Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes dan Penyakit Lainnya

Bulan suci Ramadhan telah tiba, seluruh umat muslim di dunia menyambut bulan penuh suci dan berkah ini dengan suka cita. Pada bulan suci Ramdhan, seluruh umat muslim menunaikan puasa selama hampir satu bulan lamanya. Puasa pada bulan Ramadhan adalah perintah wajib yang harus dilaksanakan bagi seluruh umat muslim. Tak hanya kewajiban semata, manfaat puasa dapat juga dapat dirasakan bagi penderita diabetes dan penyakit kronik lainnya.
Baca Juga : Obat Luka Diabetes Alami : Aman dan Lekas Sembuh

Kewajiban Puasa

Puasa bagi umat muslim diartikan sebagai menahan diri dari hal yang dilarang dan diharamkan agama serta menahan makan dan minum serta perbuatan buruk dan dari hal yang dapat membatalkan puasa sesuai syariat islam dalam waktu tertentu. Secara umum, Puasa didefinisikan sebagai periode tubuh menahan atau mengasup semua jenis makanan atau makanan tertentu dalam periode waktu tertentu.
Manfaat puasa untuk kesehatan

Puasa dan manfaatnya bagi kesehatan

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Banyak penelitian serta jurnal yang membahas mengenai manfaat puasa bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai manfaat puasa bagi kesehatan kususnya penderita penyakit diabetes dan kronik lainnya.

  1. Selama puasa, lambung kita dalam keadaan kosong maka makanan lebih mudah diserap sehingga tidak meninggalkan banyak sisa makanan di dalam lambung.
  2. Pada saat berpuasa, organ pencernaan bisa beristirahat selama 14 jam, sehingga organ – organ tersebut beristirahat dari kerja keras.
  3. Pada saat berpuasa, kita dapat mengurangi jumlah kalori yang kita konsumsi setiap harinya. Turunya jumlah asupan kalori berdampak pada turunnya tingkat pertumbuhan hormone yang terkait dengan kanker dan diabetes
  4. Puasa dapat membantu melawan penyebaran sel – sel kanker dan memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor. Hal ini dikarenakan sel – sel kanker dan tumor menjadi semakin lemah karena tidak mendapatkan pasokan nutrisi lewat darah saat tubuh sedang dalam keadaan berpuasa maka sel – sel kanker akan mati dan menghancurkan diri sendiri akibat terus menerus membelah dengann cepat tanpa asupan nutrisi.
  5. Dengan berpuasa tubuh akan mengeluarkan sejumlah besar racun melalui aliran darah, pori – pori dan organ pembuangan.
  6. Puasa efektif membakar lemak, karena gula darah menurun maka tubuh membakar cadangan lemak dibawah kulit.
  7. Puasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan saat berpuasa, terjadi peningkatan sel darah putih secara otomatis meningkatkan kekebalan tubuh.
Manfaat puasa dan kesehatan

Semangat berpuasa

Penelitian Ilmiah

Bagi anda yang menderita diabetes mellitus, manfaat puasa telah diteliti secara ilmiah untuk penderita diabetes. American Diabetes Association Scientific Sessions menemukan bahwa orang-orang dengan gula darah tinggi kronis dapat menghindari risiko terjadinya diabetes dengan cara berpuasa secara berkala untuk menurunkan kadar glukosa dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat puasa bagi penderita diabetes  :

  1. Puasa dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh serta membantu untuk mengatur peningkatan insulin dalam tubuh. Peningkatan glukosa dan insulin dalam tubuh bagi penderita diabetes tipe 2 memiliki pengaruh baik, karena penigkatan tersebut menurunkan resistensi insulin
  2. Pada saat berpuasa, tubuh tetap bekerja membakar lemak. Tubuh juga tidak terlalu banyak menggunakan glukosa sebagai sumber energi, tetapi tetap menggunakan sebagian dari cadangan lemak tubuh sebagai bahan bakar. Penggunaan lemak sebagai bahan bakar inilah yang kemudian memberikan pengaruh puasa bagi penderita diabetes dengan cara menurunkan kadar lemak tubuh dan mengurangi risiko peningkatan kadar kolesterol dan mengontrol resistensi insulin serta risiko diabetes.
  3. Selain dari kesehatan, puasa juga baik bagi kondisi psikis, karena hormon adrenalin akan lebih terkontrol.

Baca Juga : Tips Berpuasa bagi penderita diabetes

Bagi anda penderita diabetes meiltus, puasa memang baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah namun hal ini tetap dipengaruhi dengan asupan makanan yang anda konsumsi selama sahur dan berbuka puasa. Karena makanan yang dikonsumsi sangat mempengaruhi bagi peningkatan kadar gula dalam darah.

Manfaat puasa dan kesehatan

ayo berpuasa dan lebih sehat

Konsultasi akan penyakit

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat puasa bagi kesehatan. Puasa tidak menyebabkan seseorang menjadi lebih sakit atau menderita. Namun, bagi anda yang memiliki penyakit kronis atau sedang dalam masa pengobatan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan untuk memastikan apakah anda masih diperbolehkan berpuasa. Pada dasarnya berpuasa sangat bagus untuk proses penyembuhan dan pencegahan penyakit tserta kesimbangan organ – organ di dalam tubuh kita.

Referensi :

Ardyana, Della. Hubungan Pola Makan dengan Stasus Glukosa Darah Puasa Pasin Diabetes Mellitus Tipe 2 Rawat Jalan di RS PKU Muhamadiyah Suarakarta. Surakarta : Universitas Muahamadiyah Surakarta

Firmansyah, Mohammad Adi. 2015. Pengaruh Puasa Ramadhan pada Beberapa Kondisi Kesehatan. CDK-230/ Vol.42 no. 7. Jakarta : Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *