Manfaat Okra Bagi Penderita Diabetes

Apakah ada manfaat okra bagi diabetesi ?. Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat sulit disembuhkan. Namun, penderitanya bisa mengontrolnya dan menjalani hidup yang sehat. Suntikan insulin bukan satu-satunya cara mengendalikan. Ada cara alami yang bisa mengontrol kadar gula darah anda, yakni okra.

Okra merupakan sayuran yang sangat lunak dan berlendir. Tanaman ini berbentuk panjang dan meruncing di bagian ujungnya, mirip dengan jari-jari lentik wanita. Oleh karena itu, okra juga dikenal dengan sebutan nama Lady’s Finger. Sayuran yang bentuknya seperti cabai ini memiliki rasa seperti terung dan memiliki dua varian yakni okra hijau dan okra merah. Kedua varian okra ini memiliki rasa yang sama dan hanya berbeda warna.

Dalam sebuah studi terhadap tanaman Okra dan pada hewan diterbitkan dalam sebuah Journal of Pharmacy & BioAllied,  ini dilakukan oleh para peneliti dari India dengan menggunakan tikus yang telah diinduksi dengan diabetes. Studi ini menemukan bahwa biji dan kulit dari okra memiliki sifat anti-diabetes yang menyebabkan tikus tetap stabil tingkat-glukosa darah yang memicu perhatian utama dalam semua hewan dengan gejala diabetes, termasuk manusia.
Penelitian mengenai efek okra untuk diabetes menunjukkan bahwa airnya dapat memperbaiki kadar gula darah dari percobaan tikus lab yang mengalami diabetes gestasional. Biji okra yang dipanggang juga telah diteliti dan diketahui memiliki efek positif dalam menurunkan kadar gula darah. Apa lagi manfaat okra untuk diabetes? Berikut kami ulas manfaat okra bagi penderita diabetes.

Baca juga : Cari Tahu ! Perawatan luka Secara Herbal

Manfaat dan Cara Mengonsumsi Okra

Berikut manfaat okra bagi penderita diabetes

  • Menurunkan kadar gula dalam darah.
    Okra banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam tanaman ini banyak ditemukan kandungan berbagai macam mineral, kalium, magnesium, seng, tembaga, fosfor, dan kalsium. Mengonsumsi okra bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah,.
  • Menangkal Stres
    Pengidap diabetes sama sekali tidak disarankan untuk stres, apalagi yang berlangsung dalam jangka waktu panjang. Stres bisa membuat kondisi tubuh semakin memburuk, dan bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula darah. Hal itu sama sekali tidak baik bagi pengidap penyakit diabetes. 
  • Menurunkan Kolesterol
    Pengidap diabetes juga dianjurkan untuk selalu mengontrol kadar kolesterol. Pasalnya, pengidap penyakit ini umumnya juga memiliki tingkat kolesterol yang tinggi dan bisa berdampak buruk pada tubuh. Sangat pengidap diabetes memiliki kadar kolesterol yang tinggi, buka tidak mungkin dampak buruk dan berbahaya bagi tubuh bisa muncul. Nah, mengonsumsi okra bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan memberi manfaat bagi pengidap diabetes. 

Berikut cara mengonsumsi okra untuk penderita diabetes, seperti dilansir laman Boldsky.

• Ambil dua buah okra. Potong kedua ujungnya.
• Getah okra akan keluar. Jangan dicuci.
• Rendam okra dalam segelas air. Diamkan semalam. Jangan lupa tutup gelasnya.
• Pada pagi hari, ambil okra dari dalam air dan minum airnya.
• Getah okra tersebut dapat menurunkan kadar gula darah.

Okra mentah lebih baik dibanding okra yang telah dimasak. Sebenarnya apa yang membuat okra bisa menyembuhkan diabetes. Sayuran berwarna hijau ini merupakan makanan rendah GI (Glycemic Index). Semua penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi makanan rendah GI. Nilai GI okra adalah 20.

Terakhir, okra adalah makanan dengan serat larut. Serat larut sangat penting bagi penderita diabetes untuk mencerna karbohidrat. Okra yang kaya serat larut akan memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mengurangi dampak terhadap kadar gula darah.

2 thoughts on “Manfaat Okra Bagi Penderita Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *