6 Cara Memberi Dukungan Pada Penderita Kanker

Penderita kanker tidak hanya sekedar merasa sakit pada tubuhnya namun juga dapat terganggu kesehatan mentalnya. Bisa saja mereka mengalami stress berat, depresi, emosi yang tidak dapat dikendalikan, dan lebih sensitif. Oleh karena itu, dibutuhkan cara tersendiri untuk memperlakukan atau memberi dukungan penderita kanker.

Baca Juga: Perawatan Luka Kanker dan Cara Mengobati Paling Lengkap

Pentingnya Dukungan 

Dukungan penderita kanker

Pendampingan terhadap pasien kanker dapat mempengaruhi keberhasilan pengobatan kanker. Berbagai penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa pasien kanker yang mendapatkan support dari orang-orang di sekitarnya dapat meningkatkan tingkat  kesembuhan pasien tersebut. Jika Anda memiliki teman, kerabat, ataupun keluarga yang menderita penyakit kanker, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat mereka merasa lebih baik.

Mencari Informasi Penyakit

Persiapkanlah diri Anda dengan mencari tahu mengenai jenis penyakit kanker yang dideritanya. Dengan mengetahui informasi sebanyak-banyaknya mengenai penyakit yang dideritanya, ini akan membuat Anda lebih siap dan tidak kaget jika melihat keadaannya ketika sakit.

Posisikan Diri Anda Sebagai Pasien

Penderita kanker biasanya memiliki perubahan fisik, seperti rambut rontok. Oleh karena itu, berusahalah untuk tetap menjadi diri Anda dan memperlakukannya seperti biasa. Berpikirlah bahwa memang tidak ada yang berubah dari hubungan Anda dengan teman/kerabat anda tersebut, sehingga teman Anda tidak merasa dibedakan dengan yang lain.

Siap Mendengarkan

Mendengarkan

Kemungkinan besar, orang yang Anda kasihi perlu mencurahkan perasaannya​—berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Karena mereka frustasi ketika cita-cita pribadi mereka, seperti mengadakan perjalanan, berkeluarga, melihat cucu-cucu menjadi dewasa sekarang sudah tidak mungkin mereka raih. Mungkin mereka juga khawatir bahwa para sahabat dan kerabat akan menjauh karena takut tidak tahu harus berbuat apa. Perasaan takut menderita, kehilangan kendali atas fungsi-fungsi tubuh, atau meninggal dalam keadaan sendiri bisa juga membebani pikiran mereka. maka penting bagi kita hadir dalam hidup kita untuk mendengarkan apa yang mereka rasakan .

Tunjukkan perhatian Anda

Anda dapat menunjukkan perhatian Anda dengan menemaninya menemui dokter, mendengarkan semua keluh kesahnya, atau bahkan membuatkan dia makanan yang sehat untuk membantu pengobatan penderita kanker.

Membantu Tugas hariannya

Salah satu hal mudah namun sering terlupakan, yang dapat membantu penderita kanker adalah dengan cara menggantikan atau membantunya dalam mengerjakan pekerjaannya sehari-hari. Misalnya menggantikannya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, atau membantunya melakukan pekerjaan rumah. Anda bisa membuat daftar kegiatan apa saja yang biasa dilakukan oleh teman Anda yang bisa dilakukan oleh Anda.

Meluangkan Waktu

Luangkan waktu Anda bersama penderita kanker terlepas dari prognosisnya. Waktu adalah hal paling berharga yang dimiliki oleh penderita kanker. Bawalah anggota keluarga penderita untuk mengunjunginya jika diperbolehkan oleh peraturan fasilitas perawatan. Jangan terpaku terhadap diagnosis yang diterima penderita, tetapi nikmatilah waktu bersamanya dengan berbicara mengenai hal-hal yang normal.

Informasi yang Lainnya

Klinik Luka Diabetes dan Kanker Panggilan ke Rumah (Homecare)

Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

Cara Menentukan Layanan Homecare Perawat yang Tepat

3 thoughts on “6 Cara Memberi Dukungan Pada Penderita Kanker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *