Salah Bantal Mengganggu? Ini 10 Cara Ampuh Untuk Mengusirnya

Salah Bantal Mengganggu? Ini 10 Cara Ampuh Untuk Mengusirnya

Seringkali kita merasakan gejala salah bantal sperti pegal, leher terasa kaku, sakit, dan sulit untuk menoleh. Tak jarang, gejala ini sampai beberapa hari tak kunjung hilang. 

Salah bantal dalam dunia medis dikenal dengan istilah muscle strain (otot yang tegang, otot yang ditarik). Apabila tak ditangani dengan tepat, bisa membahayakan bahkan terjadi kelumpuhan. Berikut 10 cara penanganan salah bantal yang bisa dikerjakan di rumah. 

1. Massage/Pijat

Pijat dapat membuat otot menjadi relaksasi, meredakan nyeri, serta melancarkan peredaran darah. Mintalah bantuan keluarga untuk memijat anda.

2. Peregangan Ringan 

Bila telah terjadi salah bantal, peregangan ringan pada leher dapat dilaksanakan contohnya seperti menarik kepala miring kanan dan kiri serta dorong ke depan dan belakang, masing-masing lima hitungan secara perlahan-lahan. 

3. Istirahatkan Segera

Bila salah bantal terjadi, sebaiknya anda mengistirahatkan dan tidak membebani otot yang berhubungan dengan pekerjaan yang berat, mengangkat beban berat atau olahraga yang berlebihan. 

4. Latihan Gerak Bertahap

Setelah anda mengistirahatkan bagian yang diduga mengalami nyeri dalam beberapa waktu, lakukan aktivitas peregangan ringan bertahap agar tidak terjadi kekakuan pada area persendian dan otot.

5. Jangan Memutar Kepala Atau Leher

Memutar kepala atau leher sering dilakukan oleh sebagian orang. Tak hanya itu, menekuk kepala sampai berbunyi juga sering dilakukan. Pada kondisi salah bantal, hal ini perlu dihindari mengingat beresiko dapat menyebabkan cedera pada otot syaraf dan leher. 

6. Pertahankan Postur Ideal

Postur ideal dapat mempengaruhi kondisi dan kesembuhan salah bantal. Hindari posisi yang telalu membungkuk, miring, dll saat bekerja yang sekiranya tidak proporsional. 

7. Kompres 

Kompres dapat dilakukan untuk memperlancar sirkulasi darah, mengurangi nyeri, dan membuat efek relaksasi. Kompres air hangat dapat menjadi salah satu solusi yang mudah dilaksanakan di rumah. 

8. Penggunaan Bantal

Usahakan bantal yang anda gunakan tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Sesuaikan dengan kenyaman anda. 

9. Fisioterapi

Fisioterapi dapat anda jadikan alternatif bila kondisi tak kunjung membaik. Fisioterapi akan memeriksa anda dan memberikan program terapi atau latihan sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan yang anda alami.

Baca Juga: Biaya Fisioterapi Jabodetebek dan Klinik

10. Rujuk Ke Dokter

Normalnya, kondisi ini biasanya terjadi selama tiga hingga tujuh hari. Jika lebih dari itu, harus segera konsultasi ke dokter karena dikhawatirkan ada otot yang cedera atau saraf kejepit yang bisa memicu kelumpuhan pada tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please wait...

Penawaran Spesial untuk Anda

Dapatkan informasi terkini perawatan aman di rumah, promo, diskon seputar layanan Homecare setiap saat dengan berlangganan informasi. Gratis