15 Latihan Fisioterapi Pasca Stroke yang Harus Anda Coba di Rumah

Rehabilitasi dan fisioterapi pasca stroke sangat penting dilakukan untuk memaksimalkan fungsi tubuh dan menjaga kualitas hidup penderita pasca serangan. Fisioterapi pasca stroke dapat dimulai dari aktivitas sederhana yang dapat dilaksanakan secara mudah dirumah. Baik dengan bantuan, ataupun secara mandiri sesuai dengan kondisi terkini.

Baca Juga: 9 Informasi Penyakit Stroke: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Aktivitas Fisioterapi Pasca Stroke

Terdapat 2 aktivitas fisioterapi pasca stroke berdasarkan keperluannya yaitu latihan aktif dan latihan pasif. Latihan aktif dapat dilaksanakan apabila penderita serangan hanya mengalami kelemahan atau penurunan fungsi tubuh. Sedangkan latihan dan fisioterapi pasif dilaksanakan dengan bantuan baik oleh caregiver, perawat, keluarga dll dikarenakan terjadi kelumpuhan (paralysis) pasca serangan. Berikut kami ulas fisioterapi dan latihan pasca stroke.

Knee Extensions

Duduklah diatas kursi yang nyaman, lalu cobalah meluruskan kaki sesuai kemampuan anda. Kemudian turunkan perlahan kakianda menuju lantai. Kemudian ulangi pada kaki sebelah. Aktivitas ini dilakukan 10x hitungan pada masing-masing kaki.

Seated Marching

Tetap pada posisi duduk. Angkat paha dan arahkan sejajar dengan dada. Usahakan anda mengontrol gerakan ini sebaik mungkin secara perlahan. Kemudian turunkan kaki anda perlahan dan ulangi pada kaki sebelah dengan 10x hitungan pada masing-masing kaki.

Knee to Chest

Latihan fisoterapi pasca stroke selanjutnya dilakukan pada posisi terlentang. Posisikan dengan nyaman dan terlentang, kemudian arahkan dan tekuk lutut mengarah pada dada semampu anda. Kemudian turunkan perlahan-lahan. Dengan mengatur nafas, silakan mengulangi pada sisi kaki yang lainnya. Dimana setiap kaki mendapat 10 kali hitungan.

Toe Taps

Pertahankan posisi terlentang, Kemudian angkat kaki kiri dan silangkan diatas kaki kanan yang ditekuk 90 derajat. Pertahankan semampu anda dan turunkan secara perlahan-lahan. Ulangi pada kaki yang lainnya dengan 10 kali hitungan pada masing-masing kaki.

Baca Juga: 8 Fakta Rehabilitasi dan Perawatan Pasca Stroke yang Wajib Diketahui

Tabletop Circle Movement

Satukan kedua jari tangan anda dan peganglah sebuah botol. Kemudian bentuk gerakan melingkar dengan mempertahankan kedua tangan tetap bergandengan. Gunakan tangan yang sehat untuk mengarahkan dalam membentuk lingkaran tersebut. Lakukan perlahan dan semampu anda. Bila memungkinkan, lakukan sebanyak 10x putaran membentuk lingkaran ini.

Unweighted Bicep Curls

Mulailah pada posisi duduk. Tegakan lengan anda 90 derajat secara perlahan  dengan posisi diatas meja. Lalu turunkan secara perlahan. Lakukan sebanyak 10 kali sesuai dengan kemampuan. Latihan ini berfungsi untuk menjaga kekuatan otot bisep dan trisep anda.

Open Arm Movement

Peganglah botol mengguanakan tangan yang terkena serangan stroke. Arahkan lengan untuk membuka kearah sisi samping tubuh sesuai dengan kemampuan anda. Kemudian arahkan kembali untuk menutup dan merapat dengan kedua tangan menjadi satu. Latihan membuka dan menutup ini dapat dilakukan dalam 10 kali hitungan dan disesuaikan dengan kondisi anda.

Weight Bearing Lean

Pertahankan posisi duduk. Angkat dan bebankan tubuh anda pada area lengan yang terkena serangan sembari kaki menahan sanggahan juga. Tahan selama 10 detik. Bila terasa belum memungkinkan seperti tegangan, lemas dll hentikan segera. Setelah 10 detik, arahkan satu tangan anda yang lain untuk menahan tubuh. Lakukan selama 10 detik atau semampu anda.

Baca Juga: Layanan Homecare 24 Jam: Sehat dan Sembuh di Rumah

Tabletop Pushing Movement

Tarulah botol yang berisi air di atas meja. Kemudian doronglah menggunakan punggung tangan yang terkena serangan stroke kearah sisi kanan. Bila sudah di ujung meja, doronglah kembali menggunakan sisi sebaliknya. Usahakan tidak mengankat bahu selama aktivitas ini. Ulanglah kegiatan ini 5 kali hitungan dan sesuai dengan kemampuan anda.

Tabletop Punching Movement

Latihan fisioterapi pasca stroke selanjutnya adalah mendorong botol dengan menggunakan kepalan jari tangan. Tempatkan botol diatas meja lalu dorong dengan tangan yang terkena secara menggenggam. Posisikan lengan tetap pada posisi menempel meja dan tidak terangkat. Ulangi kembali sebanyak 5x dan sesuai kemampuan anda.

Wrist Bend Movement

Taruhlah kedua tangan diatas meja. Lalu regangkan tangan yang terkena serangan menggunakan tangan yang sehat keatas dan kebawah sebanyak 5 kali hitungan sesuai dengan kemampuan anda. Ulangi secara perlahan sesuai dengan kemampuan anda.

Wrist Side Movement

Tempatkan tangan diatas meja. Lalu letakan tangan yang sehat diatas tangan yang mengalami serangan. Lalu arahkan dengan menggerakan pergelangan tangan ke kiri dan kanan sebanyak 10 kali hitungan secara perlahan.

Wrist Curl

Peganglah botol menggunakan tangan yang terkena serangan, lalu sanggah dengan tangan yang sehat. Lakukan gerakan mengangkat dan menurunkan botol keatas-kebawah sebanyak 10 kali sesuai dengan kemampuan anda.

Rolling Movement

Tempatkan botol diatas tangan yang terkena. Lalu genggam dan lepas botol. Lakukan pengulangan latihan ini sebanyak 10 kali sesuai dengan kemampuan anda.

Pen Spin

Letakkan pulpen diatas meja. Lalu putarlah menggunakan jari-jari anda. Usahakan tidak menggerakkan bahu selama anda melakukan gerakan ini. Lakukan dengan cepat sebanyak 15 kali bila memungkinkan dan sesuai dengan kemampuan anda.

Rehabilitasi Pasca stroke

Pemulihan pasca stroke memang memerlukan kesabaran didalam proses memaksimalkan fungsi tubuh untuk kembali seperti sedia kala. Berdasarkan riset terkini, otak memiliki kemampuan untuk recovery seperti sebelumnya sesuai dengan kondisi, keparahan dan intensitas fisioterapi pasca stroke atau latihan yang anda jalani.

Sumber Gambar dan Referensi:

15 Useful Stroke Exercises to Quickly Improve Mobility at Home.2018. US: Flintrehab.com

Stuart, Annie. 2014. Arm and Hand Exercises for Stroke Rehab.US: WebMD

 

Informasi Lainnya:

8 Cara Perawatan Luka Dekubitus Agar Cepat Kering

8 Fakta Rehabilitasi dan Perawatan Pasca Stroke yang Wajib Diketahui

Cara Mengobati Luka Diabetes Tanpa Amputasi &  Cepat Kering

One thought on “15 Latihan Fisioterapi Pasca Stroke yang Harus Anda Coba di Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *