Layanan Homecare 24 Jam: Sehat dan Sembuh di Rumah - Caredise

Layanan Homecare 24 Jam: Sehat dan Sembuh di Rumah

Sekilas Tentang Layanan Homecare

Layanan kesehatan Homecare adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien di rumahnya, dimana befokus pada asuhan keperawatan individu dengan melibatkan keluarga , dengan tujuan menyembuhkan, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan fisik, mental/ emosi pasien di rumah. Homecare diharapkan menjadi solusi masalah kesehatan saat ini.

Baca juga: Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

Bagaimana Pelaksanaan Homecare?

Perawatan kesehatan di rumah (Homecare) merupakan salah satu jenis dari  perawatan jangka panjang (Long term care) yang dapat diberikan oleh tenaga profesional maupun non profesional yang telah mendapatkan pelatihan. Homecare merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan adalah suatu komponen rentang pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka.

Homecare bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan serta memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit termasuk penyakit terminal, preventif ataupun masalah kesehatan yang memerlukan pengobatan (kuratif).

Siapa pelaksana/petugas layanan Homecare?

Tim perawatan homecare

Menurut American of Nurses Association (ANA), layanan homecare merupakan perpaduan perawatan kesehatan masyarakat dan ketrampilan teknis yang terpilih dari perawat spesialis luka yang terdiri dari perawat komunitas, perawat gerontologi, perawat psikiatri, perawat maternitas dan perawat medikal bedah dll. Tak hanya itu, layanan homecare juga dapat dilaksanakan oleh dokter, fisioterapi, bidan, ahli gizi, dan caregiver.

Baca Juga: Layanan Caredise (Homecare)

Penjelasan Mengenai Homecare

  1. Perawatan dirumah merupakan lanjutan perawatan dari rumah sakit yang sudah termasuk dalam rencana pemulangan (discharge planning ) dan dapat dilaksanakan oleh perawat, dokter, bidan dll dari rumah sakit semula, oleh perawat komunitas di mana pasien berada, atau tim keperawatan khusus yang menangani perawatan di rumah.
  2. Perawatan di rumah merupakan bagian dari asuhan keperawatan keluarga, sebagai tindak lanjut dari tindakan unit rawat jalan atau puskesmas.
  3. Pelayanan kesehatan berbasis dirumah merupakan suatu komponen rentang keperawatan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka, yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit termasuk penyakit terminal.
  4. Pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien individu dan keluarga, direncanakan, dikoordinasikan dan disediakan oleh pemberi pelayanan yang diorganisir untuk memberi pelayanan di rumah melalui staf atau pengaturan.

Apa alasan pentingnya Homecare?

Perawatan Homecare

Pentingnya perawatan homecare sebagai solusi masa kini

Homecare adalah layanan kesehatan yang luas dari pelayanan sosial yang ditawarkan pada lingkungan rumah untuk memulihkan ketidakmampuan dan membantu keluarga yang menderita penyakit kronis seperti halnya beberapa kasus berikut ini:

  1. Kasus-kasus penyakit terminal dianggap tidak efektif dan tidak efisien lagi apabila dirawat di institusi pelayanan kesehatan. Misalnya pasien kanker stadium akhir yang secara medis belum ada upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai kesembuhan
  2. Keterbatasan masyarakat untuk membiayai pelayanan kesehatan pada kasus-kasus penyakit degeneratif yang memerlukan perawatan yang relatif lama. Dengan demikian berdampak pada makin meningkatnya kasus-kasus yang memerlukan tindak lanjut keperawatan di rumah. Misalnya pasien pasca stroke yang mengalami komplikasi kelumpuhan dan memerlukan pelayanan rehabilitasi yang membutuhkan waktu relatif lama,
  3. Manajemen rumah sakit yang berorientasi pada profit, merasakan bahwa perawatan klien yang sangat lama (lebih 1 minggu) tidak menguntungkan bahkan menjadi beban bagi manajemen,
  4. Banyak orang merasakan bahwa dirawat inap di institusi pelayanan kesehatan membatasi kehidupan manusia, karena seseorang tidak dapat menikmati kehidupan secara optimal karena terikat dengan aturan-aturan yang ditetapkan,
  5. Lingkungan di rumah ternyata dirasakan lebih nyaman bagi sebagian klien dibandingkan dengan perawatan di rumah sakit, sehingga dapat mempercepat kesembuhan

Baca juga: Perawatan Kehamilan dan Nifas

Tujuan dari Layanan Homecare

Layanan Homecare secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga secara nyaman, aman dan mudah di rumah. Selain itu tujuan khusus homecare dapat meliputi:

  1. Membantu keluarga memelihara atau meningkatkan status kesehatan dan kualitas hidupnya,
  2. Meningkatkan keadekuatan dan keefektifan perawatan pada anggota keluarga dengan masalah kesehatan dan kecacatan,
  3. Menguatkan fungsi keluarga dan kedekatan antar keluarga,
  4. Membantu klien tinggal atau kembali ke rumah dan mendapatkan perawatan yang diperlukan, rehabilitasi atau perawatan paliatif,
  5. Biaya kesehatan akan lebih terkendali.

Masalah Kesehatan yang Memerlukan Homecare

Homecare

Masalah kesehatan yang dapat di tangani di rumah

Menurut Rice R (2001) jenis kasus yang dapat dilayani pada perawatan kesehatan di rumah meliputi kasus-kasus yang umum pasca perawatan di rumah sakit dan kasus-kasus khusus yang di jumpai di komunitas. Kasus umum yang merupakan pasca perawatan di rumah sakit adalah:

  1. Penyakit gagal jantung,
  2. Gangguan oksigenasi dan pernafasan,
  3. Klien dengan luka kronis (Luka diabetes, kanker, dekubitus dll)
  4. Permsalahan fungsi perkemihan,
  5. Pemulihan kesehatan atau rehabilitasi,
  6. Memellukan terapi cairan infus di rumah,
  7. Masalah pada fungsi persyarafan (Stroke)
  8. Penyakit khusus seperti HIV/AIDS.

Sedangkan kasus dengan kondisi khusus, meliputi :

  1. Post partum dan prematuritas,
  2. Gangguan kesehatan mental,
  3. Kondisi usia lanjut,
  4. Kesehatan kehamilan,
  5. Peningkatan kesehatan ibu dan anak

Baca Juga: Spesialis Luka Diabetes JABODETABEK: Berikut 15 Terbaik

Prinsip Layanan Homecare

Prinsip layanan homecare

Perawatan Homecare Melayani Sepenuh Hati

  1. Pengelolaan homecare dilaksanakan oleh tim perawatan
  2. Mengaplikasikan konsep sebagai dasar mengambil keputusan dalam praktik.
  3. Mengumpulan data secara sistematis, akurat dan komrehensif.
  4. Menggunakan data hasil pemeriksaan dalam menetakan diagnosa keperawatan.
  5. Mengembangkan rencana perawatan didasarkan pada diagnosa medis.
  6. Memberi pelayanan prepentif, kuratif, promotif dan rehabilitaif.
  7. Mengevaluasi respon pasien dan keluarganya dalam intervensi keperawatan
  8. Bertanggung jawab terhadap pelayanan yang bermutu melalui manajemen kasus.
  9. Memelihara dan menjamin hubungan baik diantara anggota tim.
  10. Mengembankan kemampuan profesional.

Cara Mudah Menggunakan Layanan Homecare

Caredise sebagai provider penyedia layanan perawatan Homecare memfasilitasi anda untuk mendapatkan layanan ini. Anda dapat melakukan pemesanan langsung melalui Hotline 0813-8286-9088 via WhatsApp, Sms, ataupun telepon langsung. Layanan homecare Caredise menjangkau wilayah Jabodetabek, Surabaya, dan Sidoarjo. Mari sehat, sembuh di rumah dengan layanan homecare terbaik.

 

TOP Artikel:
Perawatan luka diabetes pasca operasi yang penting diketahui

7 Cara Perawatan Luka Diabetes Terbaik, Aman &  Lekas Sembuh

Bagaimana cara perawatan luka kanker yang benar?