Penting Diketahui !! Cara Merawat Luka Kanker - Caredise

Penting Diketahui !! Cara Merawat Luka Kanker

Waspada terhadap luka kanker. Luka kanker adalah salah satu luka kronik yang berhubungan dengan kanker stadium lanjut. Luka terjadi ketika kanker yang tumbuh dibawah kulit merusak lapisan kulit sehingga terbentuk luka. Seperti pertumbuhan kanker, luka kanker juga akan menyebabkan penghambatan dan merusak pembuluh darah tipis, dimana daerah tersebut kekurangan oksigen. Hal ini akan menyebabkan kulit dan jaringan menjadi mati (nekrosis).

Lokasi Luka Kanker

Sel kanker dapat tumbuh di manapun di bagian tubuh manusia. Begitupun luka kanker juga dapat berada di lokasi manapun, di dada, perut, kepala, leher, kulit, vulva (vagina), blader (kandung kencing), dan di manapun.

Baca juga : 6 Cara Memberi Dukungan Pada Penderita Kanker

Tindakan Medis yang Dilakukan

Gambar terkait

Kanker merupakan penyebab dasar dari luka kanker sehingga tindakan medis yang dilakukan ditujukan untuk mengurangi tumor dan juga mengurangi ukuran luka dan mengatasi gejala yang muncul. Penatalaksanaan akan tergantung pada jenis kanker, bagian tubuh yang dipengaruhi dan bagaimana perkembangan kanker lebih lanjut. Tindakan medis yang umum, antara lain; radioterapi, kemoterapi, terapi hormonal dan pembedahan.

  • Radioterapi; menggunakan high-energy rays yang dapat menghancurkan sel kanker. Dapat membantu menyusutkan tumor dan mengeringkan cairan luka yang banyak. Efek sampingnya akan menimbulkan kemerahan sekitar kulit dan menjadi kering. Gejala tersebut akan hilang setelah beberapa minggu .
  • Kemoterapi; menggunakan obat anti kanker untuk menghancurkan sel kanker. Membantu mengurangi ukuran tumor yang menyebabkan luka dan mengurangi beberapa gejala.
  • Terapi hormonal; mempengaruhi produksi beberapa hormonal penyebab kanker, atau menghambat kerja dari hormonal dan membantu memperlambat pertumbuhan kanker. Terapi ini juga dapat memperbaiki beberapa gejala luka.
  • Pembedahan; tergantung ukuran dan posisi tumor, kemungkinan dapat dipindahkan atau tidak, dapat diambil sebagian atau keseluruhannya dengan pembedahan. Berisiko terjadinya perdarahan karena sel kanker sering menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Oleh karena itu pembedahan memerlukan persiapan yang matang dari tim medis.

Total Waktu yang Dibutuhkan Dalam Pengobatan Luka Kanker

Semakin dini sel kanker ditemukan pada tahap awal, maka lama waktu pengobatannya akan semakin cepat. Sebaliknya, semakin parah kondisi kanker yang dimiliki, maka semakin banyak dan lama juga serangkaian pengobatan yang harus dilakukan.

Rata-rata pengobatan kanker membutuhkan waktu tahunan hingga pasien dinyatakan sembuh total. Jadi, jika memang Anda mulai menjalani pengobatan, persiapkan diri Anda untuk menghadapi waktu pengobatan dan pemulihan yang cukup lama. Jika Anda ragu, konsultasikan dan tanyakan segala hal yang berhubungan dengan pengobatan kanker Anda dengan dokter.

Baca Juga : Perawatan Luka Kanker dan Cara Mengobati Paling Lengkap

Penanganan Luka Kanker

Hasil gambar untuk deteksi kanker sejak dini

Berikut beberapa tindakan yang dapat dilakukan perawat untuk mengendalikan gejala dalam perawatan luka kanker:

1. Eksudat yang berlebihan; dapat digunakan balutan yang menyerap eksudat banyak seperti hidroselulosa (Aquacel), foam, gammge dan lainnya. Usahakan balutanyang digunakan tidak melekat pada luka untuk menghindari perdarahan ketika membuka balutan. Eksudat juga akan menyebabkan kulit sekitar luka lecet, untuk itu dapat digunakan film barrier atau cream (zink cream atau metcovazin cream dll).

2. Bau tidak sedap; ditimbulkan akibat infeksi bakteri. Balutan yang dapat digunakan adalah yang mengandung silver yang dapat mengurangi pertumbuhan bakteri, dan efektif mengontrol bau. Charcoal dressing (Carboflex dll) juga dapat digunakan untuk mengontrol bau. Jika bahan yang digunakan terlalu mahal maka dapat digunakan metode alami menggunakan madu asli atau pasta gula yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Penggunaan aromaterapi untuk lingkungan sekitar juga dapat membantu mengendalikan bau tidak sedap dan dapat meningkatkan kenyamanan pasien.

3. Nyeri, disebabkan kerusakan saraf akibat kanker atau akibat dressing yang melekat pada kulit. Obat anti nyeri/ analgetik dapat diberikan sebelum perawatan dan memilih balutan yang tidak lengket pada luka akan membantu mengurangi nyeri pada pasien luka kanker.

4.Pendarahan; diakibatkan oleh sel kanker yang merusak pembuluh darah kapiler. Memilih balutan/dressing yang tidak melekat pada luka akan mengurangi resiko pendarahan ketika membuka balutan. Selain itu juga dapat digunakan balutan yang mengandung kalsium alginat (kaltostat, suprasorb A, seasorb dll) yang dapat menghentikan pendarahan minor. Jika pendarahan tidak berhenti maka dapat digunakan adrenalin dan tekan lembut pada daerah yang pendarahan

5. Gatal; disebakan oleh kulit yang meregang dan ujung saraf yang teriritasi oleh kanker. Dapat diberikan anti histamin, TENS machine ( membantu merangsang otak mengeluarkan endorphin/painkiller), menggunakan lembaran hidrogel untuk menghidrasi kulit dan krim mentol.

Infeksi

Hasil gambar untuk infeksi luka

Luka kanker sangat rentan untuk menjadi luka infeksi karena jaringan dan pembuluh darah luka yang terbuka, kondisi luka yang sangat memungkinkan bakteri untuk tumbuh. Infeksi lokal pada luka juga sangat berisiko untuk terjadinya infeksi sitemik di tubuh klien.

Tanda dan gejala :
• Pain ( nyeri )
• Erytema ( kemerahan )
• Swelling ( bengkak )
• Heat ( teraba panas )
• Exudate berlebihan
• Malodour ( berbau )

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi infeksi luka:

  • Ikutilah anjuran dokter Anda, terutama tentang bagaimana merawat luka kanker
  • Mencuci tangan adalah cara yang terbaik untuk mencegah infeksi
  • Minum antibiotik yang diresepkan sampai selesai
  • Beritahu keluarga dan teman untuk mencuci tangan mereka dengan baik dengan sabun dan air sebelum mengunjungi Anda
  • Lakukan pemeriksaan lanjut dengan dokter Anda
  • Jangan merokok

Referensi :

Perawatan Luka Kanker Oleh; Ners, I Made Sukma Wijaya, S.Kep,CWCC,.2010, URL : https://dharmamuliacare.wordpress.com/2010/12/15/perawatan-luka-kanker/

Perawatan Luka Kanker Oleh; Ns. Hardian Soekarno, SKp, ETN,.2018 URL : http://www.yankes.kemkes.go.id/read-tawa-internal-jogging-4230.html

Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

 

2 thoughts on “Penting Diketahui !! Cara Merawat Luka Kanker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please wait...

Penawaran Spesial untuk Anda

Dapatkan informasi terkini perawatan aman di rumah, promo, diskon seputar layanan Homecare setiap saat dengan berlangganan informasi. Gratis