Hidup Nyaman dengan Diabetes: 12 Cara Terbaik Merawat Luka Diabetes

Bila mengalami luka diabetes, 6% penderitanya diperlukan penanganan khusus untuk merawat luka diabetes akibat komplikasi adanya infeksi, ulkus diabetikum, ataupun gangren. Luka diabetes merupakan luka terbuka dimana terjadi pada penderita diabetes dan umumnya terjadi di bagian kaki bawah.

Baca Juga : 20 Cara Mengobati Luka Diabetes Aman dan Benar Secara Medis

Diabetes dapat menyebabkan amputasi non trauma di bagian tubuh bawah seperti kaki, tungkai, ataupun jari. Sebesar 14-24 persen pasien dengan luka diabetes akan di amputasi bila terlambat penaganannya. Amputasi ataupun komplikasi bukanlah suatu hal yang tidak dapat dicegah, dengan perawatan terbaik dalam merawat luka diabetes, amputasi dapat dicegah. Berikut kami akan ulas 15 cara  dan prosedur terbaik untuk merawat luka diabetes dan mengobatinya.

  1. Melakukan perawatan luka

    merawat luka penderita diabetes

    Perawatab luka untuk diabetes

    Hal ini merupakan pekerjaan utama yang harus dilakukan. Merawat luka diabetes dengan benar dapat menjadi jalan menuju kesembuhan dan terhindar dari amputasi. Mulailah dengan mencuci luka dengan cairan saline atau NaCl 0,9%, kemudian bersihkan luka dengan kassa steril menggunakan pinset ke seluruh bagian dan sekitar luka, berikan salep luka seperti gentamicin, sofratule, atau nebacitin. Ganti balutan dan perawatan setiap 1-2 hari sekali.

    Baca Juga : Perawatan Luka Diabetes Benar dan Aman Secara Medis

  1. Kontrol gula darah.

    Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan resiko terjadinya luka lain semakin tinggi. Konsumsi obat gula secara teratur dapat mencegah timbulnya luka baru dan mempercepat penyembuhan luka lama yang telah terjadi sebelumnya.

  1. Periksa kaki dan balutan setiap hari.

    Gantilah balutan dengan segera bila tampak kotor, merembes, ataupun berbau. Sebab hal ini akan memacu infeksi untuk mengkontaminasi luka anda lebih luas lagi. Selain itu, pemeriksaan kaki juga dapat mencegah timbulnya luka-luka baru dengan cara mengidentifikasi secara dini.

    Baca Juga : 5 Hal Penting dalam Perawatan Luka Diabetes

  1. Berkonsultasilah dengan paramedis

    Cara merawat luka diabetes dengan paramedis

    Konsultasi mengenai perawatan yang tepat

    Mengenai hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama merawat luka diabetes. Segera laporkan apabila mengalami perubahan warna pada luka, perubahan bentuk ataupun perubahan perasaan pada kaki yang mengalami luka.

  1. Atasi kalus atau kulit yang mengeras

    Bila luka anda berbentuk kalus, atau ada bagian dari area kaki yang mengeras, segera minta spesialis luka anda untuk memotong dan memangkas kalus tersebut. Kalus tersebut bila tidak dipangkas akan mengganggu kenyamanan anda saat berjalan, membesar ataupun membentuk luka.

  1. Mencuci dan merawat kaki

    mencuci kaki sebagai merawat luka diabetes

    Cuci kaki agar terhindar dari bakteri

    Cuci bagian kaki yang tidak mengalami luka setiap hari. Lalu keringkan khususnya daerah sela-sela kaki.

    Baca Juga: Spa Kaki Diabetes : Cegah Amputasi Sejak Dini

  1. Jagalah kelembapan kulit

    Kulit penderita diabetes umumnya kering akibat tingginya kadar gula darah. Tingginya kadar gula darah ini memungkinkan bakteri melakukan penetrasi dan membentuk luka baru pada kulit anda. Gunakan lotion pelembab pada kulit anda agar tidak menjadi kering.

  1. Berolahraga bila memungkinkan

    Luka perlu suplai oksigen, nutrisi dan aliran darah lancar untuk penyembuhan luka. Berolahraga merupakan salah satu cara merawat luka diabetes agar meningkatkan sirkulasi dan daya tahan tubuh anda. Mulailah dengan olah raga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau yoga yang sekiranya dapat anda lakukan dengan ringan.

  1. Penggunaan Alas Kaki

    pencegahan luka

    Alas kaki khusus diabetes

    Gunakan alas kaki atau sandal khusus diabetes didalam ataupun diluar rumah. Hal ini bertujuan untuk mencegah luka tambahan akibat terbentur, tertusuk, atau terkena panas yang tidak terasa. Pastikan tidak ada benda, batu, atau kerikil pada alas kaki anda sebelum menggunakannya.

  1. Mengatasi infeksi

    Pencegahan dan pengobatan infeksi pada luka dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, kelembapan, serta perawatan yang steril. Anda dapat menghubungi dokter untuk penggunaan antibiotik apabila luka anda bernanah, berwarna kekuningan ataupun merembes. Atau dapat juga menghubungi spesialis luka terdekat untuk cara merawat luka diabetes terbaik.

    Baca juga : 7 Jenis Luka Diabetes Meilitus dan Masalah Kaki yang sering terjadi

  1. Mengonsumsi nutrisi yang cukup

    Nutrisi merupakan faktor penting didalam proses penyembuhan luka. Penyembuhan luka memerlukan protein seperti putih telur, lemak, daging, karbohidrat dll untuk menunjang penyembuhan luka khususnya luka diabetes. Ingat ya, jangan berlebihan juga.

  1. Segera rujuk bila luka memburuk


    Kami menyarankan perawatan luka di rumah apabila dasar luka berwarna dominan kemerahan. Apabila luka anda berwarna dasar kuning, infeksius, gangrene, ataupun kehitaman nekrosis, segera bawa ke klinik dokter terdekat atau hubungi spesialis perawatan luka diabetes. Jangan sesekali menggunakan obat tanpa resep, obat herbal dll. Sebab, obat tersebut tidak dapat mengangkat jaringan mati, mengatasi infeksi, dan menyerap balutan. Justru akan meningkatkan resiko amputasi.


Informasi lainnya :

7 Alasan penting memilih RUMAH Perawatan Luka Diabetes

Daftar 15 Klinik dan Spesialis Luka Diabetes di Jakarta dan Surabaya

RUMAH Spesialis luka diabetes : Perawatan luka kapan dan dimana saja

Referensi

Diabetic Wound Care. 2016. US : California Podiatric Medical Association

12 Important Steps of Diabetic Foot Care Accesed at : https://vrsga.org/

 

3 thoughts on “Hidup Nyaman dengan Diabetes: 12 Cara Terbaik Merawat Luka Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *