Kenali Kondisi dan Cara Merawat luka - Caredise

Kenali Kondisi dan Cara Merawat luka

Tahukah kalian kondisi dan cara merawat antara satu luka dengan luka lainnya berbeda. Perbedaan ini tergantung pada kondisi luka, warna, ataupun tingkat keparahan luka. Pertolongan pertama yang tepat adalah menyesuaikan dengan kondisi luka yang ditemukan.

Perawatan luka memiliki prinsip utama untuk menjaga kelembaban. Hal ini beralasan karena tidak merusak jaringan sehat dan mempercepat penyembuhan luka. Luka juga memiliki 3 karakteristik yaitu kering, lembab dan basah. 

Dari 3 karakteristik luka tersebut harus dibuat lembab mengingat pada kondisi lembab luka akan sembuh secara optimal. Berikut cara merawat luka pada berbagai kondisi:

Merawat Luka kering

Luka kering yaitu luka yang tidak mengeluarkan cairan/rembesan. Luka ini harus dilembabkan supaya tidak merusak jaringan sehat. Cara merawat luka pada tahap ini bertujuan untuk membuat kondisi luka yang awalnya tampak kering menjadi lembab. Berikut langkahnya:

a. Memilih jenis balutan yang mampu memberikan kelembaban.

b. Gunakan balutan yang memiliki daya serap rendah sehingga luka tidak menjadi kering.

c. Kurangi seringnya penggantian luka.

MerawatLuka lembab

Luka lembab merupakan kondisi luka dimana tidak terlalu basah, ataupun tidak terlalu kering. Inilah kondisi ideal dimana cara membersihkan luka pada kondisi ini yaitu dengan mempertahankan kelembaban.  Berikut langkahnya :

Pertahankan balutan luka yang telah digunakan supaya tidak menjadi kering ataupun basah.

Baca juga : 5 Alasan Luka Diabetes Sulit Sembuh dan Cara Mengobati Borok Luka

Merawat Luka basah

Yang dimaksud luka basah ini adalah luka dengan cairan luka yang banyak dan terjadinya rembesan pada balutan. Cara merawat luka pada kondisi ini yaitu mengurangi kelembaban pada luka yang basah. Berikut langkahnya :

a. Menggunakan jenis balutan yang memiliki daya serap yang lebih banyak seperti foam.

b. Meningkatkan durasi penggantian balutan luka.

Segera rujuk apabila luka belum ada perbaikan selama beberapa hari, timbul cairan seperti nanah atau rembesan, nyeri tak kunjung hilang, bengkak, ataupun disertai respon infeksi seperi demam, lemas, dan kelelahan. 

Baca juga : Perawat Luka Homecare, Klinik, & Bisa Dipanggil Ke Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please wait...

Penawaran Spesial untuk Anda

Dapatkan informasi terkini perawatan aman di rumah, promo, diskon seputar layanan Homecare setiap saat dengan berlangganan informasi. Gratis