Caredise https://caredise.com Best of Care, Close to Home Sat, 17 Nov 2018 02:23:40 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 https://caredise.com/wp-content/uploads/2018/05/cropped-icon-png-32x32.png Caredise https://caredise.com 32 32 Don’t Lose Hope. 9 Langkah Utama Bila Divonis Penyakit Kanker https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/terdiagnosa-penyakit-kanker/ https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/terdiagnosa-penyakit-kanker/#respond Sat, 17 Nov 2018 00:15:15 +0000 http://caredise.com/?p=1316 Penyakit Kanker merupakan sebuah kata yang membuat seseorang sangat terkejut bila disematkan baik pada diri sendiri, kerabat ataupun keluarga terdekat. Tidak hanya terkejut secara psikis atau emosional, secara spiritual ataupun fisik juga dapat terganggu. Kejadian Kanker di Indonesia Kematian akibat penyakit tidak menular sangatlah tinggi di indonesia yang mencapai 73% dari total penyebab kematian. Berdasarkan […]

The post Don’t Lose Hope. 9 Langkah Utama Bila Divonis Penyakit Kanker appeared first on Caredise.

]]>
Penyakit Kanker merupakan sebuah kata yang membuat seseorang sangat terkejut bila disematkan baik pada diri sendiri, kerabat ataupun keluarga terdekat. Tidak hanya terkejut secara psikis atau emosional, secara spiritual ataupun fisik juga dapat terganggu.

Kejadian Kanker di Indonesia

Kematian akibat penyakit tidak menular sangatlah tinggi di indonesia yang mencapai 73% dari total penyebab kematian. Berdasarkan data dari badan kesehatan dunia (WHO) tahun 2016, penyakit kanker telah membunuh sebanyak 12% penduduk Indonesia.

Baca Juga: 6 Cara Memberi Dukungan Pada Penderita Kanker

Saatnya Membuat Rencana

Stres dan depresi adalah dua hal negatif yang dirasakan setiap orang yang telah terdiagnosa menderita kanker oleh dokter. Diagnosa kanker mungkin akan menyebabkan perubahan hidup yang besar dan membuat Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan agar hari-hari ke depan bisa jauh lebih baik. Berikut 9 hal yang dapat anda upayakan bila anda terdiagnosa penyakit kanker.

Mulailah Mengatur Buku Catatan

Hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan buku catatan khusus yang berisi jadwal pengobatan, kontak dokter onkologi, atau daftar pertanyaan yang ingin anda tanyakan pada dokter seputar penyakit kanker yang anda alami. Usahakan anda membuat daftar pertanyaan sebelum konsultasi selanjutnya dilaksanakan.

Kontrol Stress/Depresi

Riset sudah membuktikan bahwa kondisi emosional seseorang memainkan peranan yang sangat signifikan dalam kondisi kesehatan fisik kita. Stress terus-menerus membuat imunitas atau kekebalan tubuh anda semakin melemah. Oleh karena itu, penyakit lainnya juga akan lebih mudah untuk menginvasi tubuh anda bila stres atau depresi secara berlarut.

Baca Juga: Perawatan Luka Kanker dan Cara Mengobati Paling Lengkap

Mengumpulkan Informasi

Cobalah untuk mengumpulkan informasi tentang penyakit kanker yang anda derita. Tetapi akan lebih baik lagi jika anda telah membuat daftar pertanyaan seputar diagnosa kanker anda seperti misalnya: jenis kanker apa, dimana, bagaimana kanker menyebar, perlu atau tidak menjalani perawatan, jika iya perawatan apa saja, efek perawatan dan lainnya.

Bergabung dengan Support Sosial

Terkadang, setelah diagnosa kanker, anda mungkin menarik diri dari teman-teman dan keluarga. Atau karena merasa tidak punya harapan hidup, anda acuh terhadap komunikasi yang dibangun oleh dokter atau siapapun. Menjaga komunikasi dua arah dengan orang-orang terkasih dapat membantu anda menjadi rileks. Jika memungkinkan, carilah komunitas penyakit kanker di kota anda, berbicara dengan sesama penderita kanker juga bisa memompa semangat.

Mencari Second-Opinion

Pengobatan kanker sangatlah kompleks, memungkinkan setiap dokter yang satu dengan yang lainnya mempunyai rencana yang berbeda dalam pengobatan. Tetaplah berusaha mencari opsi dan jawaban-jawaban yang membuat anda semakin yakin dan tenang dari dokter yang sesuai.

Baca Juga: Klinik Luka Diabetes dan Kanker Panggilan ke Rumah (Homecare)

Menjalani Pengobatan

Bila anda telah yakin dan menemukan jawaban paling membuat anda tenang, segera ikuti program yang dokter sarankan sesegera mungkin. Umumnya pengobatan kanker meliputi pembedahan, radiasi, kemoterapi, ataupun imunoterapi.

Menyiapkan Pembiayaan atau Jaminan

Mengingat pembiayaan kanker tidak sebentar dan murah, kami tetap menyarankan anda untuk segera memiliki asuransi atau jaminan kesehatan minimal BPJS Kesehatan segera mungkin. Hal ini untuk meringankan dan membantu anda memenuhi biaya pengobatan penyakit kanker yang anda alami.

Olahraga dan Aktivitas Fisik

Peran olahraga sangat diperlukan untuk membuat anda lebih rileks dan bugar. Usahakan kegiatan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, atau senam bila memungkinkan.

Menjaga Pikiran Tetap Positif

Selalu berfikir positif pada diri anda. Penyakit datang sebagai ujian, dan manusia harus mampu bersabar dan berusaha untuk menemukan cara dan usaha terbaik untuk melewati ujian ini. Konsultasi dengan psikolog atau psikiater bila anda terus mengalami perasaan sedih, stress, atau depresi secara berkelanjutan. Selain itu, berdoalah dan dekatkan diri pada sang pencipta agar diberikan ketenangan dalam hidup.

 

Top Artikel: 

Homecare Perawatan Luka Jakarta: PUSAT RUJUKAN LUKA NO#1

10 Hak Konsumen Homecare Perawat yang WAJIB Anda Tahu

Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

 

 

 

The post Don’t Lose Hope. 9 Langkah Utama Bila Divonis Penyakit Kanker appeared first on Caredise.

]]>
https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/terdiagnosa-penyakit-kanker/feed/ 0
Diabetes Pembunuh No 3 di Indonesia. Berikut 6 Cara Mengatasi Prediabetes https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/cara-pencegahan-prediabetes/ https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/cara-pencegahan-prediabetes/#respond Fri, 16 Nov 2018 00:11:17 +0000 http://caredise.com/?p=1309 Prediabetes adalah suatu kondisi kadar gula darah terlalu tinggi untuk dianggap normal, tetapi tak cukup tinggi untuk menjadi diabetes tipe 2. Anda dikatakan sebagai prediabetes jika kadar gula darah puasa berkisar antara 101-125 mg/dL atau jika tingkat gula darah dua jam setelah tes toleransi glukosa adalah antara 140-200 mg/dL. Tentang Diabetes Diabetes Mellitus (DM) adalah […]

The post Diabetes Pembunuh No 3 di Indonesia. Berikut 6 Cara Mengatasi Prediabetes appeared first on Caredise.

]]>
Prediabetes adalah suatu kondisi kadar gula darah terlalu tinggi untuk dianggap normal, tetapi tak cukup tinggi untuk menjadi diabetes tipe 2. Anda dikatakan sebagai prediabetes jika kadar gula darah puasa berkisar antara 101-125 mg/dL atau jika tingkat gula darah dua jam setelah tes toleransi glukosa adalah antara 140-200 mg/dL.

Tentang Diabetes

Cegah pre diabetes

Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit tidak menular yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin atau karena penggunaan yang tidak efektif dari produksi insulin. Adanya peningkatan gula darah merupakan gejala umum yang tidak bisa terkontrol pada penderita diabetes dan akhirnya akan membawa ke dampak yang lebih serius bagi tubuh. Dilihat dari penyebabnya, DM terbagi menjadi dua tipe yakni, tipe 1 yang disebabkan keturunan dan tipe 2 yang disebabkan gaya hidup.

Baca Juga: 5 Daftar Minuman Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Apakah Obat Prediabetes Sama dengan Diabetes?

Meski prediabetes adalah tahap awal sebelum penyakit diabetes, namun kedua kondisi ini ditangani dengan cara yang berbeda.

Bila Anda sudah mengalami diabetes, maka Anda wajib untuk mengonsumsi obat-obatan pengontrol gula darah. Sementara, jika baru terdiagnosis prediabetes, maka Anda tak terlalu perlu obat-obatan pengendali kadar gula darah tersebut. Anda masih bisa mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Apa Penyebab Prediabetes?

Gejala prediabetes

Para ilmuwan belum menemukan penyebab prediabetes. Namun, beberapa mengindikasikan bahwa gen mungkin berperan dalam meningkatkan faktor risiko, disebabkan oleh malfungsi dalam gen yang mengontrol proses insulin, menyebabkan tubuh tidak mampu mengolah insulin dengan benar. Maka, kadar insulin berkurang, membuat gula menumpuk di dalam pembuluh darah. Lemak berlebih juga mengakibatkan prediabetes.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes

Berikut ini adalah 6 cara aman dan alami untuk turunkan gula darah, bagi Anda yang sudah mengalami prediabetes agar tak jadi diabetes.

1. Makan setiap 3-6 jam sekali

Makan sayur dan buah secara teratur

Sarapanlah dalam waktu satu atau dua jam setelah bangun tidur. Kemudian, makanlah camilan setiap 3-6 jam. Pada dasarnya, jangka waktu tersebut dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan.

Makanlah sedikit saja sebelum Anda benar-benar membutuhkannya sehingga tubuh tidak harus “memikirkan” bagaimana menjaga gula darah tetap stabil. Cara ini ampuh untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah Anda.

2. Perhatikan Porsi Makan

Menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Makan porsi yang lebih kecil dapat membantu Anda mengurangi kalori dan tetap merasa puas.

3. Cukupi Kebutuhan Hidrasi

Cukupi hidrasi dengan konsumsi air

Untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, prioritaskan air putih sebagai sumber utama hidrasi. Ini akan membantu Anda dalam mengurangi kalori cairan yang tidak perlu yang selama ini mengisi tubuh Anda.

4. Menggunakan Herbal

untuk mengendalikan gula darah cukup umum dilakukan oleh pengidap prediabetes. Beberapa herbal yang sering digunakan adalah kayu manis cassia, kromium, coenzyme Q10, ginseng, glucomannan, guar gum, gymnema, magnesium, kaktus pir berduri, kacang kedelai, dan stevia. Walaupun beberapa bahan ini menjanjikan pada tahap awal, tidak ada bukti pasti bahwa terapi alternatif ini efektif.

5. Olahraga secara rutin

Olahraga untuk cegah prediabetes menjadi diabetes

Gaya hidup sedentari alias kurang gerak, hanya akan membuat risiko penyakit diabetes semakin tinggi. Karena itu, mulai sekarang Anda harus membiasakan diri untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Baca Juga: Spa Kaki Diabetes : Cegah Amputasi Sejak Dini

Untuk memulainya, Anda tak perlu langsung melakukan olahraga yang berat, mulailah dari yang mudah seperti berjalan kaki santai di sekitar rumah. Anda juga bisa bersepeda atau berenang. Pastikan bahwa setidaknya Anda berolahraga selama 30 menit dalam satu hari.

6. Rutin Memeriksakan Diri ke Dokter

Untuk tahu, apakah kadar gula darah Anda kembali normal dan tubuh sudah sehat, Anda harus sering-sering memeriksakan diri ke dokter. Jadi, Anda bisa terus memantau kondisi kesehatan Anda.

Top Artikel: 

15 Langkah Senam Kaki Diabetes &  Gambar Untuk Cegah Amputasi

8 Jenis Stres Emosional Penderita Diabetes. Wajib Diketahui !

Klinik Luka Diabetes dan Kanker Panggilan ke Rumah (Homecare)

 

The post Diabetes Pembunuh No 3 di Indonesia. Berikut 6 Cara Mengatasi Prediabetes appeared first on Caredise.

]]>
https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/cara-pencegahan-prediabetes/feed/ 0
6 Cara Memberi Dukungan Pada Penderita Kanker https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/dukungan-penderita-kanker/ https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/dukungan-penderita-kanker/#comments Mon, 12 Nov 2018 23:50:04 +0000 http://caredise.com/?p=1304 Penderita kanker tidak hanya sekedar merasa sakit pada tubuhnya namun juga dapat terganggu kesehatan mentalnya. Bisa saja mereka mengalami stress berat, depresi, emosi yang tidak dapat dikendalikan, dan lebih sensitif. Oleh karena itu, dibutuhkan cara tersendiri untuk memperlakukan atau memberi dukungan penderita kanker. Baca Juga: Perawatan Luka Kanker dan Cara Mengobati Paling Lengkap Pentingnya Dukungan  Pendampingan […]

The post 6 Cara Memberi Dukungan Pada Penderita Kanker appeared first on Caredise.

]]>
Penderita kanker tidak hanya sekedar merasa sakit pada tubuhnya namun juga dapat terganggu kesehatan mentalnya. Bisa saja mereka mengalami stress berat, depresi, emosi yang tidak dapat dikendalikan, dan lebih sensitif. Oleh karena itu, dibutuhkan cara tersendiri untuk memperlakukan atau memberi dukungan penderita kanker.

Baca Juga: Perawatan Luka Kanker dan Cara Mengobati Paling Lengkap

Pentingnya Dukungan 

Dukungan penderita kanker

Pendampingan terhadap pasien kanker dapat mempengaruhi keberhasilan pengobatan kanker. Berbagai penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa pasien kanker yang mendapatkan support dari orang-orang di sekitarnya dapat meningkatkan tingkat  kesembuhan pasien tersebut. Jika Anda memiliki teman, kerabat, ataupun keluarga yang menderita penyakit kanker, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat mereka merasa lebih baik.

Mencari Informasi Penyakit

Persiapkanlah diri Anda dengan mencari tahu mengenai jenis penyakit kanker yang dideritanya. Dengan mengetahui informasi sebanyak-banyaknya mengenai penyakit yang dideritanya, ini akan membuat Anda lebih siap dan tidak kaget jika melihat keadaannya ketika sakit.

Posisikan Diri Anda Sebagai Pasien

Penderita kanker biasanya memiliki perubahan fisik, seperti rambut rontok. Oleh karena itu, berusahalah untuk tetap menjadi diri Anda dan memperlakukannya seperti biasa. Berpikirlah bahwa memang tidak ada yang berubah dari hubungan Anda dengan teman/kerabat anda tersebut, sehingga teman Anda tidak merasa dibedakan dengan yang lain.

Siap Mendengarkan

Mendengarkan

Kemungkinan besar, orang yang Anda kasihi perlu mencurahkan perasaannya​—berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Karena mereka frustasi ketika cita-cita pribadi mereka, seperti mengadakan perjalanan, berkeluarga, melihat cucu-cucu menjadi dewasa sekarang sudah tidak mungkin mereka raih. Mungkin mereka juga khawatir bahwa para sahabat dan kerabat akan menjauh karena takut tidak tahu harus berbuat apa. Perasaan takut menderita, kehilangan kendali atas fungsi-fungsi tubuh, atau meninggal dalam keadaan sendiri bisa juga membebani pikiran mereka. maka penting bagi kita hadir dalam hidup kita untuk mendengarkan apa yang mereka rasakan .

Tunjukkan perhatian Anda

Anda dapat menunjukkan perhatian Anda dengan menemaninya menemui dokter, mendengarkan semua keluh kesahnya, atau bahkan membuatkan dia makanan yang sehat untuk membantu pengobatan penderita kanker.

Membantu Tugas hariannya

Salah satu hal mudah namun sering terlupakan, yang dapat membantu penderita kanker adalah dengan cara menggantikan atau membantunya dalam mengerjakan pekerjaannya sehari-hari. Misalnya menggantikannya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, atau membantunya melakukan pekerjaan rumah. Anda bisa membuat daftar kegiatan apa saja yang biasa dilakukan oleh teman Anda yang bisa dilakukan oleh Anda.

Meluangkan Waktu

Luangkan waktu Anda bersama penderita kanker terlepas dari prognosisnya. Waktu adalah hal paling berharga yang dimiliki oleh penderita kanker. Bawalah anggota keluarga penderita untuk mengunjunginya jika diperbolehkan oleh peraturan fasilitas perawatan. Jangan terpaku terhadap diagnosis yang diterima penderita, tetapi nikmatilah waktu bersamanya dengan berbicara mengenai hal-hal yang normal.

Informasi yang Lainnya

Klinik Luka Diabetes dan Kanker Panggilan ke Rumah (Homecare)

Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

Cara Menentukan Layanan Homecare Perawat yang Tepat

The post 6 Cara Memberi Dukungan Pada Penderita Kanker appeared first on Caredise.

]]>
https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/dukungan-penderita-kanker/feed/ 1
Selain Menenangkan, Berpelukan Juga Membuat Anda Sehat https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/berpelukan-dan-kesehatan/ https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/berpelukan-dan-kesehatan/#respond Mon, 12 Nov 2018 05:15:11 +0000 http://caredise.com/?p=1301 Berpelukan dengan orang yang anda sayangi selain membuat hati tenang, juga memiliki manfaat dari sisi kesehatan. Berikut kami ulas 5 manfaat berpelukan yang akan membuat anda sehat dan bahagia. Merasa Lebih baik Dorongan hormon seperti oksitosin, kortisol,  dan serotonin pada akhirnya dapat membuat seseorang merasa lebih baik. Sehingga dapat membantu seseorang yang merasa stres. Meningkatkan […]

The post Selain Menenangkan, Berpelukan Juga Membuat Anda Sehat appeared first on Caredise.

]]>
Berpelukan dengan orang yang anda sayangi selain membuat hati tenang, juga memiliki manfaat dari sisi kesehatan. Berikut kami ulas 5 manfaat berpelukan yang akan membuat anda sehat dan bahagia.

Merasa Lebih baik

Dorongan hormon seperti oksitosin, kortisol,  dan serotonin pada akhirnya dapat membuat seseorang merasa lebih baik. Sehingga dapat membantu seseorang yang merasa stres.

Meningkatkan Mood dan Bahagia

Serotonin merupakan neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati yang berkaitan dengan depresi. Sehingga ketika seseorang berpelukan berarti suasana hatinya dapat langsung meningkat hanya dengan melakukan tindakan fisik itu.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pelukan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Orang yang tumbuh dalam lingkungan keluarga di mana berpelukan merupakan hal yang penting biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi, karena mereka terbiasa merasa berharga dan dicintai.

Satu Pelukan Setara dengan Meditasi

Pelukan mengajarkan seseorang untuk melepaskan segala beban dan masalah yang sedang dihadapi dan membuat seseorang mengalir bersama energi kehidupan. Dengan berpelukan, Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk mendaftar kelas yoga dan meditasi.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Oksitosin juga menyebabkan seseorang merasa lebih rileks, mengurangi ketegangan dan tingkat hormon kortisol atau yang lebih dikenal dengan hormon stres. Hormon ini bertanggung jawab untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Pelukan dapat menurunkan tingkat ini, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung.

Luangkan Waktu 

Dengan meluangkan waktu untuk memeluk seseorang, meski hanya sebentar, hal itu dapat memberi seseorang merasa tenang dan mengetahui bahwa ada yang mendukung.

Baca Juga:

15 Langkah Senam Kaki Diabetes & Gambar Untuk Cegah Amputasi

Hidup Nyaman dengan Diabetes: 12 Cara Terbaik Merawat Luka Diabetes

6 Resep Hidup Sehat yang Sering Anda Abaikan

 

The post Selain Menenangkan, Berpelukan Juga Membuat Anda Sehat appeared first on Caredise.

]]>
https://caredise.com/informasi-terkini/gaya-hidup/berpelukan-dan-kesehatan/feed/ 0
6 Resep Hidup Sehat yang Sering Anda Abaikan https://caredise.com/informasi-terkini/resep-hidup-sehat/ https://caredise.com/informasi-terkini/resep-hidup-sehat/#respond Mon, 12 Nov 2018 03:49:24 +0000 http://caredise.com/?p=1293 Kesehatan adalah modal utama untuk kita melangkah dan beraktifitas perlu juga resep hidup sehat agar anda bahagia setiap hari. Tanpa kesehatan kita akan kesulitan untuk beraktifitas. Banyak orang yang menginginkan kesehatan namun dalam berpola hidupnya tidak di perhatikan. Menjaga Pola Hidup Untuk mendapatkan kesehatan tentunya anda harus berusaha menjaga pola hidup anda terlebih dahulu. Karena […]

The post 6 Resep Hidup Sehat yang Sering Anda Abaikan appeared first on Caredise.

]]>
Kesehatan adalah modal utama untuk kita melangkah dan beraktifitas perlu juga resep hidup sehat agar anda bahagia setiap hari. Tanpa kesehatan kita akan kesulitan untuk beraktifitas. Banyak orang yang menginginkan kesehatan namun dalam berpola hidupnya tidak di perhatikan.

Menjaga Pola Hidup

Resep hidup sehat dengan menjaga pola makan

Untuk mendapatkan kesehatan tentunya anda harus berusaha menjaga pola hidup anda terlebih dahulu. Karena kemungkinan besar penyakit di sebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Baca Juga: 9 Informasi Penyakit Stroke: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Gambaran Hidup Sehat

Seperti apa sih pola hidup sehat itu? Ya contohnya anda rajin mengkonsumsi buah-buahan misalnya. Nah itu juga sudah merupakan usaha anda dalam menjaga kesehatan. Karena manfaat dari buah-buahan juga bisa membuat tubuh anda sehat. Maka dari itu dengan menerapkan pola hidup sehat, kehidupan kita akan selalu baik dan sehat. Berikut kami ulas resep hidup sehat yang dapat anda lakukan tanpa ribet agar selalu berbahagia.

Menjaga Asupan Makanan

Resep hidup sehat dengan makanan

Resep hidup sehat yang pertama adalah menjaga asupan makanan yang kita konsumsi. Semua orang pasti pernah mendengar makanan 4 sehat 5 sempurna. Yup, menu tersebut telah diteliti oleh para pakar kesehatan, dan dinyatakan sebagai makanan sehat dengan kandungan nutrisi cukup lengkap. Mulai dari kandungan vitamin, protein, serat, sampai mineralnya.

Memilih makanan yang sehat ini hukumnya wajib, baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, menjalani pola hidup sehat, ataupun menambah berat badan.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Orang Tua Sakit

Banyak Minum Air Putih

Minum sebagai resep hidup sehat

Air adalah komponen paling utama dari tubuh manusia. Didalam tubuh ada substansi cairan pada 55 hingga 78 %, bergantung pada ukuran tubuh. Penuhi keperluan air sehari-hari serta tak pernah melupakan rutinitas itu bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan.Air putih dapat menolong tubuh terlepas dari dehidrasi lantaran tiap-tiap sel pada badan memperoleh supply air yang baik hingga berperan dengan maksimal. Resep hidup sehat yang kedua ini mudah, namun sering di abaikan.

Mengurangi Konsumsi Gula

Resep hidup sehat dengan kurangi konsumsi gula

Mengurangi gula membuat tubuh kita memiliki kesempatan untuk membuang racun atau menjalankan detoksifikasi alami. “Dalam dua jam pertama tanpa gula, pankreas akan mulai mengurangi produksi insulin dan hati akan membuang racun di dalamnya,” ujar Marc Alabanza, ahli nutrisi di Massachusetts. Proses ini perlu waktu lebih lama bila kita resisten terhadap insulin, misalnya pada penderita pre diabetes di mana tubuh tidak bisa menggunakan insulin dengan efektif. 

Istirahat yang Teratur

Istirahat yang cukup agar sehat

Hal selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah menjaga istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup maka tubuh kita akan kembali segar dan fit tentunya. Jika hal ini di perhatikan maka kemungkinan terjadinya penyakit sangat jarang sekali. Resep hidup sehat khususnya istirahat yang teratur memang perlu kedisiplinan.

Ketika kita kurang istirahat maka kita akan merasakan tidak enak pada badan. Misalnya badan kita menjadi lelah tidak bersemangat dan juga rasa pusing pada kepala. Nah itu semua bisa di sebabkan karena kurangnya waktu istirahat kita.

Baca Juga: 15 Langkah Senam Kaki Diabetes & Gambar Untuk Cegah Amputasi

Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga sebagai tip s hidup sehat

Resep hidup sehat selanjutnya adalah rain berolahraga. Para pakar kesehatan merekomendasikan agar kamu melakukan aktivitas fisik minimal 75 menit tiap minggunya dan mengencangkan otot setidaknya dua hari selama sepekan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa membantumu menjaga kesehatan tubuh. Misalnya seperti jogging, senam, sepeda santai, dan sebagainya. Pilihlah kegiatan yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan. 

Menjaga Kebersihan

Resep hidup sehat

Bakteri dan virus penyebab penyakit banyak berkembang di tempat yang kotor. Membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin bisa menjadi pola hidup sehat yang paling ampuh. Mulailah dengan menjaga kebersihan diri sendiri dulu. Misalnya mandi teratur minimal 2x sehari, sikat gigi setelah makan, membersihkan kamar tidur, dan sebagainya.

Baca Juga: Spesialis Luka Diabetes JABODETABEK: Berikut 15 Terbaik

Jaga Diri = Jaga Kesehatan

Dengan kita cinta pada raga kita sendiri, maka hal yang tercantum di atas harus anda terapkan. Karena jika anda menyayangi diri anda, itu artinya anda harus menjaga tubuh anda agar selalu prima. Dengan mencintai diri sendiri anda akan berfikir panjang sebelum mengkonsumsi hal yang akan membuat anda bahaya. Dengan menerapkan kepedulian dengan tubuh sendiri akan membiasakan anda berpola hidup yang teratur.

Top Informasi:
20 Cara Mengobati Luka Diabetes Untuk Cegah AMPUTASI

11 Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes

Klinik Luka Diabetes dan Kanker Panggilan ke Rumah (Homecare)

The post 6 Resep Hidup Sehat yang Sering Anda Abaikan appeared first on Caredise.

]]>
https://caredise.com/informasi-terkini/resep-hidup-sehat/feed/ 0
5 Daftar Minuman Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi https://caredise.com/informasi-terkini/penyakit-khusus/minuman-penderita-diabetes/ https://caredise.com/informasi-terkini/penyakit-khusus/minuman-penderita-diabetes/#comments Sat, 10 Nov 2018 04:05:01 +0000 http://caredise.com/?p=1285 American Diabetes Association merekomendasikan minuman penderita diabetes melitus untuk memilih minuman dengan kalori rendah bahkan tidak ada kalori sama sekali. Hal ini untuk mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba meningkat drastis setelah minuman itu dikonsumsi. Minuman Tidak Berkalori Minuman penderita diabetes yang tidak berkalori sama sekali biasanya tidak akan mempengaruhi kondisi gula darah, sehingga aman […]

The post 5 Daftar Minuman Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi appeared first on Caredise.

]]>
American Diabetes Association merekomendasikan minuman penderita diabetes melitus untuk memilih minuman dengan kalori rendah bahkan tidak ada kalori sama sekali. Hal ini untuk mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba meningkat drastis setelah minuman itu dikonsumsi.

Minuman Tidak Berkalori

Minuman penderita diabetes yang tidak berkalori sama sekali biasanya tidak akan mempengaruhi kondisi gula darah, sehingga aman untuk para diabetesi. Lalu, apa saja minuman untuk diabetes yang disarankan oleh para ahli? Berikut 5 minuman yang dapat anda konsumsi secara berkala.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Obat Luka Diabetes Aman utuk Anda

Teh Hijau

Teh hijau sebagai minuman penderita diabetes

Teh hijau rendah karbohidrat dan kalori sehingga menjadi salah satu minuman sehat untuk diabetes. Sebuah penelitian mencatat bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua, dan menurunkan tekanan darah. Minuman penderita diabetes ini kaya antioksidan yang membantu menetralisir efek peradangan, melindungi dari penyakit jantung koroner, dan menurunkan risiko diabetes

Jus Pare

Jus pare sebagai minuman penderita diabetes

Meminum jus pare secara rutin sangat baik untuk para penderita diabetes. Jus pare dapat mengobati diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 dengan cara mempengaruhi tubuh agar tidak menyerap glukosa terlalu banyak. Bukan itu saja, jus pare juga dapat mengurangi gula pada kadar urin dan mengontrol kadar gula dalam tubuh. Jus pare ini merupakan minuman penderita diabetes yang cukup mudah untuk dibuat.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes

Air Kelapa

Konsumsi air kelapa sebagai minuman penderita diabetes

Air kelapa diperkaya sederet vitamin, mineral dan asam amino yang baik untuk tubuh. Secangkir air kelapa mengandung 0,1 mg riboflavin, 5,8 mg vitamin C, 57,6 mg kalsium, 60 mg magnesium, 600 mg kalium, 252 mg natrium, dan 0,3 mg mangan yang berkhasiat untuk mengontrol kadar gula darah, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Susu

Susu untuk minuman penderita diabetes

Produk susu rendah lemak bermanfaat untuk penyandang diabetes. Anda harus memastikan susu yang diminum dapat mencukupi nutrisi harian. Susu merupakan salah satu jenis minuman yang sangat baik untuk diabetes. Sebuah penelitian mencatat bahwa produk susu rendah lemak dapat menurunkan kadar glukosa dan mengontrol tekanan darah. Tak hanya itu, susu juga diklaim dapat membantu menurunkan berat badan pada orang dengan diabetes.

Baca Juga: Perawatan Luka Gangren, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Kopi

Kopi untuk minuman penderita diabetes

Menurut sebuah penelitian tahun 2006, meminum kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita remaja dan dewasa. Kopi mengandung senyawa yang disebut asam klorogenat, yang bermanfaat untuk membantu menghambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Selain itu, kopi juga tidak mengandung karbohidrat dan kalori sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tetap Berhati-hati

Untuk penderita diabetes harus hati-hati saat kamu mau menyantap minuman. Oleh karena itu mari sahabat peduli diabetes sejak dini. Ikuti Informasi Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes selengkapnya dapat diakses secara lengkap melalui link dibawah ini.

11 Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes

15 Langkah Senam Kaki Diabetes dan Gambar Untuk Cegah Amputasi

Spa Kaki Diabetes : Cegah Amputasi Sejak Dini

The post 5 Daftar Minuman Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi appeared first on Caredise.

]]>
https://caredise.com/informasi-terkini/penyakit-khusus/minuman-penderita-diabetes/feed/ 1
Call For Freelance Nurses Homecare Batch 6 https://caredise.com/karir/nurses-batch6/ https://caredise.com/karir/nurses-batch6/#respond Tue, 06 Nov 2018 01:07:06 +0000 http://caredise.com/?p=1274 Caredise merupakan provider penyedia layanan Homecare Perawat sejak tahun 2015. Caredise menghubungkan anda perawat/tim kesehatan lainnya kepada pasien yang membutuhkan layanan kesehatan di rumah (Home Care). Kami mengajak anda untuk bergabung bersama tim perawatan Caredise Homecare, dimana keunggulan yang akan anda dapatkan: Income tambahan sebagai perawat homecare visit Waktu yang fleksibel menyesuaikan dengan jadwal dinas […]

The post Call For Freelance Nurses Homecare Batch 6 appeared first on Caredise.

]]>
Caredise merupakan provider penyedia layanan Homecare Perawat sejak tahun 2015. Caredise menghubungkan anda perawat/tim kesehatan lainnya kepada pasien yang membutuhkan layanan kesehatan di rumah (Home Care). Kami mengajak anda untuk bergabung bersama tim perawatan Caredise Homecare, dimana keunggulan yang akan anda dapatkan:

  1. Income tambahan sebagai perawat homecare visit
  2. Waktu yang fleksibel menyesuaikan dengan jadwal dinas
  3. Program bonus kunjungan 
  4. Alat dan kelengkapan perawatan disediakan
  5. Pembagian tarif dan bonus secara transparan

Persyaratan:

  1. Lulusan D3/Ners dari Institusi Keperawatan Terakreditasi
  2. Domisili/tinggal di wilayah Jabodetabek
  3. Memiliki STR yang Aktif
  4. Dapat membawa kendaraan bermotor + Sim C
  5. Diutamakan memiliki skill atau pelatihan keperawatan tertentu (Misal: Perawat Luka CWCCA)

Pendaftaran: 

Program pendaftaran dibuka mulai tanggal 06 November 2018. Anda dapat mendaftarkan diri anda sekarang juga untuk kesempatan bergabung dan mendapatkan income tambahan. Pendaftaran perawat Caredise Homecare GRATIS dan tidak dipungut biaya.


Hubungi kami bila ada kendala melalui Call center via WhatsApp (0895 3380 22122)

The post Call For Freelance Nurses Homecare Batch 6 appeared first on Caredise.

]]>
https://caredise.com/karir/nurses-batch6/feed/ 0
Waspada !!! 7 Tanda Infeksi Luka Operasi yang Perlu Anda Tahu https://caredise.com/informasi-terkini/perawatan-luka/tanda-infeksi-luka-operasi/ https://caredise.com/informasi-terkini/perawatan-luka/tanda-infeksi-luka-operasi/#respond Thu, 01 Nov 2018 06:14:18 +0000 http://caredise.com/?p=1250 Satu minggu setelah tindakan operasi hal yang sangat perlu anda waspadai adalah infeksi luka operasi. Perlu anda perhatikan adanya rembesan pada luka, kondisi balutan ataupun perubahan suhu tubuh. Kejadian Infeksi Pasca Operasi Perlu anda ketahui bahwa 1% – 3% infeksi luka operasi dapat terjadi khususnya dalam rentang waktu 7 hari hingga 1 bulan pertama setelah […]

The post Waspada !!! 7 Tanda Infeksi Luka Operasi yang Perlu Anda Tahu appeared first on Caredise.

]]>
Satu minggu setelah tindakan operasi hal yang sangat perlu anda waspadai adalah infeksi luka operasi. Perlu anda perhatikan adanya rembesan pada luka, kondisi balutan ataupun perubahan suhu tubuh.

Kejadian Infeksi Pasca Operasi

Kejadian infeksi luka operasi

Perlu anda ketahui bahwa 1% – 3% infeksi luka operasi dapat terjadi khususnya dalam rentang waktu 7 hari hingga 1 bulan pertama setelah tindakan operasi dilaksanakan. Infeksi dapat berupa adanya cairan seperti nanah, nyeri, hangat di sekitar luka dan dapat disertai demam.

Baca Juga: Waspada Luka Infeksi, Bisa Jadi Amputasi. Obati Sekarang Juga

Penyebab Infeksi Terjadi

Infeksi pada luka operasi dapat disebabkan oleh adanya kuman atau bakteri. Terdapat 3 Jenis bakteri yang umumnya menyebabkan infeksi luka operasi seperti Staphylococcus, Streptococcus, dan Pseudomonas. Bakteri ini masuk dengan berbagai cara seperti penggunaan alat yang tidak steril, tidak cuci tangan sebelum perawatan, ataupun pada saat penggantian balutan yang tidak tepat.

Derajat Terjadinya Luka Infeksi

Derajat terjadinya infeksi luka operasi

Luka infeksi setelah operasi terdapat 3 tingkatan keparahan meliputi:

Superficial. Infeksi memungkinkan terjadi pada sekitar luka saja. Dapat ditemukan adanya sedikit cairan atau nanah pada luka derajat ini.

Deep Infection. Infeksi telah menginvasi hingga ke area otot ataupun jaringan. Kemungkinan pada jenis infeksi ini luka dapat terbuka kembali.

Organ/Space Infection. Pada tahap ini, rembesan cairan ataupun nanah dapat ditemukan. Kumpulan nanah/cairan (abses) dapat ditemukan di bawah jaringan atau otot.

Baca Juga: Cara mengobati luka sendiri dengan aman

Tanda dan Gejala Infeksi

Tanda dan gejala infeksi luka operasi

Terasa Panas 

Infeksi luka operasi memungkinkan adanya rasa panas pada luka atau jahitan saat tersentuh. Hal ini terjadi karena tubuh mengirimkan sel darah putih dll untuk melawan adanya infeksi.

Bengkak di sekitar luka

Luka operasi dapat terasa mengeras akibat peradangan dibawah kulit.

Kemerahan

Bekas operasi tampak kemerahan khususnya pada area sayatan.Kemerahan adalah hal yang wajar, namun kemerahan yang terus menerus dan meluas di sekitar luka sangat penting untuk diwaspadai.

Rembesan pada Luka

Adanya rembesan menandakan luka infeksi

Rembesan pada luka dapat berupa cairan atau nanah yang keluar dari jahitan. Cairan nanah yang keluar dapat berwarna hijau, kuning, ataupun bening. Bila hal ini terjadi, kemungkinan luka akan terbuka kembali. Segera rujuk.

Nyeri

Nyeri pada luka operasi wajar terjadi. Namun setelah beberapa hari nyeri semakin meningkat waspada akan infeksi. Apalagi setelah anda mengkonsumsi pereda nyeri setelah beberapa hari namun, nyeri tetap meningkat.

Demam

Saat infeksi menyebar, respon sistemik tubuh melalui demam diaktifkan. Anda dapat merasa demam, sakit kepala, ataupun dehidrasi. Suhu tubuh berkisar 36-37 derajat umumnya wajar. Namun waspada bila suhu anda melebihi 38 derajat atau lebih setelah beberapa hari dilaksanakan operasi.

Terasa Lemas

Badan terasa lemas, letih ataupun kekurangan energi akibat peyebaran infeksi. Pada umumnya keletihan ini dapat terjadi. Namun, bila infeksi luka operasi terjadi keletihan ini semakin meningkat setiap hari. Berbeda dengan seseorang yang tidak mengalami infeksi, kebugaran akan meningkat setiap harinya.

Baca Juga: 10 Hak Konsumen Homecare Perawat yang WAJIB Anda Tahu

Resiko Terjadinya Infeksi

Anda beresiko untuk mengalami infeksi luka operasi apabila anda mengidap diabetes yang tak terkontrol, gangguan kekebalan, perokok, obesitas ataupun operasi dilaksanakan melebihi 2 jam.

Mencegah Infeksi Terjadi

Cegah infeksi luka operasi

Bila ingin terhindar dari infeksi luka operasi sebaiknya anda mulai untuk mengontrol gula darah anda, berhenti merokok, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Serta penting untuk menjaga kebersihan dan peralatan untuk merawat luka agar tetap steril. Segera hubungi paramedis bila jahitan luka anda terbuka, mengeluarkan nanah ataupun merembes.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Penderita Luka Diabetes Anjuran Depkes

Mengobati Luka Infeksi

Dokter akan meresepkan antibiotik untuk anda konsumsi. Serta dikolaborasikan dengan perawat luka untuk perawatan. Perawatan luka yang tepat dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi infeksi pada luka. Kebersihan juga mencegah infeksi terjadi kembali seperti mencuci tangan sebelum dan setelah tindakan perawatan.

 

Sumber:

Whitelock, Jennifer. 2017. Signs and Symptoms of an Infection After Surgery.  Verywell Health

Surgical Wound Infection. 2018. US: MedlinePlus

Surgical Site Infection. 2018. US: Jhons Hopkins Medicine

The post Waspada !!! 7 Tanda Infeksi Luka Operasi yang Perlu Anda Tahu appeared first on Caredise.

]]>
https://caredise.com/informasi-terkini/perawatan-luka/tanda-infeksi-luka-operasi/feed/ 0
6 Bahan Alami Mudah di Dapat untuk Mengobati Luka Bakar Ringan https://caredise.com/informasi-terkini/perawatan-luka/mengobati-luka-bakar-ringan/ https://caredise.com/informasi-terkini/perawatan-luka/mengobati-luka-bakar-ringan/#comments Wed, 31 Oct 2018 04:52:09 +0000 http://caredise.com/?p=1239 Kita sering mengalami  dan perlu mengobati luka bakar ringan. Misalnya, terkena tetesan lilin, terciprat air panas atau minyak panas. Alhasil, kulit tampak melepuh dan meninggalkan luka bekas lecet pada kulit. Untuk menghindari luka bakar membekas di kulit, Anda bisa melakukan pertolongan pertama untuk mengurangi rasa nyeri atau panas akibat terbakar. Lalu hal tepat apa yang […]

The post 6 Bahan Alami Mudah di Dapat untuk Mengobati Luka Bakar Ringan appeared first on Caredise.

]]>
Kita sering mengalami  dan perlu mengobati luka bakar ringan. Misalnya, terkena tetesan lilin, terciprat air panas atau minyak panas. Alhasil, kulit tampak melepuh dan meninggalkan luka bekas lecet pada kulit. Untuk menghindari luka bakar membekas di kulit, Anda bisa melakukan pertolongan pertama untuk mengurangi rasa nyeri atau panas akibat terbakar.

Lalu hal tepat apa yang harus dilakukan ketika mengalami luka bakar ringan? Pengobatan apa untuk mengurangi dampak dari luka bakar ringan ? mari kita simak ulasannya.

Jangan Lakukan Hal Ini

Pada sebagian besar orang untuk mengobati luka bakar ringan, mereka akan langsung mengolesi dengan pasta gigi, mentega, minyak atau kecap. Cara ini tentu saja sangat tidak diperbolehkan. Kecap dan minyak akan menutup pori-pori kulit sehingga kulit yang terbakar akan sulit untuk dibersihkan. Selain menyumbat pori-pori kulit pasta gigi yang dirasa dingin justru merupakan bahan kimia yang tidak baik untuk luka bakar. Saat terjadi luka bakar dan langsung diolesi dengan pasta gigi justru akan menambah derajat luka bakar. Luka bakar yang tadinya hanya di permukaan kulit justru akan semakin mendalam.

Penanganan Utama

Berikut langkah utama mengobati luka bakar di rumah untuk derajat yang ringan:

  1. Basuh bagian yang terkena benda panas ataupun tersiram air mendidih dengan air yang mengalir (air keran) kurang lebih 10 sampai 20 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri  yang timbul dan untuk mencegah panas tidak sampai membakar kulit lebih kedalam lagi.
  2. Jangan gunakan air es, karena justru akan merusak jaringan.
  3. Jangan pecahkan kulit yang melepuh dan berisi cairan.
  4. Pakai pakaian yang minim jika luka berada di bagian tubuh tangan ataupun kaki, usahakan luka tidak tergesek oleh pakaian, untuk mengurangi nyeri.
  5. Gunakan salep yang dapat di jual bebas pada apotik untuk luka bakar ringan.

Selain penanganan utama, agar luka anda lekas sembuh beberapa metode berikut dapat anda coba untuk mengobati luka bakar ringan. Namun, pastikan bahan-bahan yang anda gunakan dalam keadaan bersih ya.

Letakkan Tangan di Bawah Air Mengalir

Hasil gambar untuk mencuci luka bakar dengan air keran

Mencuci luka dengan air mengalir

Saat baru terkena cipratan air panas atau minyak panas segera letakan luka di bawah air yang mengalir seperti air keran. Air yang mengalir akan menghentikan luka bakar menyebar hingga kedalam kulit.

Air juga bisa menenangkan syaraf di bawah kulit yang kaget karena mendadak terkontak langsung dengan air panas atau minyak panas.  Aliri luka di bawah air selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Jangan menggunakan air es atau air dingin. Karena dapat memperparah iritasi luka.

Pemberian Mentimun

Mentimun seringkali digunakan sebagai masker untuk kecantikan kulit dan wajah. Selain melembabkan kulit, mentimun ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati bekas luka bakar pada kulit. Berikut adalah cara mengobati bekas luka bakar dengan mentimun:

  1. Pilihlah mentimun yang masih benar-benar segar, lalu cuci sampai bersih.
  2. Blender mentimun tadi hingga halus berserta kulit-kulitnya.
  3. Setelah selesai mandi oleskan ke bagian bekas luka secara merata.
  4. Diamkan sampai mentimun benar-benar kering.
  5. Akhiri dengan membilas memakai air dingin sampai bersih.

Baca Juga : Cara mengobati luka sendiri dengan aman

Gunakan Madu

Gambar terkait

Madu Obat Alami untuk luka bakar

Madu merupakan obat alami yang cukup ampuh untuk berbagai jenis penyakit. Termasuk diantaranya mengobati dan menghilangkan bekas luka bakar. Hal ini dikarenakan madu dapat mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Berikut adalah cara mengobati bekas luka bakar dengan madu:

  1. Sediakan madu alami secukupnya saja.
  2. Bersihkan area luka, lalu oleskan madu tadi secara merata.
  3. Diamkan sampai benar-benar meresap dan kering.
  4. Bilas dengan memakai air dingin sampai bersih.

Lidah Buaya/ Gel Aloevera

Hasil gambar untuk Lidah buaya dan gel aloevera

Lidah Buaya dan Gel Aloevera

Apabila di rumah anda memiliki gel aloevera atau tumbukan lidah buaya bisa juga digunakan untuk menyembuhkan  dan mengobati luka bakar ringan. Tanaman herbal ini dapat membantu melembabkan kulit, mencegah peradangan pada kulit dan mempercepat regenerasi sel. Berikut adalah cara mengobati bekas luka bakar dengan lidah buaya:

  1. Siapkan tanaman lidah buaya yang masih segar, lalu ambil gel di dalamnya.
  2. Setiap selesai mandi oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian bekas luka.
  3. Diamkan kurang lebih selama 1 jam sampai meresap, setelah itu bilas dengan air dingin.

Baca Juga  : Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

Pemakaian Minyak Zaitun

Hasil gambar untuk minyak zaitun

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun atau Olive Oil memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit, termasuk salah satunya dapat menghilangkan bekas luka bakar. Berikut adalah cara mengobati bekas luka bakar dengan minyak zaitun:

  1. Siapkan minyak zaitun secukupnya.
  2. Setiap selesai mandi oleskan minyak zaitun secara merata ke bagian bekas luka. Lalu diamkan sejenak selama 1 – 2 jam agar meresap.
  3. Jika sudah benar-benar meresap bilas dengan air dingin sampai bersih.

Penggunaan Tomat

Hasil gambar untuk tomat

Tomat untuk mengobati luka bakar

Namun ternyata selain sebagai bahan masakan, manfaat buah Tomat juga bisa dirasakan untuk kesehatan salah satunya mengobati luka bakar. Tomat memiliki kandungan zat aktif yang cukup banyak seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Lycopene, Kalium, fosfor, kalsium. Dari kandungan zat aktif tersebut Lycopene merupakan yang tertinggi kandungannya di dalam Tomat. Lycopene dalam Tomat merupakan pigmen alami yang menyebabkan Tomat berwarna merah.

Berdasarkan beberapa penelitian, Lycopene ternyata mampu melindungi kulit yang terbakar dan penuaan kulit yang diakibatkan oleh sinar Ultraviolet (UV). Seorang Profesor dari Newcastle University, Mark Birch-Machin, menyajikan suatu penelitian tentang hal tersebut.

Jika ingin mengobati Luka Bakar menggunakan Tomat silahkan ikuti langkah – langkah berikut.

  •     Ambil beberapa buah Tomat kemudian diiris tipis melintang,
  •     Letakkan atau oleskan pada bagian luka yang sudah memerah
  •     Tahan hinggan air sari tomat mengering
  •     Lakukan setiap tiga kali sehari. Pagi dan sore hari setelah mandi, dan malam hari sebelum tidur.

Semoga informasi ini bermanfaat. Ingat, Sebaik apapun obat yang Anda gunakan jika dalam merawat luka jika tidak benar maka akan membuat luka sulit untuk dikeringkan.

 

Informasi lainnya: 

Pesan Layanan Perawatan Luka di Rumah (Homecare)

Homecare Perawatan Luka: Lekas Sembuh, Hemat & Modern

Homecare Perawatan Luka Jakarta: PUSAT RUJUKAN LUKA NO#1

The post 6 Bahan Alami Mudah di Dapat untuk Mengobati Luka Bakar Ringan appeared first on Caredise.

]]>
https://caredise.com/informasi-terkini/perawatan-luka/mengobati-luka-bakar-ringan/feed/ 1
Cara Menentukan Layanan Homecare Perawat yang Tepat https://caredise.com/informasi-terkini/perawatan-luka/layanan-homecare-perawat/ https://caredise.com/informasi-terkini/perawatan-luka/layanan-homecare-perawat/#respond Wed, 24 Oct 2018 07:42:09 +0000 http://caredise.com/?p=1235 Perkembangan layanan homecare perawat di Indonesia saat ini sangat pesat, hal ini disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat sehingga informasi dapat diakses oleh masyarakat. Perkembangan era globalisasi yang menyebabkan homecare perawat di Indonesia harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang telah berkembang semakin meningkat sehingga masyarakat menuntut pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi. Baca Juga: RUMAH […]

The post Cara Menentukan Layanan Homecare Perawat yang Tepat appeared first on Caredise.

]]>
Perkembangan layanan homecare perawat di Indonesia saat ini sangat pesat, hal ini disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat sehingga informasi dapat diakses oleh masyarakat. Perkembangan era globalisasi yang menyebabkan homecare perawat di Indonesia harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang telah berkembang semakin meningkat sehingga masyarakat menuntut pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi.

Baca Juga: RUMAH Spesialis luka diabetes: Pusat Perawatan Luka Diabetes

Solusi Layanan Perawatan di Rumah

Gambaran Layanan Homecare Perawat

Maka dari permasalahan yang ada, Caredise Rawat Bangsa sebagai salah satu provider penyedia layanan homecare perawat muncul sebagai solusi dalam layanan kesehatan yang mudah diakses melalui perawatan lengkap di rumah (home care) sehingga pasien merasakan nyaman, tenang, dan fleksibel ketika perawatan.

Prinsip Layanan Homecare

Hal ini saya saksikan sendiri ketika mengikuti kegiatan caredise yaitu visit homecare perawat pada pasien pada tanggal 16 Oktober 2018 bertepatan pada hari Selasa. Pasien yang dikunjungi mengalami luka diabetes di mata kaki kananya yang telah membusuk karena peredaran darah sudah tidak bekerja. Luka tersebut dikarenakan tertusuknya kaki oleh paku dan disebabkan pasien memiliki penyakit diabetes basah sehingga luka menyebar ke mata kaki kanan dan membusuk.

Saat perawat homecare dari Caredise datang, kami disambut hangat oleh pemilik rumah. Hal ini dikarenakan telah visit ke 3 kalinya dan pelayanan yang diberikan caredise sebelumnya memuaskan karena ketika pembalut luka di buka bagian lukanya sudah mulai berwarna merah segar yang menandakan proses penyembuhan telah terlihat.

Baca Juga: 10 Hak Konsumen Homecare Perawat yang WAJIB Anda Tahu

Kondisi Saat Homecare Perawat Dilaksanakan

Selama proses pembersihan luka, saya mengamati interaksi langsung antara keluarga pasien, pasien dan perawat homecare Caredise. Disana terjalin komunikasi yang hangat dan terbuka sehingga saat pasien melakukan pembersihan luka, mengangkat dan mengeluarkan jaringan yang mati hingga kembali menutup luka dengan balutan modern yang sesuai. Tidak terasa telah menghabiskan waktu selama 3 jam.

Selama menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam itu, saya mengamati cara perawat homecare Caredise dalam mengobati pasien. Begitu profesional, lincah, detail dan tanggap tidak hanya itu. Suasana yang dibawa oleh perawat homecare Caredise adalah kekeluargaan. Kami tertawa berbagi cerita dengan keluarga pasien dan tidak lupa perawat memberikan kata-kata motivasi agar pasien tetap semangat untuk sembuh.

Penutup Tentang

Itulah cerita singkat saya mengenai layanan homecare yang dilakukan oleh Caredise pada saat Visit pasien. Begitu berharga nilai kepedulian yang ditanamkan pada perawat Caredise sehingga tidak mempedulikan jarak betapa jauhnya lokasi rumah Pasien yang pada saat itu berada di daerah Cakung dan kami pusatnya berada di Daerah Jakarta Selatan.

The post Cara Menentukan Layanan Homecare Perawat yang Tepat appeared first on Caredise.

]]>
https://caredise.com/informasi-terkini/perawatan-luka/layanan-homecare-perawat/feed/ 0