Jangan Sepelekan ! Luka Harus Lembab.

Luka yang kering dikatakan lebih cepat sembuh. Padahal menurut pakar, bahwa luka lembab lebih cepat sembuh. Karena itu sebaiknya luka harus dijaga kelembabannya.

Berdasarkan sejarah dan informasi perawatan luka yang telah dipelajari, membuktikan bahwa luka yang lembab dua kali lebih cepat sembuh daripada luka yang kering. Selain itu, resiko infeksi juga bisa dikurangi dengan perawatan luka yang lembab. (Shah, 2010)

Sayangnya, di Indonesia masih ada yang salah kaprah tentang perawatan luka. Salah satunya adalah membiarkan luka dalam kondisi kering. Itu biasanya terjadi karena penggunaan balutan luka (dressing) yang tidak tepat sehingga justru seringkali menimbulkan luka baru saat pelepasan atau penggantian dressing.

Baca juga : Ayo Berkunjung ke Klinik Perawatan Luka KLINIKA

Jadi bagaimana menjaga luka agar tetap lembab? Berikut kami ulas cara menjaga luka agar tetap lembab.

  1. Membiarkan balutan tidak dibuka dalam beberapa hari karena membantu dalam proses penyembuhan awal luka tidak terganggu.
  2. Memilih balutan luka sesuai dengan kebutuhan luka.
    1. Pada luka yang kering dibuat menjadi lembab dengan balutan luka seperti Hydrogel, Hydrocolloid, Zink Cream dan Transparant Film. Ingat kassa tidak boleh menjadi balutan utama yang menyentuh luka karena dapat merusak jaringan sehat pada luka yang sudah bagus.
  • Pada luka yang lembab dipertahankan keadaan lingkungannya supaya jaringan sehat yang sudah tumbuh tidak rusak.

Baca juga : Perawatan Luka Lembab (Moist), Modern, dan Terkini

  • Pada luka yang basah/banyak cairan dapat menggunakan balutan yang mampu menyerap cairan, sehingga jaringan yang sehat tidak terbawa cairan luka. Contoh balutannya seperti Calcium Alginate dan Polyurethan Foam.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembaban luka agar proses penyembuhan terjadi lebih cepat. Perawatan luka dengan menjaga kelembaban dapat dilakukan dengan menggunakan dressing yang tepat dan lebih modern. Makanya, metode ini sering disebut sebagai modern dressing.

Referensi
Fatmadona, Rika dan Oktarina, Elvi. (2016). Aplikasi modern wound care pada perawatan luka infeksi di rumah sakit pemerintah kota padang. Vol. 12 (2).
Shah, J.B. (2012). The history of wound care. The journal of the american college of certified wound specialists.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *