6 Hal Penting Kehamilan Sehat Sampai Persalinan. Bunda Wajib Baca

Menjaga kehamilan sehat sampai persalinan memanglah sangat penting untuk keutuhan kehamilan maupun kesehatan janin dalam kandungan. Adapun beberapa hal yang bisa dilaksanakan untuk menjaga kesehatan saat hamil.

Pemenuhan Nutrisi

kehamilan sehat dan nutrisi

Kehamilan sehat memerlukan nutrisi yang cukup

Kebutuhan nutrisi saat kehamilan sangatlah menunjang dimana pada kondisi saat hamil, asupan nutrisi yang ibu butuhkan 2x lipat lebih banyak daripada sebelum hamil. Mengingat asupan nutrisi disalurkan melalui placenta untuk mencukupi kebutuhan perkembangan janin. Selain itu penting juga mengkonsumsi makanan yang beragam berupa sayur dan buah, daging, karbohidrat. Selain itu konsumsi gula maupun garam juga tidak berlebihan. Tak jarang poin ini menjadi pembahasan utama khususnya dalam menjaga kehamilan sehat dan bugar.

Tidur dan Istirahat

kehamilan sehat dan tidur

Tidur dan istirahat sangatlah penting untuk kesehatan kehamilan

Ibu hamil dianjurkan untuk tidur minimal 6-7 jam saat malam hari. Dianjurkan juga tidur siang jika memungkinkan. Selain itu, posisi tidur lebih baik mengarah ke arah kiri sisi tubuh.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kesehatan kehamilan dan PHBS

Sudahkah bunda menggosok gigi 2-3 kali sehari?

Menjaga kebersihan diri selama kehamilan dapat dimulai dari cuci tangan sebelum makan dan setelah BAB/BAK. Menggosok gigi secara teratur minimal 2x sehari. Mandi 2x sehari. Rajin membersihkan area kemaluan dan payudara, mengganti pakaian setiap hari serta memeriksakan gigi pada dokter gigi jika ada masalah. Perilaku hidup bersih dan sehat ini menjaga kehamilan sehat dan mencegah terjadinya infeksi.

Aktivitas dan Olahraga

Kehamilan sehat dan olahraga

Olahraga yang cukup untuk kehamilan sehat dan bugar

Ibu hamil dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari pada umumnya, namun penting untuk memperhatikan kondisi fisik dan janin dimana aktivitas tersebut tidak membuat ibu kelelahan ataupun kegiatan yang membahayakan kehamilan. Selain itu, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengikuti latihan senam kehamilan sesuai instruksi petugas kesehatan.Aktivitas olahraga ini selain meningkatkan kehamilan dan janin tetap sehat, juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh bunda.

Kelas Kehamilan Sehat

Kelas kehamilan dan kesehatan

Kelas kehamilan bersama lebih ceria, update, dan berbagi informasi

Dianjurkan untuk mengikuti kelas kehamilan, dimana ibu dapat berbagi informasi mengenai kehamilan, sharing akan kondisi terkini kehamilan, nifas, perawatan anak dll. Ibu hamil dianjurkan minimal 4 kali pertemuan dimana satu pertemuan dianjurkan untuk diikuti oleh keluarga.

Pemeriksaan kehamilan

Periksa kehamilan berkala untuk memastikan kehamilan tetap sehat

Ibu dianjurkan untuk melaksanakan segera tes kehamilan jika sudah ada pertanda kehamilan dimana salah satunya terlambat datang bulan. Selama kehamilan ibu dianjurkan untuk melaksanakan 4 kali pemeriksaan. Dimana 1 kali pada trimester pertama, 1 kali trimester ke 2 dan 2 kali pada trimester ke 3.  Hal-hal yang perlu diperhatikan selama pemeriksaan untuk memastikan kehamilan sehat bunda tetap terjaga.

Pengukuran Tinggi Badan  dan Berat Badan

Pengukuran tinggi badan cukup sekali dalam kehamilan. Apabila hasil pemeriksaan tinggi badan kurang dari 145 Cm, merupakan faktor resiko panggul sempit dimana diragukan untuk melaksanakan persalinan secara normal. Pengukuran berat badan dianjurkan setiap kali pemeriksaan kehamilan. Berat badan akan bertambah setidaknya1 Kg tiap bulannya.

Pemeriksaan Tekanan Darah

Pemeriksaan tekanan darah pada umumnya memiliki nilai normal 120/80 mmHg. Apabila pemeriksaan tekanan darah didapatkan 140/90 atau lebih, maka dicurigai ibu mengalami hipertensi dalam kehamilan. Perlu pemantauan secara berkala dan konsultasi lanjut dengan dokter mengenai kondisi tersebut.

Denyut Janjtung Janin (DJJ)

Pemeriksaan menggunakan USG

Hasil pemeriksaan denyut jantung janin dapat menjadi indikator kesehatan ataupun gawat janin. Apabila hasil pemeriksaan DJJ dibawah 120 ataupun diatas 160, maka dicurigai ibu mengalami gawat janin dan dianjurkan segera dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA)

LILA merupakan salah satu indikator tercukupnya pemenuhan nutrisi dalam tubuh. Apabila LILA ibu kurang dari 23,5 cm menandakan ibu kekurangan energi kronis (KEK). Pada kondisi ini ibu beresiko untuk melahirkan bayi dalam kondisi berat bayi lahir ringan (BBLR).

Pengukuran Tinggi Rahim

Tinggi rahim ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian pertumbuhan janin dengan usia kehamilan.

Penentuan Letak Janin

Posisi janin pada trimester III dapat diidentifikasi pada bagian bawah janin belum masuk panggul, maka dapat dicurigai adanya kelainan letak/posisi janin ataupun masalah lainnya.

Semoga setelah membaca ini kehamilan sehat bunda terus terjaga dan nantinya dilancarakan menuju persalinan.

Informasi terkini:

Perawatan Kehamilan dan Nifas

WOW! Begini Perekembangan Janin 1-9 Bulan yang Membuatmu Takjub

Kelas Prenatal Care: Happy, Health in Pregnancy

Layanan Homecare 24 Jam: Sehat dan Sembuh di Rumah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *