuhan luka disekitarnya. Pengangkatan jaringan mati ini dapat menggunakan balutan modern atau pengangkatan manual.

Pada kategori luka merah, kuning-hijau, atau kehitaman, kami sarankan untuk luka dengan kondisi dasar luka merah saja yang dapat anda rawat dan obati. Apabila sudah banyak cairan berwarna kuning, atau ada tanda kehitaman pada luka segeralah rujuk dan bawa ke spesialis luka.

Obat Luka Berdasarkan Kelembapan Luka

Saat melaksanakan perawatan, seringkali menemukan luka kering, lembab atau sangat basah. Dari kondisi tersebut, obat luka diabetes pun menyesuaikan dengan kondisi luka. Dalam perawatan dan pengobatan luka modern pemberian obat luka diabetes dibagi menjadi :

Luka kering

Pada luka ini, luka tampak mengering. Obat luka diabetes yang dianjurkan adalah balutan seperti Hidrogel, Antimicroba Dressing, Tulle dressing dll.

Luka Lembab

Kondisi ini luka tampak lembab, kemerahan atau pink pada daerah luka. Obat luka diabetes yang aman pada kondisi ini adalah balutan dengan hidrocoloid, transparant dressing dll.

obat luka diabetes yang aman menjaga kelembapan luka

Luka baik pada kondisi yang lembab

Luka Basah

Luka sangat banyak cairan dan terlalu lembab pada kondisi ini. Sehingga penyerapan cairan adalah target utama pada fase ini. Obat luka diabetes yang dianjurkan menggunakan Absobent Dressing, Antimicroba Dressing, Calcium Alginate, Foam dll.

Persiapan Memberikan Obat Luka 

Kasa streril (bisa dibeli di apotik), plester/hipafix/mikropor, gunting, kantong plastik, dan NaCl 0,9%, sarung tangan, pinset, kom (pinset, gunting, dan kom dalam kondisi steril bisa dengan cara direbus pada air mendidih 30 menit). Atau anda dapat membeli set perawatan luka lengkap sekali pakai dengan harga murah di apotik terdekat.

Langkah-Langkah:

  1. Atur posisi senyaman mungkin
  2. Siapkan alat yang diperlukan dan dekatkan dengan pasien.
  3. Keluarga yang akan melakukan ganti balutan mencuci tangan dengan sabun.
  4. Balutan lama dibuka dan dibuang ke kantong plastik

Obat luka diabetes : Alat dan bahan untuk mengobati luka

Bersihkan Luka

  1. Cuci luka dengan kasa yang diberikan NaCl  0,9% sebelumnya.
  2. Keringkan luka dengan kasa steril
  3. Jika luka masih basah, kompres luka dengan kasa yang diberi NaCl 0,9% kembali.
  4. Setelah bersih, berikan obat luka diabetes berupa balutan modern, salep luka dll sesuai dengan kondisi dan kategori luka.
  5. Tutup luka yang diikompres kasa  yang diberi NaCl 0,9%  1 lapis ditambah dengan kasa kering diatasnya.
  6. Plester ataupun berikan balutan dengan verban ataupun perekat.
  7. Plester tidak terlalu ketat atau terlalu longgar
  8. Cuci tangan anda setelah membalut luka
  9. Balutan dan obat luka diabetes diganti 3-5 hari sekali sesuai adanya rembesan atau tidak serta kondisi kelembapan luka.

Baca Juga : Cara mengobati luka sendiri dengan aman

Prinsip dalam Memberikan Obat Luka

Pertama, obat luka diabetes dan perawatan luka harus dengan konsep lembab (moist). Kenapa harus lembab? Karena kondisi yang terbaik untuk penyembuhan luka pada kondisi lembab. Pada kondisi lembab, sel yang mati, nekrosis (kehitaman) dan nanah dapat terserap. Kelembapan ini dapat diatur mulai dari pencucian luka, penggantian balutan dan pemberian obat luka yang sesuai.

Kedua, cairan pencuci luka. Cairan pencuci luka paling direkomendasikan adalah NaCL 0,9% atau gampangnya cairan infus NaCL 0,9% sebagai obat luka diabetes untuk pencuciam luka. Mengapa menggunakan cairan ini? Karena cairan ini paling mirip dengan cairan tubuh, membersihkan sekitar luka, steril, dapat mengurangi infeksi, serta menjaga kelembapan. Ingat ya Cairan Infus NaCL 0,9%. Bukan obat merah, kuning,  ataupun serbuk herbal macam-macam yang tak jelas asal usulnya. Sangat berbahaya.

Ketiga, penggantian balutan. Jika anda menggunakan NaCl dan kassa dalam mengobati luka diabetes dianjurkan penggantiannya setiap hari. Atau jika terlihat balutan sudah tampak merembes, kotor, atau berbau sesegera mungkin balutan tersebut diganti. Kalau tidak, akan memacu terjadinya infeksi yang berbahaya pada luka. Jika anda menggunakan balutan lebih modern, penggantian balutan bisa 3-5 hari sekali karena bahan yang ada mempunyai kemampuan menyerap secara otomatis.

Keempat, sebisa mungkin steril. Anda wajib mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan sarung tangan saat membersihkan. Begitupula cairan NaCl, kassa (bukan kapas), dan set penggantian balutan (pinset, kom, gunting jaringan dan bak instrumen) dalam keadaan steril. Kassa anda dapat membeli paket di apotik sekali pakai yang steril. Set Instrumen agar steril anda dapat cuci dengan detergen lalu direbus dengan air mendidih agar kuman, bakteri dll dapat mati dan membuatnya steril.

Kelima, pengankatan jaringan mati, nanah, atau kehitaman. Jaringan mati ini dapat terlihat menghitam dan perlu diangkat. Bisa dengan digunting perlahan atau dengan balutan modern. Nanah pada luka juga harus anda keluarkan perlahan dengan cara ditekan atau dipencet. Kenapa harus dikeluarkan? Karena nanah dan jaringan mati menghambat proses penyembuhan luka.

Hubungi Paramedis Segera

  1. Jika kondisi luka memburuk. Luka bertambah hitam, bernanah dan berbau menyengat.
  2. Kondisi lemas, tidak nafsu makan atau tampak pucat.
  3. Luka berdarah tiada henti.
  4. Terdapat demam yang tak kunjung turun.

Luka bisa terjadi kapan saja dan dapat sembuh secara alami. Obat luka diabetes yang baik adalah obat luka yang menjaga ke alamian proses penyembuhan luka. Tidak diperlama oleh hal yang tidak penting. Semisal pemberian herbal tidak berizin, serbuk, obat tabur dan semacamnya. Stop amputasi, mari menjadi sehat dengan obat luka diabetes yang alami.

Perngobatan Luka Diabetes di Rumah

Untuk mengobati luka diabetes secara optimal, selain obat luka diabetes perlu pemahaman cara perawatan dan panduan langsung oleh spesialis luka. Spesialis luka kini dapat dijangkau dengan mudah untuk perawatan di rumah. Hal ini menjadi opsi apabila anda seorang pekerja, orang tua tidak ada yang mengantarkan berobat atau rumit bila harus antri perawatan di rumah sakit.

 

Pesan layanan perawatan luka di rumah melalui:
Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

20 Cara Mengobati Luka Diabetes Aman dan Benar Secara Medis

Klinik Luka Diabetes dan Kanker Panggilan ke Rumah (Homecare)

Last Review: 03 November 2018 | Last Edited: 03 November 2018

23 thoughts on “Penjelasan Lengkap Obat Luka Diabetes Aman utuk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *