Nyeri Lutut Tak Kunjung Sembuh dan Cara Alternatif untuk Mengobati

Nyeri Lutut Tak Kunjung Sembuh dan Cara Alternatif untuk Mengobati

Mengalami nyeri lutut pastinya sangat menyebalkan. Apalagi kita yang memiliki intensitas kesibukan dan yang cukup padat. Beberapa dari kita mungkin menganggap biasa masalah pada lutut, namun sebagian orang merasa sangat terganggu karena kesakitan ataupun kekakuan. 

Peyebab Masalah Lutut

Pada beberapa kondisi, nyeri lutut bisa sangat berbahaya dan perlu penanganan segera. Gejala yang ditimbulkan seperti nyeri secara tiba-tiba dan tak tertahankan seperti: 

  • Cedera ACL atau Anterior Cruciate Ligament dimana kondisi ligamen yang menghubungkan antara tulang kering dan paha dapat terjadi robekan. 
  • Adanya penumpukan cairan diatas sendi lutut atau yang dikenal sebagai bursitis.
  • Pertambahan usia dimana dapat menyebabkan penumpukan beban berat pada lutut atau dikenal dengan osteoarthritis. 
  • Pergeseran tulang dan sendi akibat aktivitas. 
  • Masalah kesehatan lainnya seperti asam urat yang tak kunjung mereda.

Pengobatan Masalah Lutut

Pengobatan nyeri lutut alternatif

Nyeri lutut dapat diobati sesuai dengan kondisi dan keparahan masalah yang dialami. Umumnya masalah lutut akan ditangani dengan: 

  • Pemberian obat pereda nyeri seperti analgesik atau NSAID
  • Fisioterapi untuk memulihkan fungsi lutut secara berkala
  • Pembedahan apabila terjadi patah tulang atau robekan pada ligamen 
  • Pengobatan sesuai masalah kesehatan yang dialami seperti asam urat. 

Pengobatan Alternatif 

Selain solusi medis, beberapa pengobatan alternatif untuk mengatasi nyeri lutut dapat berupa hal-hal berikut ini. 

Menejemen Berat Badan & Olahraga 

Olahraga setiap hai dapat mengurangi adanya kekakuan pada lutut. Sedangkan berat badan yang berkurang juga akan menguragi beban dan tekanan pada lutut anda. 

Kompres Dingin 

Pemberian kompres dipercaya dapat meredakan nyeri. Bila nyeri anda akut dan datang secara tiba-tiba, segera lakukan kompres dingin untuk mengurangi nyeri sementara waktu. 

Konsumsi Bahan Herbal 

Jahe dipercaya dapat menjadi pereda nyeri secara alami. Dapat dikonsumsi sementara untuk meredakan nyeri. Bahan lain yang dapat dikonsumsi untuk meredakan nyeri adalah kunyit.

Kunyit mengandung kurkumin, antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari bakteri dan virus yang dapat merusak sel-sel dan jaringan. Kunyit digunakan untuk mencegah peradangan pada orang dengan arthritis.

Modifikasi Aktifitas 

Aktifitas anda baik di rumah ataupun di tempat kerja perlu dimodifikasi untuk mengurangi nyeri pada lutut. Misalnya tidak mengangkat beban yang terlalu berat, tidak melakukan aktivitas yang menambah beban pada lutut, mengistirahatkan sementara waktu anggota gerak serta meninggikan lutut dengan memberi bantalan dibawahnya. 

Layanan Fisioterapi 

Salah satu cara meredakan nyeri lutut adalah dengan fisioterapi. Fisioterapi dapat membantu anda menuju pemulihan fungsi, meredakan nyeri dan tips atau cara supaya menjalani hidup seperti biasa. 

Layanan fisioterapi kini dapat anda pesan melalui Caredise atau menghubungi customer care 0813-8286-9088. Layanan fisioterapi untuk nyeri lutut ini dapat anda pesan melalui layanan ke rumah/home visit.

Baca Juga: Pesan Layanan Fisioterapi ke Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please wait...

Penawaran Spesial untuk Anda

Dapatkan informasi terkini perawatan aman di rumah, promo, diskon seputar layanan Homecare setiap saat dengan berlangganan informasi. Gratis