Cek Yuk ! Makanan Sehat Bagi Diabetesi - Caredise

Cek Yuk ! Makanan Sehat Bagi Diabetesi

Penting bagi diabetesi memilih makanan sehat karena memiliki peran penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah. Tidak hanya itu memilih makanan sehat juga sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Nutrisi menjadi faktor penting dalam menunjang luka agar cepat kering dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Dari beberapa nutrisi yang ada, ada satu nutrisi yang memegang peranan penting, yakni protein. 

Kenapa Harus Protein Makanan Sehat Diabetisi ?

Studi terkini www.suara.com menyebutkan bahwa sarapan protein sangat baik bagi penderita diabetes tipe dua yang kesulitan mengendalikan gula darah. Dalam studi yang dilakukan para peneliti dari Universitas Missouri (MU) itu diketahui, konsumsi protein saat sarapan mampu mengurangi lonjakan gula darah baik saat sarapan dan waktu makan siang.

Ia mengatakan bahwa dalam penelitiannya itu ditemukan mereka yang sarapan lebih banyak protein, respon glukosanya normal setelah makan siang.

“Kami merekomendasikan mengkonsumsi 25 hingga 30 gram protein saat sarapan, sesuai rekomendasi badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA),” jelas Kanaley. (Science Daily).

Manfaat Protein Bagi Penyembuhan Luka

Protein sendiri ragamnya cukup banyak. Namun saat berbicara tentang penyembuhan luka, asam amino adalah jenis protein yang paling dibutuhkan. Asam amino inilah yang memiliki peran meregenerasi sel-sel yang rusak.

Baca juga : Hidup Nyaman dengan Diabetes: 12 Cara Terbaik Merawat Luka Diabetes

Dalam penyembuhan luka sendiri, setidaknya ada 3 proses penting yang terjadi. Ketiganya meliputi pengeringan, penutupan dan penghentian pendarahan pada luka. Untuk melakukan ketiganya, tubuh membutuhkan albumin yang merupakan salah satu komponen dalam asam amino. Dalam proses penyembuhan luka, albumin bekerja sama dengan vitamin K dan beberapa komponen dalam tubuh lainnya, termasuk hemoglobin yang berperan dalam memberi oksigen pada area yang mengalami luka sebagai proses pembentukan sel-sel tunas.

Gambar terkait

Protein yang dipilih sebagai makanan sehat diabetesi

Pilih protein rendah lemak atau tanpa lemak jenuh karena bisa meningkatkan kolesterol buruk yang menyumbat pembuluh darah. Bagi pasien diabetes, apabila terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh bisa memperbesar kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke. Tak hanya itu, lemak jenuh juga meningkatkan daya tahan insulin sehingga kontrol gula darah menjadi lebih sulit.

Baca juga : Makanan Sehat: Jenis Makanan, Porsi, & Cara Memasak Terlengkap

Protein rendah lemak ialah makan ikan salmon, akan lebih baik lagi karena memiliki asam lemak omega-3 lebih banyak. Anda juga bisa makan ikan tuna. Untuk sumber protein nabati, Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan, namun juga harus dibatasi karena mengandung banyak kalori.

Hasil gambar untuk PROTEIN untuk diabetes

Lemak Baik

Lemak yang baik ditemukan dalam buah alpukat, kacang almond atau lemak tak jenuh ganda yang bisa ditemukan di kacang kenari, kuwaci dan minyak bunga matahari yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.
Selain menjaga pola makan, pasien diabetes juga wajib mengontrol berat badannya. Untuk itu, pasien diabetes bisa mengonsumsi produk susu rendah lemak seperti yoghurt. Yoghurt mengandung protein dan kalsium yang tinggi.

Lemak yang harus dihindari

Lemak yang tidak boleh dimakan sangat banyak. Hindari mentega, keju, saus, dan segala makanan yang digoreng. Saat menumis, ganti minyak sayur dengan minyak zaitun. Hindari berbagai makanan berlemak dan bersantan.

Jika Anda menderita diabetes, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan buatan sendiri. Dengan begitu Anda bisa memantau bahan baku dan bahan tambahan apa saja yang akan digunakan dalam makanan untuk Anda konsumsi. Selain jeli dalam memilih makanan untuk penderita diabetes, Anda juga disarankan untuk rutin mengecek kadar gula darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please wait...

Penawaran Spesial untuk Anda

Dapatkan informasi terkini perawatan aman di rumah, promo, diskon seputar layanan Homecare setiap saat dengan berlangganan informasi. Gratis