Makanan Sehat: Jenis Makanan, Porsi, & Cara Memasak Terlengkap

Makanan Sehat: Jenis Makanan, Porsi, & Cara Memasak Terlengkap

Makanan sehat merupakan salah satu penentu kesehatan kita hari ini. Sering kita mendengar istilah ”you are what you eat” . Hal ini menjelaskan bahwa apa kita makan menentukan terhadap kondisi tubuh ataupun kesehatan.

Makan bertujuan bukan hanya sebatas mengenyangkan semata. 

Makan dicukupi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan. Makanan sehat sebaiknya memenuhi unsur karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral seimbang. Mengigat tak ada satupun makanan yang mampu memenuhi semua unsur tersebut. 

Daftar Makanan Menyehatkan

Makanan sehat yang mudah untuk ditemukan

Sebenarnya tak sulit untuk menemukan makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Makanan berikut ini selain bergizi, menyehatkan, juga bisa menjadi penentu program diet. 

  • Telur. Merupakan sumber protein dan nutrisi lengkap yang sangat dibutuhkan tubuh. Telur sangat berperan dalam proses metabolisme serta menjaga fungsi tubuh tetap optimal. 
  • Ikan. Selain mengandung protein tinggi, ikan banyak mengandung asam lemak tak jenuh (omega, yodium, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zink, taurin, serta coenzyme Q10) dimana bermanfaat untuk menigkatkan kesehatan dan tidak menimbun lemak tubuh. 
  • Buncis dan wortel. Jenis sayuran ini mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit berbahaya. Tak hanya itu, buncis dan wortel mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Cukup direbus, sudah bisa dijadikan untuk camilan sehat. 
  • Dada ayam. Dada ayam mengandung protein tinggi, rendah lemak, dan kalori. Dianjurkan untuk dikukus ataupun direbus agar kandungan gizi didalamnya bisa dinikmati secara optimal. 
  • Sayuran Hijau. Beberapa sayuran hijau seperti  brokoli, sawi, bokcoy, selada, dan bayam dapat dijadikan makanan andalan untuk diet dan menjaga kesehatan.

Porsi Makanan 

Image result for porsi makanan depkes

Selain pengaturan jenis makanan sehat yang akan dikonsumsi, porsi makanan juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Dalam satu piring untuk dewasa dianjurkan ⅔ sayuran, ⅓ buah-buahan, ⅔ makanan pokok, dan ⅓ sayuran. 

Setiap hari tubuh membutuhkan asupan protein nabati 2-3 porsi, protein hewani 2-3 porsi, makanan pokok 3-8 porsi, sayuran 3-5 porsi, buah 3-5 porsi dan minum air mineral minimal 8 gelas.

Prinsip Gizi Seimbang 

Dalam pemenuhan makanan sehat dan gizi seimbang, harus dibarengi dengan beberapa hal lainnya seperti membiasakan makan makanan yang beraneka ragam, menjaga pola hidup bersih, pentingnya pola hidup aktif dan olah raga, dan timbang berat badan secara teratur.

Waspadai Garam & Gula 

Ada beberapa makanan yang perlu dibatasi jumlah konsumsinya seperti garam dan gula. Gula tidak lebih dari 50 gr (4 sendok makan); Garam tidak melebihi 2000 mg natrium/sodium atau 5 gr (1 sendok teh), dan untuk lemak hanya 67 gr (5 sendok makan minyak). 

Untuk memudahkan mengingat rumusannya adalah G4 G1 L5. Gula yang berlebihan dikonsumsi dapat memicu penyakit diabetes tipe II sedangkan garam yang berlebih dapat memicu terjadinya hipertensi dan stroke.

Cara Memasak 

Agar gizi yang terkandung dalam makanan sehat anda tidak rusak atau hilang, cara memasak makanan perlu diperhatikan. Utamakan makanan dimasak dengan cara dikukus, direbus atau menggunakan mikrowave. Hindari terlalu sering memasak makanan dengan dipanggang ataupun digoreng mengingat zat pemicu kanker/karsinogenik berawal dari sini. 

Bila anda menyukai masakan dengan metode tumis, minyak goreng dapat diganti dengan minyak zaitun sebagai salah satu alternatif. 

Referensi: 

Sehat Berawal Dari Piring Makanku. 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan diakses pada 30/06/2019 12.17 

Menurut Ahli Gizi, Ini 5 Makanan Ini Terbaik Jadi Menu Diet Kamu. 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan diakses pada 30/06/2019 12.17

Baca Juga
Menu Diet Sehat Enak Cepat Menurunkan Berat Badan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please wait...

Penawaran Spesial untuk Anda

Dapatkan informasi terkini perawatan aman di rumah, promo, diskon seputar layanan Homecare setiap saat dengan berlangganan informasi. Gratis