Don’t Lose Hope. 9 Langkah Utama Bila Divonis Penyakit Kanker

Penyakit Kanker merupakan sebuah kata yang membuat seseorang sangat terkejut bila disematkan baik pada diri sendiri, kerabat ataupun keluarga terdekat. Tidak hanya terkejut secara psikis atau emosional, secara spiritual ataupun fisik juga dapat terganggu.

Kejadian Kanker di Indonesia

Kematian akibat penyakit tidak menular sangatlah tinggi di indonesia yang mencapai 73% dari total penyebab kematian. Berdasarkan data dari badan kesehatan dunia (WHO) tahun 2016, penyakit kanker telah membunuh sebanyak 12% penduduk Indonesia.

Baca Juga: 6 Cara Memberi Dukungan Pada Penderita Kanker

Saatnya Membuat Rencana

Stres dan depresi adalah dua hal negatif yang dirasakan setiap orang yang telah terdiagnosa menderita kanker oleh dokter. Diagnosa kanker mungkin akan menyebabkan perubahan hidup yang besar dan membuat Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan agar hari-hari ke depan bisa jauh lebih baik. Berikut 9 hal yang dapat anda upayakan bila anda terdiagnosa penyakit kanker.

Mulailah Mengatur Buku Catatan

Hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan buku catatan khusus yang berisi jadwal pengobatan, kontak dokter onkologi, atau daftar pertanyaan yang ingin anda tanyakan pada dokter seputar penyakit kanker yang anda alami. Usahakan anda membuat daftar pertanyaan sebelum konsultasi selanjutnya dilaksanakan.

Kontrol Stress/Depresi

Riset sudah membuktikan bahwa kondisi emosional seseorang memainkan peranan yang sangat signifikan dalam kondisi kesehatan fisik kita. Stress terus-menerus membuat imunitas atau kekebalan tubuh anda semakin melemah. Oleh karena itu, penyakit lainnya juga akan lebih mudah untuk menginvasi tubuh anda bila stres atau depresi secara berlarut.

Baca Juga: Perawatan Luka Kanker dan Cara Mengobati Paling Lengkap

Mengumpulkan Informasi

Cobalah untuk mengumpulkan informasi tentang penyakit kanker yang anda derita. Tetapi akan lebih baik lagi jika anda telah membuat daftar pertanyaan seputar diagnosa kanker anda seperti misalnya: jenis kanker apa, dimana, bagaimana kanker menyebar, perlu atau tidak menjalani perawatan, jika iya perawatan apa saja, efek perawatan dan lainnya.

Bergabung dengan Support Sosial

Terkadang, setelah diagnosa kanker, anda mungkin menarik diri dari teman-teman dan keluarga. Atau karena merasa tidak punya harapan hidup, anda acuh terhadap komunikasi yang dibangun oleh dokter atau siapapun. Menjaga komunikasi dua arah dengan orang-orang terkasih dapat membantu anda menjadi rileks. Jika memungkinkan, carilah komunitas penyakit kanker di kota anda, berbicara dengan sesama penderita kanker juga bisa memompa semangat.

Mencari Second-Opinion

Pengobatan kanker sangatlah kompleks, memungkinkan setiap dokter yang satu dengan yang lainnya mempunyai rencana yang berbeda dalam pengobatan. Tetaplah berusaha mencari opsi dan jawaban-jawaban yang membuat anda semakin yakin dan tenang dari dokter yang sesuai.

Baca Juga: Klinik Luka Diabetes dan Kanker Panggilan ke Rumah (Homecare)

Menjalani Pengobatan

Bila anda telah yakin dan menemukan jawaban paling membuat anda tenang, segera ikuti program yang dokter sarankan sesegera mungkin. Umumnya pengobatan kanker meliputi pembedahan, radiasi, kemoterapi, ataupun imunoterapi.

Menyiapkan Pembiayaan atau Jaminan

Mengingat pembiayaan kanker tidak sebentar dan murah, kami tetap menyarankan anda untuk segera memiliki asuransi atau jaminan kesehatan minimal BPJS Kesehatan segera mungkin. Hal ini untuk meringankan dan membantu anda memenuhi biaya pengobatan penyakit kanker yang anda alami.

Olahraga dan Aktivitas Fisik

Peran olahraga sangat diperlukan untuk membuat anda lebih rileks dan bugar. Usahakan kegiatan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, atau senam bila memungkinkan.

Menjaga Pikiran Tetap Positif

Selalu berfikir positif pada diri anda. Penyakit datang sebagai ujian, dan manusia harus mampu bersabar dan berusaha untuk menemukan cara dan usaha terbaik untuk melewati ujian ini. Konsultasi dengan psikolog atau psikiater bila anda terus mengalami perasaan sedih, stress, atau depresi secara berkelanjutan. Selain itu, berdoalah dan dekatkan diri pada sang pencipta agar diberikan ketenangan dalam hidup.

 

Top Artikel: 

Homecare Perawatan Luka Jakarta: PUSAT RUJUKAN LUKA NO#1

10 Hak Konsumen Homecare Perawat yang WAJIB Anda Tahu

Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

 

 

 

3 thoughts on “Don’t Lose Hope. 9 Langkah Utama Bila Divonis Penyakit Kanker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *