5 Daftar Minuman Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

American Diabetes Association merekomendasikan minuman penderita diabetes melitus untuk memilih minuman dengan kalori rendah bahkan tidak ada kalori sama sekali. Hal ini untuk mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba meningkat drastis setelah minuman itu dikonsumsi.

Minuman Tidak Berkalori

Minuman penderita diabetes yang tidak berkalori sama sekali biasanya tidak akan mempengaruhi kondisi gula darah, sehingga aman untuk para diabetesi. Lalu, apa saja minuman untuk diabetes yang disarankan oleh para ahli? Berikut 5 minuman yang dapat anda konsumsi secara berkala.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Obat Luka Diabetes Aman utuk Anda

Teh Hijau

Teh hijau sebagai minuman penderita diabetes

Teh hijau rendah karbohidrat dan kalori sehingga menjadi salah satu minuman sehat untuk diabetes. Sebuah penelitian mencatat bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua, dan menurunkan tekanan darah. Minuman penderita diabetes ini kaya antioksidan yang membantu menetralisir efek peradangan, melindungi dari penyakit jantung koroner, dan menurunkan risiko diabetes

Jus Pare

Jus pare sebagai minuman penderita diabetes

Meminum jus pare secara rutin sangat baik untuk para penderita diabetes. Jus pare dapat mengobati diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 dengan cara mempengaruhi tubuh agar tidak menyerap glukosa terlalu banyak. Bukan itu saja, jus pare juga dapat mengurangi gula pada kadar urin dan mengontrol kadar gula dalam tubuh. Jus pare ini merupakan minuman penderita diabetes yang cukup mudah untuk dibuat.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes

Air Kelapa

Konsumsi air kelapa sebagai minuman penderita diabetes

Air kelapa diperkaya sederet vitamin, mineral dan asam amino yang baik untuk tubuh. Secangkir air kelapa mengandung 0,1 mg riboflavin, 5,8 mg vitamin C, 57,6 mg kalsium, 60 mg magnesium, 600 mg kalium, 252 mg natrium, dan 0,3 mg mangan yang berkhasiat untuk mengontrol kadar gula darah, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Susu

Susu untuk minuman penderita diabetes

Produk susu rendah lemak bermanfaat untuk penyandang diabetes. Anda harus memastikan susu yang diminum dapat mencukupi nutrisi harian. Susu merupakan salah satu jenis minuman yang sangat baik untuk diabetes. Sebuah penelitian mencatat bahwa produk susu rendah lemak dapat menurunkan kadar glukosa dan mengontrol tekanan darah. Tak hanya itu, susu juga diklaim dapat membantu menurunkan berat badan pada orang dengan diabetes.

Baca Juga: Perawatan Luka Gangren, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Kopi

Kopi untuk minuman penderita diabetes

Menurut sebuah penelitian tahun 2006, meminum kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita remaja dan dewasa. Kopi mengandung senyawa yang disebut asam klorogenat, yang bermanfaat untuk membantu menghambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Selain itu, kopi juga tidak mengandung karbohidrat dan kalori sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tetap Berhati-hati

Untuk penderita diabetes harus hati-hati saat kamu mau menyantap minuman. Oleh karena itu mari sahabat peduli diabetes sejak dini. Ikuti Informasi Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes selengkapnya dapat diakses secara lengkap melalui link dibawah ini.

11 Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes

15 Langkah Senam Kaki Diabetes dan Gambar Untuk Cegah Amputasi

Spa Kaki Diabetes : Cegah Amputasi Sejak Dini

One thought on “5 Daftar Minuman Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *