Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Diabetes Melitus

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya, banyak penderita diabetes yang sangat pesimis akan kesembuhan penyakit yang diderita mereka. Banyak pertanyaan yang timbul mengenai penyakit diabetes, salah satunya yang sering muncul adalah apakah diabetes bisa sembuh total? Jawaban yang dapat diperoleh adalah penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan secara total atau menyeluruh. Dapat dikatakan bahwa penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang sifatnya permanen. Meskipun pada akhirnya diabetes tidak dapat disembuhkan, penyakit tersebut dapat ditangani dan dikontrol. Oleh karena itu, dalam kasus ini memberikan beberapa informasi cara mengatasi penyakit diabetes.

Memahami Penyakit Diabetes Melitus

Hasil gambar untuk memahami

Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Pada kondisi tersebut, kadar gula di dalam tubuh penderita diabetes berada dalam kadar yang sangat tinggi. Di dalam dunia medis, kondisi tingginya kadar gula yang terdapat di dalam darah disebut hiperglikemia. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. 

Diabetes melitus merupakan penyakit di mana kadar gula dalam darah meningkat. Hal ini di sebabkan oleh adanya gangguan pada fungsi insulin. Bagi para penderita diabetes melitus, tubuh mereka tidak bisa memproduksi atau merespon hormon insulin yang di hasilkan oleh pankreas. Penyakit diabetes ini mengharuskan bagi setiap penderitanya agar tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat karbohidrat terlalu banyak. Untuk itu para penderita diabetes melitus harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar karbohidrat yang seimbang. Oleh karena itu, orang yang mengalami diabetes melitus sebaiknya menerapkan pola hidup yang sehat serta menjauhi hal-hal yang dapat membuat kadar gula darah naik. Sebab kunci dari hidup dengan diabetes adalah dengan mengendalikan jumlah gula darah. Berikut adalah cara mengatasi penyakit diabetes melitus secara alami yang dapat dilakukan di rumah oleh para penderita untuk mengontrol glukosa dalam darahnya.

Baca juga : 6 Resep Hidup Sehat yang Sering Anda Abaikan

Diet/Pola Makan

Hasil gambar untuk pola makan

Mengatasi penyakit diabetes dengan merencanakan pola makan, adalah hal yang penting untuk dilakukan para penderita diabetes. Salah-salah pilih makanan atau menerapkan pola makan, justru bikin kesehatan Anda jadi sasarannya. Kunci dari menjaga kadar gula darah agar tetap terkontrol atau tetap normal adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, yaitu karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Dapat mengkonsumsi protein dengan bahan organik serta lemak yang sehat.

Inilah beberapa makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes:

  1. Nasi merah
  2. Outmeal
  3. Kacang merah, kacang kedelai dan beberapa jenis kacang-kacangan
  4. Sayur bayam
  5. Popcorn tawar
  6. Daging tanpa lemak
  7. Ikan laut
  8. Brokoli
  9. Dark Chocolate
  10. Ubi Jalar
  11. Tomat

Baca juga : 15 Langkah Senam Kaki Diabetes & Gambar Untuk Cegah Amputasi

Suplemen

Gambar terkait

Anjuran utama untuk penderita diabetes adalah menghindari konsumsi gula dan makanan manis agar kadar gula darahnya selalu terkendali. Oleh karena itu, banyak penderita diabetes yang mengandalkan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya. Suplemen untuk diabetes sebenarnya tidak dilarang, hal ini tergantung kebutuhan dan kondisi masing-masing penderita. Bila memang Anda dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen.

1. Suplemen Chromium

Suplemen yang pertama adalah Chromium yang dapat mengurangi kadar gula di dalam darah. Konsumsi secara teratur setidaknya kurang lebih selama 2 bulan agar anda bisa melihat hasilnya dan jangan lupa untuk mengimbangi pola makan. Karena apabila Anda hanya mengkonsumsi suplemen saja tetapi makanan masih ‘sembarangan’, maka lupakan saja jika Anda ingin gula darah terkontrol.

2. Vitamin

Vitamin E, vitamin B kompleks, coenzyme Q10, dan L-carnitine. beberapa jenis vitamin ini telah diteliti dapat membantu mengontrol gula di dalam darah Anda.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Obat Luka Diabetes Aman utuk Anda

Olahraga

Gambar terkait

Menerapkan olahraga secara rutin sangat penting, apalagi untuk penderita diabetes. Manfaat penting olahraga untuk penderita diabetes adalah membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga gula darah mereka tetap terkendali. Olahraga bagi pemula bisa memulai dengan berjalan cepat paling sedikit 30 menit. Olahraga ini sangat baik untuk membantu metabolisme di dalam tubuh anda.Olahraga lain dapat Anda lakukan dengan bersepeda, berenang dan olahraga aerobik.

Hal-hal yang Perlu di Hindari

Gambar terkait

Walaupun demikian, diabetes merupakan penyakit yang dapat dikelola, asalkan Anda dapat menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat dalam kehidupan Anda
1. Hindari duduk terus menerus dalam waktu lama.

2. Stress dan gejolak emosi yang negatif.

3. Cemas berlebihan

4. Makanan olahan

Atur Pola Istirahat Anda

Hasil gambar untuk pola istirahat

Berdasarkan riset, sebagian besar penderita diabetes memiliki pola tidur yang salah. Dan mereka cenderung kesulitan disaat mengendalikan penyakitya. Dan untuk mensiasatinya, disaat kelelahan maka pejamkan mata dan istirahatkan otak. Kadar gula dapat meningkat hingga 23 persen jika kurang tidur, sehingga mereka harus tidur nyenyak dan mengurangi stress.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *