Berikut 10 Fakta Manfaat Pijat Bayi Yang Wajib Anda Tahu

Manfaat pijat bayi sangatlah dibutuhkan oleh bayi khususnya dalam hal kesehatan dan kebugaran bayi anda. Pijat bayi  (Baby massage) merupakan salah satu bentuk pengobatan tradisional terapi sentuh tertua yang dikenal manusia dan yang paling popular. Pijat bayi adalah seni perawatan di bidang kesehatan dan pengobatan tradisional yang dipraktekan sejak berabad-abad silam (Indah, 2010). Berikut kami ulas secara lengkap mengenai manfaat pijat bayi dan informasi lengkap mengenai pijat bayi.

Baca Juga: Layanan perawatan bayi ke rumah (Homecare)

Mengapa Perlu Pijat Bayi?

Manfaat Pijat Bayi

Pentingnya Pijat Bayi untuk Kesayangan Anda

Sentuhan dan pandangan dengan penuh kasih sayang yang ibu berikan kepada buah hati melalui pijatan akan direspon oleh bayi sebagai bentuk perlindungan, perhatian dan ungkapan cinta kepada bayi, sehingga manfaat pijat bayi (Baby massage) akan menguatkan hubungan ibu dengan anaknya dan mengalirkan kekuatan jalinan kasih antara keduanya.

Tujuan Pijat Bayi

Menurut Ria Riksani dalam bukunya, manfaat pijat bayi berdampak hanya untuk bayi sehat, tapi juga bagi bayi sakit, bahkan bagi anak sampai orang dewasa. Selain itu, pijat menghasilkan banyak perubahan secara fisiologis yang mengutungkan dan dapat diukur secara ilmiah.

Baca Juga: Bayi saya Kuning. Apakah ini Hiperbilirubinemia?

Cara Melakukan Pijat Bayi

cara melakukan pijat bayi

Cara melakukan pijat bayi dengan mudah dan benar

Menurut Alan (2007) pedoman bayi yaitu ada memulai pemijatan bayi, memilih posisi yang tepat dimulai dari bagian depan tubuh bayi, lengan dan tangan, bagian dada, perut, kaki dan telapak kaki lalu usapkan akhir tubuh bayi, punggung, pantat, kaki, kepala dan wajah. Ada beberapa hal yang tidak dianjurkan selama melakukan pijat bayi yaitu, memijat bayi langsung setelah makan atau membangunkan bayi khusus untuk pemijatan

Bahan yang digunakan

Pijat bayi menggunakan minyak bayi/ baby oil, virgin coconut oil (vco), minyak zaitun atau jenis lotion lainnya yang dianjurkan oleh dokter.

Usia yang Tepat Untuk Pemijatan

Image result for baby massage

Hasil yang lebih optimal akan didapatkan jika pemijatan dilakukan sejak bayi lahir dan dilakukan secara teratur hingga bayi berusia 6-7 bulan. Pijat bayi dapat segera dimulai setelah bayi dilahirkan, sesuai keinginan orangtua dengan lebih cepat mengawali pemijatan bayi akan emndapat keuntungan yang lebih besar, terlebih jika pemijatan dapat dilakukan setiap hari dari sejak kelahiran sampai berusia 5-7 bulan (Subakti, 2008).

Baca Juga: Perawat Homecare Terbaik Berkualitas #No1 di Indonesia

Manfaat Pijat Bayi

  1. Membantu perkembangan mental, sosial, dan fisik

Sentuhan cinta Anda padanya membantu ia merasakan kasih sayang dari orangtuanya. Ia juga dilatih untuk menanggapi stimulasi yang Anda berikan melalui sentuhan lembut. Kontak mata selama memijat, membantu kemampuan sosialnya sejak dini.

  1. Bayi lebih rileks

Pijatan lembut pada tubuhnya membuat ia lebih relaks, tenang, dan tidak mudah rewel.

  1. Tidur lebih berkualitas

Manfaat pijat bayi lainnya adalah membuat bayi lebih mudah tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

  1. Bayi lebih jarang menangis

Bayi yang tenang dan cukup tidur lebih jarang menangis. Ia lebih ceria dan siap mempelajari dunia baru di sekitarnya.

  1. Membantu ‘mood’ ibu, meningkatkan hormon oksitoksin

Sindrom baby blues atau stres pasca melahirkan dapat terobati saat ibu memijat bayinya. Perasaan sayang dan gembira saat menatap mata si bayi sambil memijat membuat ibu jadi tenang dan emosi lebih stabil.

  1. Memperkuat ikatan dengan ayah

Bila ayah bekerja seharian di luar rumah, bayi lebih dekat dengan ibunya. Sepulang bekerja, cobalah ayah yang memijatnya dan perkuat ikatan emosi ayah-anak melalui pijatan.

  1. Mendukung kelancaran menyusui

Ketika ibu menyentuh bayi dengan kasih sayang, tubuh memproduksi hormon oksitoksin yang dibutuhkan untuk produksi ASI.

  1. Membantu Atasi Sakit Perut

Pijatan pada bagian tubuh dapat membantu melepaskan gas yang terperangkap di dalam perut, sehingga membantu mengatasi kolik atau sakit perut pada bayi. Selain itu, rasa tenang dan aman bersama orangtua membuatnya lebih tenang dalam menghadapi kolik.

  1. Membantu Bayi Prematur

Pijat bayi dapat meningkatkan berat badan bayi prematur, karena merangsang syaraf-syaraf utama yang disebut syaraf vagus. Syaraf tersebut menghubungkan otak dengan organ-organ penting, termasuk pencernaan. Selain itu, pijat bayi dapat membantu menstabilkan detak jantung dan aktivitas otak.

  1. Membantu bayi yang kuning

Sebuah studi menunjukkan bahwa pijat bayi yang dilakukan pada bayi baru lahir, dapat mempercepat penyembuhan bayi yang lahir dengan jaundice (kuning).

Bagaimana bunda? Apakah ingin mencoba segera untuk pijat bayi? Bila bunda masih ragu, bunda dapat menghubungi tim perawatan bayi homecare Caredise untuk panduan dan cara pijat bayi yang benar di rumah. Cukup bunda menghubungi kami melalui Call Center 0813 8286 9088 di wilayah Jabodetabek dan Surabaya.

One thought on “Berikut 10 Fakta Manfaat Pijat Bayi Yang Wajib Anda Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *