7 Balutan Luka Modern Ampuh yang Wajib Perawat Tahu

Balutan luka modern merupakan jalan untuk penyembuhan luka lebih optimal. Sebelumnya perawatan luka hanya sebatas mencegah luka dari infeksi, menjaga kelembapan luka, serta kontak dari benda asing pada luka secara langsung. Balutan luka modern dapat memberikan manfaat seperti mengobati infeksi pada luka, menyerap cairan, mengangkat jaringan mati serta menjaga kelembapan luka. Berikut akan kami ulas 7 jenis balutan luka modern yang wajib perawat tahu.

Baca Juga : Toko Pusat Balutan Luka Modern Lengkap 

Balutan luka modern lengkap

Teknologi perawatan luka

Manfaat balutan modern

Berbicara mengenai penyembuhan luka, balutan luka menentukan lama tidaknya proses penyembuhan luka, jumlah biaya perawatan yang dibayarkan serta jumlah kunjungan ke klinik. Semakin tepat balutan luka modern, penyembuhan dan penghematan biaya perawatan akan bisa dipangkas.

Jenis balutan modern

Balutan luka modern menyesuaikan dengan kondisi terkini pada luka. Oleh karena itu balutan luka modern ini bervariatif bentuk, manfaat dan tujuan diberikannya.

Baca Juga : Cara mengobati luka sendiri dengan aman

1. Hydrocolloid

Dessing jenis ini merupakan balutan yang dapat diaplikasikan pada luka bakar, nekrotik, venus ulcer dll. Balutan ini dapat membuat kondisi disekitar luka tetap lembab, mencegah infeksi serta mudah dalam penggunannya.

balutan luka modern hydrocolloid

Hydrocolloid

2. Hydrogel

Balutan ini dapat digunakan pada luka yang tidak ada cairannya, luka nyeri, luka tekan, donor, ataupun luka bakar derajat kedua. Balutan luka modern ini di desain untuk mengurangi infeksi, mengurangi nyeri, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Balutan luka modern dengan hydrogell

Contoh Hydrogel

3. Alginate

Calsium Alginate dapat diaplikasikan pada luka dengan cairan yang banyak. Balutan luka modern ini menyerap cairan yang ada pada luka. Balutan ini dapat diganti setiap 2 hari sekali. Apabila justeru terlalu sering mengganti balutan luka, luka akan menjadi kering dan bakteri akan lebih mudah menginvasi luka.

Baca Juga : Obat Luka Diabetes Alami : Aman dan Lekas Sembuh

4. Collagen

Balutan luka modern ini dapat diberikan pada luka seperti luka dekubitus, luka kronik, ulkus dll. Balutan ini memacu sel agar lebih cepat proses pembentukannya serta memiliki peranan memacu tumbuhnya pembuluh darah pada sekitar luka. Dengan begitu, peyembuhan luka bisa lebih cepat.

5. Foam

Jnis balutan ini dapat digunakan pada luka dengan tingkat keparahan yang lebih luas atau berbahaya bagi penderitanya. Foam dapat menyerap cairan, nanah yang bercampur bakteri serta menjaga kelembapan luka agar lebih cepat dalam penyembuhan luka.

Balutan luka modern dengan foam

Foam

Baca Juga : Homecare Perawatan Luka

6. Transparant Dressing

Balutan luka modern yang digunakan agar luka dapat terlihat dan di monitor. Balutan ini juga sebagai pencegah infeksi. Biasanya digunakan pada luka pasca operasi, operasi sesaria, atau luka bakar.

7. Cloth

Cloth merupakan balutan yang paling umum digunakan. Balutan ini dapat digunakan pada luka tergores, lecet atau cidera minor. Balutan ini dapat dihemat dan dibentuk/dipotong sesuai dengan ukuran atau kebutuhan luka.

Manfaat penggunaan balutan

Penelitian review dimana  membandingkan antara perawatan luka konvensional dengan perawatan menggunakan balutan modern khusunya pada 5.690 luka (Luka ulkus kaki, luka diabetes dan luka tekan) pada tahap pertama dan 22.492 luka di tahap kedua didapatkan bahwa durasi rata-rata kesakitan pada  perawatan luka konvensional selama 12,4 bulan sedangkan pada perawatan luka modern 10,4 bulan. Durasi perawatan rata-rata dihabiskan pada perawatan luka konvensional selama 113 hari, sedangkan pada penggunaan balutan modern hanya 109 hari (K Hayer et al, 2012).

Cara mendapatkan

Caredise sebagai provider penyedia balutan luka modern menyediakan balutan terlengkap, harga terjangkau serta pengiriman se-Indonesia dimanapun anda berada. Kami menawarkan diskon khusus untuk anda yang berminat menjadi distributor kami di setiap wilayah se-Indonesia. 

 

Top Artikel :

Perawatan Luka Modern: 7 Informasi Lengkap dan Terbaru

Toko Balutan Luka Modern di Indonesia

Perawatan Luka Lembab (Moist), Modern, dan Terkini

Source :
https://www.clhgroup.co.uk/