Luka diabetes basah dan Luka diabetes kering. Ini penjelasannya

Di Indonesia, diabetes sudah bukan merupakan penyakit yang asing di telinga termasuk luka diabetes basan dan luka diabetes kering. Diabetes basah dan diabetes kering adalah dua istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kondisi penyakit ini. Tapi tahukah Anda apa arti masing-masing istilah tersebut?

Baca Juga : Obat Luka Diabetes Alami : Aman dan Lekas Sembuh

Istilah dalam kedokteran

Di dalam dunia kedokteran, istilah diabetes basah dan luka diabetes kering sebenarnya tidak ada. Sesungguhnya, penyakit ini hanya terbagi menjadi diabetes tipe-1 dan diabetes tipe-2. Masyarakatlah yang ‘menciptakan’ istilah diabetes basah dan luka diabetes kering untuk menggambarkan kondisi luka (gangrene) pada penderita. Luka tersebut merupakan komplikasi dari kondisi kesehatan yang sudah ada. Ini termasuk pada diabetes tipe-1 dan tipe-2.

Baca Juga : Perawatan Luka Diabetes Benar dan Aman Secara Medis

Luka diabetes kering

Pada diabetes kering, luka terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah akibat hiperglikemia berkepanjangan yang menyebabkan sirkulasi darah terganggu dan luka menjadi sulit sembuh. Ini karena darah membawa oksigen dan nutrisi ke jaringan di sekitar luka, agar luka cepat sembuh. Jika aliran darah terhambat maka oksigenasi ke jaringan sel pun akan terganggu atau bahkan bisa mati.

Luka diabetes basah

Sedangkan yang dimaksud dengan diabetes basah adalah diabetes dengan luka berbentuk basah akibat suatu infeksi. Luka diabetes yang sudah terinfeksi oleh bakteri akan memiliki pus atau nanah di atasnya. Permukaan basah itulah yangakahirnya menimbulkan istilah diabetes basah.

Baca Juga : Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

Perbedaan kondisi

Jadi, perbedaan diabetes kering dan diabetes basah dilihat dari kondisi luka (gangrene) pada penderita diabetes tipe-1 dan tipe-2. Diabetes kering memiliki luka yang berbentuk kering. Sedangkan diabetes basah memiliki luka berbentuk basah, karena nanah (pus) di atasnya.

Baca Juga:

Perawatan Luka Lembab (Moist), Modern, dan Terkini
Perawatan Luka Modern
Pusat Homecare Perawatan Luka Jakarta
Klinik luka diabetes dan kanker panggilan ke rumah (Homecare)

2 thoughts on “Luka diabetes basah dan Luka diabetes kering. Ini penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *