MIA Sahabat Diabetes: Asisten Virtual Penderita Diabetes di Indonesia

MIA Sahabat Diabetes: Asisten Virtual Penderita Diabetes di Indonesia

Mia sahabat diabetes merupakan kawan bagi diabetisi untuk hidup lebih sehat dan bahagia. Kita tahu bahwa penderita diabetes setiap tahunnya kian meningkat drastis. Berdasar data dari riset kesehatan dasar Kemenkes tahun 2018, penderita diabetes yang tercatat melebihi angka 10% dari total penduduk diatas usia 15 tahun.

Tantangan Hidup Diabetesi

Kendala yang ditemukan pada penderita diabetes adalah kesulitan para diabetesi untuk mengontrol gula darah yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti tidak rutinnya minum obat atau lupa minum obat. Bukan main-main, angka ketidakpatuhan minum obat atau injeksi insulin ini mencapai angka 91% (Riskesdas, 2018).

Baca Juga: Cara Merawat Orang Tua Diabetes

Penderita diabetes dituntut untuk dapat menjaga pola hidup sehat setiap harinya. Mulai dari asupan makanan yang dikonsumsi, olahraga setiap hari, tidur yang cukup, terhindar dari stres berkepanjangan, serta minum obat sesuai jadwal yang ditentukan oleh dokter.

Sulitnya Mengontrol Gula Darah

Masalah utama yang dihadapi diabetesi adalah menjaga gula darah tetap stabil dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Nyatanya menjalani hidup sehat setiap hari bukan perkara mudah, seringkali menjalani pengobatan ini muncul rasa bosan, kurang motivasi, lelah, putus asa, bahkan depresi. Terkadang masalah ini disimpan sendiri agar tidak membebani keluarga di sekitarnya.

Selain motivasi, informasi yang akurat dan terpercaya bagi diabetesi juga minim sekali untuk didapatkan. Sebut saja soal makanan sehat, takaran gizi, dan menu makanan apa yang harus dimakan setiap hari nyaris belum dapat dijumpai secara detail. Bila melakukan pencarian di Internet, ulasan singkatlah yang dapat ditemukan. Bila anda akan memesan catering khusus setiap hari, tentunya bukan biaya yang murah. Akibatnya diabetesi mengkonsumsi makanan yang ala kadarnya, mengira-ngira dan eksperimentatif.

Minimnya Pilihan Solusi

Bila anda kontrol untuk berobat ke rumah sakit, klinik, atau puskesmas tentunya waktu yang tersedia sangatlah terbatas. Diabetesi mungkin berobat 1 bulan sekali untuk kontrol dan menjalani pengobatan dimana waktu tatap muka dengan petugas medis berkisar 15-30 menit.

Baca Juga: Rumah Spesialis Luka Diabetes Jabodetabek

Sisanya setelah pulang berobat atau kontrol inilah para penderita diabetesi mengalami kesulitan untuk konsultasi, menjaga pola hidup sehat setiap hari, tepat waktu minum obat, serta bagaimana mengatasi kecemasan yang terus-menerus karena penyakit.

MIA Sahabat Sekaligus Solusi

MIA sahabat diabetes merupakan program yang dibentuk dengan tujuan menjadi asisten virtual pada penderita diabetes. MIA diharapkan  dapat menjadi sumber informasi berkesinambungan dari sumber terpercaya, teman curhat, pengingat untuk minum obat serta mendampingi diabetesi untuk hidup sehat dan bahagia.

Apa yang MIA Bisa Lakukan?

Sahabat diabetes MIA akan memudahkan anda untuk menjaga kesehatan serta menyediakan referensi terpercaya untuk anda. Berikut beberapa hal yang dapat MIA fasilitasi untuk penderita diabetesi.

Informasi Kesehatan

Berbeda dengan informasi kesehatan pada umumnya. Informasi kesehatan yang MIA bagikan lebih interaktif, terpercaya dan lengkap. Informasi kesehatan ini terdiri dari pembahasan mengenai topik diet sehat, komposisi gizi, menu makanan sehat sehari-hari, daftar bahan herbal alami, perawatan luka, klinik terdekat dan informasi mengenai olahraga untuk diabetesi.

Curhat Harian

MIA sahabat diabetes akan menanyakan pada anda bagaimana perasaan anda setiap hari. Lalu MIA akan mengarahkan anda untuk mendapat tindak lanjut atas kondisi terkini yang anda hadapi. Anda juga dapat chat secara langsung dengan mia, berkonsultasi, dan berbagi perasaan atau kendala yang anda alami selama pengobatan secara gratis.

Tantangan Hidup Sehat

Fitur ini merupakan fitur yang cukup unik bagi diabetesi. Diabetesi ditantang untuk menjaga kesehatan. Diabetesi akan mendapat poin bila berhasil menjaga kesehatan sesuai waktu dan jenis tantangan yang diberikan. Setiap poin dapat ditukarkan dengan reward menarik dan bermanfaat untuk kesehatan anda.

Jenis Obat dan Reminder

Menu ini memungkinkan anda untuk update jenis obat yang anda konsumsi. Kemudian, MIA sahabat diabetes akan mengingatkan anda setiap saat sesuai dengan waktu yang anda tentukan. Hal ini untuk meminimalkan terjadinya  lupa minum obat pada penderita diabetes.

Pencarian Khusus

Anda dapat melakukan pencarian secara langsung melalui MIA seputar klinik diabetes terdekat, cara perawatan luka, informasi obat herbal serta menu makanan sehat sehari-hari.

Hidup Sehat Milik Anda

Saatnya diabetesi kembali optimis untuk meraih hidup sehat dan bahagia bersama MIA sahabat diabetes. MIA sahabat diabetes ini dapat diakses secara gratis kapan saja melalui platform FB Messenger. Atau untuk petunjuk dan informasi selengkapnya anda dapat menghubungi Call Center 0813-8286-9088. Salam sehat untuk kita semua


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *