20 Cara Mengobati Luka Diabetes Untuk Cegah AMPUTASI

Cara mengobati luka diabetes sangatlah berbeda dengan pengobatan luka pada umumnya. Luka diabetes dimana lebih lama dari sisi penyembuhan, memerlukan cara efektif agar lekas sembuh serta meminimalkan komplikasi akibat kurang tepatnya pengobatan. Berikut 20 cara yang penting anda perhatikan untuk mengobati luka diabetes.

Tenang dan tidak panik

Bila anda mengalami luka diabetes yang tak kunjung sembuh, kami sarankan agar anda tetap tenang. Bahkan ketika anda di vonis untuk Amputasi, anda juga tetaplah harus tenang. Kenapa? Karena 60%-80% luka diabetes dapat diobati. Dengan perawatan yang tepat, luka diabetes dapat diobati menuju gerbang kesembuhan.

Baca Juga : Apakah Luka Diabetes Bisa Sembuh? 60%-80% Bisa Sembuh

Tidak gegabah dalam menggunakan obat luka

Cara mengobati luka diabetes dengan benar

Cara mengobati luka diabetes disini tidaklah gegabah. Kami sangat menekankan pada anda, jangan mudah terkecoh dengan obat-obatan herbal pengering luka, salep yang tidak anda kenal sebelumnya ataupun sudah terdaftar dalam BPOM. Pastikan anda melakukan review produk dan membedakan antara realistis dan pemanis.

Kondisi yang dapat dirawat

Kami mewaspadai pada anda bahwa tak semua kondisi luka dapat ditangani sendiri. Bila luka anda berwarna kekuningan, merembes, bernanah, atau kehitaman anda wajib menghubungi paramedis atau perawat luka terdekat. Sayangi diri anda dengan tidak memaksakan perawatan yang sebaiknya paramedis untuk menangani.

Pencucian Luka

Gunakanlah cairan infus (NaCl 0,9%) sebagai cairan pencuci luka. Selain dalam kemasan steril, cairan ini mirip dengan cairan tubuh. Sehingga sangat direkomendasikan untuk perawatan. Hindari obat merah ataupun kuning, sebab obat tersebut memiliki efek merusak jaringan sekitar luka.

Baca Juga : Perawatan Luka Diabetes Benar dan Aman Secara Medis

Penggantian balutan luka

Cara mengobati luka diabetes yang selanjutnya terletak pada penggantian balutan luka. Ingat, penggantian balutan tidak setiap hari dilaksanakan. Sebab bila terlalu cepat mengganti/mencuci luka dapat membuat luka membusuk dan tidak memberikan kesempatan jaringan sehat untuk tumbuh. Dianjurkan setiap 2-3 hari sekali untuk penggantian balutan. Atau segera diganti apabila tampak merembes dan sangat kotor.

Steril dan menjaga kebersihan

Selalu cuci tangan sebelum anda melakukan perawatan. Selain itu usahakan alat yang anda anda sterilkan. Bila anda belum memiliki alat sterilisasi, alat untuk perawatan setelah digunakan langsung dicuci menggunakan sabun lalu di rebus hingga mendidih untuk membunuh bakteri atau kuman yang ada pada alat.

Pentingnya nutrisi

Nutirisi atau makanan yang anda konsumsi harus terjaga dan mengikuti program diet untuk penyakit diabetes. Luka akan sembuh bila asupan nutrisi dan oksigen optimal sampai pada area luka. Cara mengobati luka diabetes yang baik juga ditunjang dengan asupan nutrisi yang baik

Baca Juga : Perawatan luka diabetes pasca operasi yang penting diketahui

Konsumsi obat gula darah

Kestabilan gula darah merupakan faktor penting. Cara mengobati luka diabetes apapun tidak akan efektif bila gula darah anda tidak terkendali. Asupan nutrisi ataupun oksigen yang dibutuhkan dalam penyembuhan luka tidaklah sampai pada luka bila gula darah anda tidak terkontrol.

Tidak terkontak langsung dengan Air

Air dapat menjadi sumber bakteri dan infeksi pada luka. Luka dan balutannya tidak boleh mengenai ataupun kontak langsung dengan air dalam kondisi apapun. Luka akan lebih mudah terinfeksi yang nantinya memperlama proses penyembuhan luka bila ini terjadi.

Menjaga kelembapan luka

Kelembapan luka dapat anda jaga  dengan memastikan durasi perawatan. Luka tidak boleh terlalu basah ataupun terlalu kering selama perawatan. Umumnya dianjurkan berkisar antara 2-3 hari sesuai kondisi saat ini.

Baca Juga : Perawatan Luka Lembab (Moist), Modern, dan Terkini

Balutan Luka Modern

Balutan modern merupakan cara mengobati luka diabetes dimana memerankan fungsi balutan yang sesuai dengan kondisi anatomi ataupun gambaran luka. Metode ini menggunakan balutan khusus yang dapat menyerap cairan luka, menjaga kelembapan, ataupun mengangkat jaringan mati.

Pengangkatan jaringan mati

Jaringan mati pada luka dapat berupa nanah, slough, ataupun jaringan yang nekrosis. Jaringan ini harus dibuang dan diangkat agar jaringan sehat dibawahnya segera tumbuh. Bila tidak diangkat, jaringan mati ini menjadi jalan untuk penyebaran dan komplikasi infeksi pada luka.

Baca Juga : 7 Jenis Luka Diabetes Meilitus dan Masalah Kaki yang sering terjadi

Olah raga ringan

Olah raga ringan sebagai cara mengobati luka diabetes

Untuk melancarkan sirkulasi dan supplai oksigen yang baik untuk luka anda. Cara mengobati luka diabetes salah satunya dengan cara optimalisasi aliran darah dan oksigen menuju luka dengan olahraga ringan. Anda dapat berjalan kaki, senam ataupun yoga yang sekiranya tidak membahayakan pada luka anda.

Penggunaan alas kaki

Menggunakan alas kaki kemanapun anda berada dapat mengurangi resiko terjadinya luka. Luka seringkali tidak disasari terjadi akibat menurunnya fungsi persyarafan pada diabetisi. Akibatnya luka terjadi dengan kondisi komplikasi yang sudah sangat parah.

Baca Juga : Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

Kurangi stres

Stres dapat mengurangi optimasi penyembuhan luka. Stres membuat kualitas hidup manjadi semakin buru, tidak percaya diri, minder mengenai luka yang memiliki bau tidak enak. Mengurangi stres dapat meningkatkan kualitas hidup, melancarka sirkulasi peredaran darah, serta kesehatan secara keseleuruhan.

Konsumsi protein

Protein merupakan elemen dari nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh khususnya dalam penyembuhan luka. Dianjurkan bila anda mengalami luka diabetes, untuk mengkonsumsi protein seperti putih telur dimana kaya protein setiap hari.

Cek gula berkala

untuk memantau cara mengobati luka diabetes

Pemeriksaan gula darah penting

Pemeriksaan gula darah secara rutin sangatlah dianjurkan. Kadar gula yang tinggi selain berbahaya juga memperlambat penyembuhan luka. Gula darah yang tinggi  perlu di normalkan dengan mengkonsumsi obat gula yang di resepkan oleh dokter. Pemeriksaan berkala dapat mengetahui secara dini kondisi gula darah agar penanganan pada luka lebih optimal.

Spa kaki diabetes

Spa kaki dapat memperlancar aliran darah disekitar kaki, rekalsasi, dan merangsang fungsi persyarafan agar lebih aktif dalam menerima rangsangan. Kegiatan ini dianjurkan bila luka anda telah menutup agar tidak kembali terjadi luka.

Baca Juga : Spa Kaki Diabetes : Cegah Amputasi Sejak Dini

Hindari trauma

Trauma langsung seperti tersandung, terbentur ataupun jatuh dapat memperburuk kondisi luka. Diupayakan untuk menggunakan sendal khusus atau alas kaki diabetes untuk mencegah terjadinya trauma langsung pada luka.

Segera rujuk bila kondisi ini terjadi

Cara mengobati luka diabetes yang telah disampaikan diatas dapat anda lakukan dirumah. Namun bila luka anda semakin meluas, berwarna kehitaman, merembes tiada henti, barbau kian tidak mengenakan atau terasa nyeri hebat segera rujuk dan bawa ke pusat layanan kesehatan terdekat ataupun anda dapat melaksanakan perawatan luka di rumah (Homecare) oleh spesialis luka diabetes Caredise.

Direview tanggal: November 1, 2018 | Terakhir Diedit: November 1, 2018

Top Artikel :
RUMAH Spesialis luka diabetes : Perawatan luka kapan dan dimana saja

Klinik luka diabetes dan kanker panggilan ke rumah (Homecare)

7 Alasan penting memilih RUMAH Perawatan Luka Diabetes